Dua Kata Sederhana Yang Akan Membuat Keterampilan Menulis Anda Berkembang Pesat

Mungkin kita seringkali kagum pada keterampilan menulis seseorang yang semakin baik setiap hari sedangkan kemampuan kita masih jalan ditempat. Mungkin juga kita sering merasa iri pada penulis lain yang telah mampu menulis dengan lancar sedangkan kita menyusun paragraf menjadi bab saja sulitnya minta ampun.

Atau mungkin juga kita sering merasa terpesona membaca buku orang lain sedangkan buku kita belum rampung juga ditulis. Lalu kita bertanya, bagaimana, sih, cara menjadi penulis seperti mereka?

Jawabannya ada pada dua kata sederhana yang memiliki pengaruh besar ini: practice (latihan) yang massive (banyak). Mari saya tunjukkan sebuah contoh perbandingan.

Baca Selengkapnya

Posted in keterampilan menulis | Tagged , , | 32 Comments

Cara Menjadi Kaya Dengan Menulis

Bisakah kita menjadi kaya dengan menulis? Jelas bisa! Hanya saja tergantung urutannya. Maksud tergantung urutannya bagaimana?

Begini, bila anda membaca tips atau Rahasia Sukses dari para penulis hebat maka anda akan mengetahui bahwa hampir semua mereka menulis untuk berbagi manfaat dulu, bukan ingin menjadi kaya dulu.

Absah saja bila ingin menjadi kaya dengan menulis. Hanya saja bagi penulis hebat, itu bukan urutan yang pertama. Urutan pertama tetap berbagi manfaat.  Sedangkan untuk menjadi kaya urutannya bisa jadi nomor dua; bisa nomor tiga; atau nomor empat; atau nomor belakangnya lagi. Mengerti, kan?

Begitu juga saya. Saya menulis untuk memberi manfaat atau solusi masalah bagi orang lain. Saya menulis karena saya tahu diluar sana ada ribuan orang yang membutuhkan solusi masalah hidup. Dan saya sangat senang menuliskan solusi untuk mereka. Masalah bisa kaya dengan menulis atau tidak, itu nomor enam belas.

Berikut ini adalah tujuan saya menulis:

  1. Untuk kepuasan batin saya. Ini adalah keberkahan ilmu.
  2. Untuk kesenangan batin orang lain. Dan ini adalah manfaat ilmu.
  3. Setelah itu, dengan berbagai pertimbangan nomor-nomor tadi, barulah saya memikirkan cara untuk mengalirkan uang ke kantong saya (hehehe…). Kalau yang satu ini adalah efek samping ilmu.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku, Kaya Dengan Menulis | Tagged , , , , , , , , , , | 42 Comments

Cara Cepat Menulis Buku Metode 2JT

Headline 2JTTEMUKAN RAHASIA Bagaimana ANDA Bisa Menulis Buku Fiksi dan Non Fiksi Dengan Cepat Menggunakan Metode Menulis 2JT…

Cocok untuk penulis PROFESIONAL dan JURNALIS. Juga pas untuk kalangan DOSEN dan MAHASISWA atau para PELAJAR atau orang awam yang masih belajar menulis sekalipun…

“Membuka paradigma baru dalam menulis. Meski saya sudah menerbitkan 7 buah buku tapi tetap ilmu Metode 2JT sangat membantu saya.” (Danian Puji Dwiyantoro, penulis Buku “Balada; Cara Lain Mengartikan Cinta” dan 6 buku lainnya. Asal DKI Jakarta)

sunarko katim“Belajar nulis dengan Metode 2JT luar biasa… membuat saya jadi bersemangat untuk mulai enjoy menulis.” (Sunarko Katim, Seorang Pensiunan BUMN, Asal Bogor)

.

“Sudah 12 tahun saya ‘terjebak’ dalam dunia jurnalistik…  merasa gagal mendapatkan  rumus jitu untuk mengajarkan cara menulis bagus kepada wartawan-wartawan saya. Hingga saya menemukan iklan metode menulis 2JT di internet. Hasilnya luar biasa! Pencarian saya selama 12 tahun ternyata ada disini.” (M. Ramli Arisno. Jurnalis Koran Radar Banjarmasin, Jawa Pos Group)

“Waaah, gak kebayang banget nemuin tutorial menulis ini. Benar-benar oke deh Tutorial Menulis Metode 2JT! Makin tambah PD dan makin cepet bisa nulis. Materinya keren banget!” (Muhammad Nikmal Abdullah Mahfud Lubis, pelajar asal Medan)

Baca Selengkapnya

Posted in Metode Menulis | Tagged | Leave a comment

Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Saya sering ditanya bagaimana Cara Menulis Artikel Seo Friendly (SEO yang bersahabat) oleh teman-teman saya. Sudah bisa saya tebak, mereka ini pastilah pemain SEO pemula (Pemula maksud saya adalah orang yang baru memulai mendalami SEO dalam rentang waktu satu sampai dua tahun).

Ketika saya mendapatkan pertanyaan seperti ini maka jawaban saya tidak langsung ke jawaban teknis tapi lebih fokus kepada motivasi. Saya ingin mengajak si penanya untuk menulis dengan HATI (Hmm… kajiannya agak mendalam nih).

Saya serius! Kalau masalah teknis dasar SEO akan saya bagikan dibawah nanti. So, keep smile. Tapi baca dulu bagian ini sebentar!

HATI wadahnya HATI pula. Menulis dengan HATI akan dapat respon ganda. Karena kita akan lebih mengutamakan kualitas tulisan.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Artikel Seo | Tagged | 7 Comments

Bagaimana Cara Menciptakan Tulisan Yang Kreatif?

Bagaimanakah bahasa penulisan Anda? Apakah kreatif atau tidak kreatif?

Banyak orang mengagumi gaya bahasa Andrea Hirata karena penulisannya yang kreatif. Andrea bisa begitu karena memang didalam dirinya telah mengalir energi seni, yakni kepiawaian merangkai kata yang dapat menimbulkan rasa senang dan rasa nikmat pada diri pembacanya.

Kepiawaiannya merangkai kata seperti seorang pelukis profesional yang mampu menggambarkan keindahan ciptaan dengan tangannya yang lentur mengayun-ayunkan kuas di atas kanfas. Itulah daya tarik Andrea, ia mampu menghipnotis pembaca dengan bahasa kreatif sehingga banyak bukunya laris manis di pasaran.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan menulis bahasa yang elok-kreatif?

Walaupun Anda belum memiliki kemampuan membuat gaya bahasa yang kreatif, itu bukan masalah jika Anda mau-bersedia berlatih. Intinya ada pada mengalami yang ujungnya nanti disebut peng-alam-an. Bila Anda rajin berlatih maka Anda akan menguasai dan melahirkan bahasa yang lebih baik dan lebih kreatif.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | Tagged , , , , , | 30 Comments

5 Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku

Di bawah ini adalah 5 Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku. Silakan lahap sampai habis.

1. Knowledge Is Power (Pengetahuan Adalah Kekuatan)

Knowledge is power. Dalam menulis buku, Anda butuh pengetahuan. Bila Anda tahu cara menulis buku yang baik dan benar, Anda akan sangat beruntung karena akan ada banyak buku yang akan Anda terbitkan.

Memiliki pengetahuan yang tepat sama dengan memiliki kekuatan yang besar. Coba bayangkan, bila Anda tahu sebuah tambang emas. Juga Anda tahu cara mengeksplorasinya, maka Anda akan sangat bahagia. Bahkan Anda adalah orang yang paling bahagia di dunia ini karena Anda memiliki power yang luar biasa, pengetahuan.

Untuk mendapatkan pengetahuan, kuncinya hanya satu: Belajar.

Bila suka belajar, Anda akan tahu. Namun sebaliknya, cobalah tidak belajar, dunia Anda akan gelap. Anda tidak akan bahagia karena Anda tidak tahu tambang emas Anda.

Baca Selengkapnya

Posted in Belajar Menulis Buku | Tagged | 41 Comments

Teori Menulis Apa Yang Tepat Untuk Pemula?

Salah satu jawaban pamungkas yang saya berikan untuk penulis pemula ketika mereka menanyakan tentang teori menulis adalah: Jangan pikirkan teori dulu.

Lho, kok begitu?

Ya, seperti itulah! Menulis itu sama dengan berenang, yang penting nyebur dulu ke kolam. Masalah teori, itu belakangan. Intinya, kita harus praktek yang banyak dan sering dulu. Bila sudah praktek dan ternyata gagal, baru tanya teorinya.

Bila  sebelum menulis anda pernah mendengar atau membaca teori menulis, janganlah merasa terkungkung atau terkurung dengan teori yang pernah anda dengar dan baca itu. Kesampingkan teori itu, langsung praktek nulis.

Bila anda mengingat terus teori itu, anda akan merasa terpenjara dan tidak bebas untuk menulis, akhirnya tidak jadi nulis, deh. Anda perlu ingat, untuk menulis kita harus lepas dari kungkungan. Tuangkan dulu isi benak anda ke dalam banyak halaman, bila mentok, barulah anda tanyakan atau baca teorinya.
Baca Selengkapnya

Posted in teori menulis | Tagged , , , , , , , , , , | 12 Comments

Cara Cepat Mengalirkan Ide Menulis

Salah satu cara mengalirkan ide menulis adalah dengan membaca buku best seller ini: La Tahzan. Silakan download disini. Atau bila ingin mengetahui kesalahan fatal penulis pemula dan cara mendobraknya silakan download ebooknya disini.

Tips Lain Agar Ide menulis mengalir lancar adalah:

1. Membaca yang banyak

Membaca yang banyak dapat mengalirkan ide menulis. Saya telah merasakan manfaatnya dalam banyak waktu dengan efek yang dahsyat. Sehari saja tidak membaca maka kegiatan menulis menjadi fakum. Namun beda halnya dengan banyak membaca atau paling tidak membaca selembar dua lembar buku atau sekedar membaca blog tetangga, maka ide menulis mengalir dengan deras.

Ya, kawan. Membaca adalalah senjata menulis yang dahsyat. Ia mampu menunjuki kita cara dan teknik, menunjuki kita jalan, menunjuki kita ide,  yang sebelumnya tidak kita ketahui. Ia dapat membantu kita menjangkau ide-ide yang sebelumnya tidak kita pikirkan. Ia mampu melahirkan kreatifitas menulis.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | 17 Comments

Inspirasi Menulis Dari Penulis Best Seller Joe Vitale

Joe Vitale, seorang penulis best seller asal amrik, adalah penulis kesukaan saya. Membaca karyanya membuat inspirasi menulis saya mengalir deras. Beliau telah menulis buku yang banyak. Diantaranya: Meet and Grow Rich, Pemasaran Inspiratif, Zero Limit, Hypnotic Writing, Atractor Factor, dan banyak lagi. Sangat perlu dikoleksi bagi siapa saja yang ingin sukses dalam hidup dan keuangan.

Yang saya suka dari joe adalah, dia sangat “Gila Buku”, tentu buku yang sesuai dengan kesukaannya. Nah dari sana saya belajar untuk menjadi semakin gila buku seperti Joe.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | 2 Comments

Jika Motivasi Menulis Sering Naik Turun, Bagaimana?

Ada pertanyaan menarik seputar motivasi menulis dari teman saya di sini…

“Saya sering tidak fokus dalam menulis, sering mendapat motivasi tapi motivasi tersebut cepat meluntur, bagaimana tips dan kiat agar motivasi menulis meningkat ?”

Banyak lagi pertanyaan lain tentang langkah atau cara meningkatkan motivasi menulis serupa itu.

Jawab:

Semangat menulis naik turun merupakan hal biasa dalam dunia penulisan, khususnya dalam belajar menulis buku. Orang sering begitu bersemangat ketika di awal memulai sesuatu. Namun seiring waktu, perlahan motivasi menulis itu meluntur.

Bagaimana sebaiknya? Berikut ini tipsnya…
Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku, Motivasi Menulis | Tagged , , , , , , , , , , , , | 2 Comments

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Hebat? Baca Sekarang Kalau Tidak Mau Rugi!

Sebelumnya saya harus minta maaf bila judul tulisan ini sedikit “mengancam” anda.  Tapi saya serius dengan judul ini karena ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan. Ini soal bagaimana cara menjadi penulis hebat.

  • Bagaimana anda bisa menulis dengan baik,
  • Bagaimana anda bisa menulis lebih baik lagi. Dan
  • Bagaimana anda bisa menulis lebih baik dan lebih baik lagi dan lagi…

Bukan maksud saya untuk mengajari anda menulis. Tapi saya yakin dan percaya, tiap orang yang berminat dalam dunia penulisan buku akan selalu ingin mendapatkan tulisan yang baik dan lebih baik lagi.

Mereka ingin tulisan yang diterima pembaca, tulisan yang mudah dimengerti, ingin tulisannya cepat diterbitkan, ingin bukunya best seller kalau bisa, ingin menjadi penulis hebat dan banyak keinginan lainnya.

Namun masalahnya tak semua penulis mendapatkan apa yang diinginkannya. Tak semua penulis berhasil menjadi penulis hebat. Kira-kira apa sih penyebabnya?

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | Tagged , , , , , | 54 Comments

Menulis 3 Buku dalam 3 Bulan?

Judul diatas tidak mustahil untuk dilakukan. Tetapi bagi penulis pemula, agar bisa menulis buku yang baik, tidak dianjurkan untuk berbuat demikian sebab bisa menyebabkan putus asa karena bingung milih yang mana. Memang ada penulis buku yang mampu melakukan itu, mereka adalah penulis yang sudah mahir dan sudah melahirkan beberapa buah buku.

Penulis buku yang baru menekuni bidang ini dianjurkan menyelesaikan satu buku dulu. Bila buku itu sudah selesai, barulah memulai menulis buku baru. Ini untuk menghindari proses penulisan tumpang tindih. Dan itulah metode menulis buku YANG BAIK DAN BENAR.

Jangan terlalu rakus untuk menyiapkan tiga buku sekaligus dalam tiga bulan jika belum mahir dan cukup ilmu. Mereka yang menargetkan menulis tiga buku tiga bulan itu, sudah menyiapkan jadwal sejak lama.

Mereka yang telah mahir menulis buku itu melakukan ini:

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | Tagged , , | 6 Comments

Cerita Jus Jeruk Bintang 5 Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis

Cerita mengenai  3 botol Jus jeruk bintang 5 ini sangat bagus menjelaskan nilai seorang penulis yang memiliki potensi sama namun menghasilkan kualitas berbeda hanya karena pergaulan dan lingkungan yang mereka pilih. Cerita ini sangat bagus dijadikan pelajaran bagi siapa saja yang sedang belajar menulis buku.

Ada 3 botol Jus jeruk, ketiga botol jus tersebut di produksi oleh perusahaan yang sama.

Ketika hari distribusi tiba, sebuah mobil datang ke perusahaan itu, mengangkut kaleng kaleng Jus jeruk. Lalu berangkat menuju tempat yang berbeda untuk dipasarkan.

Pendistribusian pertama adalah warung kelontongan. Kaleng Jus jeruk pertama diturunkan disana. Minuman ringan itu dipajang di meja bersama banyak barang lainnya dan diberi label harga Rp. 2.500.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Buku | Tagged , , , , , , , , , | 10 Comments

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

banner-rwp11Saya sering melihat Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet yang salah dalam tugas makalah mahasiswa saya.

Pertama, kebanyakan format penulisan daftar pustaka dari internetnya amburadul, formatnya tidak standar. Kedua, banyak mahasiswa yang mengambil referensi dari sumber yang kurang meyakinkan. Misalnya mereka banyak mengutip dari blog yang kurang terpercaya seperti blog gratisan. Padahal yang mereka tulis adalah karya intelektual, bukan artikel biasa.

Bagaimana cara mengatasi dua masalah ini?

Sebenarnya, untuk menulis format daftar pustaka dari internet yang benar tidaklah susah. Berikut ini adalah urutannya:

  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  2. Judul. Judul tulisan diberi tanda kutip.
  3. Tanggal Akses
  4. Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias:

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet | Tagged | 9 Comments

Satu-satunya Cara Mengetahui Apakah Pembaca Meminati Buku Anda atau Tidak

“Apakah tulisan saya sudah baik?”

“Apakah tema dan isinya akan menarik minat beli?”

“Apakah buku saya akan terjual?”

“Bagaimana jika hanya saya yang menyukainya?”

“Apakah orang benar-benar akan berpikir dan berkata, ‘Ya, aku akan beli bukunya?’”

“Atau akankah terjadi kegagalan total?”

Anda mungkin telah menulis selama hampir satu tahun…  Anda telah melewatinya dengan langkah yang serius dan disiplin. Anda juga telah melibatkan orang lain. Anda menyewa editor. Anda Menyewa Cover Desainer. Anda juga telah meminta tanggapan dan masukan sekelompok teman dan juga telah memperbaiki tulisan anda atas masukan mereka.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Menerbitkan Buku, Cara Menulis Buku | Tagged | 8 Comments