5 Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku

Kalau ada yang bertanya kepada saya, “Apakah menulis buku itu susah?”. Saya katakan, menulis buku itu bisa susah, bisa mudah.

“Maksudnya seperti apa, bu Mita?”

Begini, menulis buku itu susah bila anda belum mengikuti proses belajar menulisnya. Dan mudah bila anda sudah menempuh proses belajarnya.

“Bagaimana maksud anda bu Mita, apa bisa dijelaskan lagi?”

Oke baiklah, saya akan menjelaskannya. Di bawah ini adalah 5 tahapan untuk menulis buku yang harus anda lewati. Dan saya menyebutnya Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku. Silakan lahap sampai habis bila anda ingin tahu jawabannya.

1. Knowledge Is Power (Pengetahuan Adalah Kekuatan)

Knowledge is power. Dalam menulis buku, Anda butuh pengetahuan. Bila Anda tahu cara menulis buku yang baik dan benar, Anda akan sangat beruntung karena akan ada banyak buku yang akan Anda terbitkan.

Memiliki pengetahuan yang tepat sama dengan memiliki kekuatan yang besar. Coba bayangkan, bila Anda tahu sebuah tambang emas. Juga Anda tahu cara mengeksplorasinya, maka Anda akan sangat bahagia. Bahkan Anda adalah orang yang paling bahagia di dunia ini karena Anda memiliki power yang luar biasa, pengetahuan.

Untuk mendapatkan pengetahuan, kuncinya hanya satu: Belajar.

Bila suka belajar, Anda akan tahu. Namun sebaliknya, cobalah tidak belajar, dunia Anda akan gelap. Anda tidak akan bahagia karena Anda tidak tahu tambang emas Anda.

Begitu pula, untuk mendapatkan pengetahuan menulis buku, kuncinya hanya satu: Belajar.

Bila Anda mau dan suka belajar, Anda akan tahu. Namun bila Anda menganggap belajar itu mahal, maka cobalah ketidaktahuan. Ketidaktahuan jauh lebih mahal harganya. Bila Anda tidak tahu bagaimana cara RAHASIA menulis buku yang baik dan benar, maka menulis buku akan menjadi masalah besar bagi Anda. Seperti lumrah orang berkata, apa saja yang tidak Anda ketahui, tidak dapat menolong Anda.

2. Work is a pleasure (Bekerja Itu Menyenangkan)

Work is a pleasure. Bila Anda tahu tambang emas, serta hal yang berkaitan dengannya, dan Anda bekerja dengan senang hati, maka Anda telah berada di jalur yang benar. Anda sedang meniti jalan menuju sukses.

Untuk menciptakan satu buku, Anda harus menulis dengan senang dan bergembira. Anda harus seperti sedang menangguk emas. Anda harus menulis dengan ringan dan mengalir, tidak ada beban, tidak ada tekanan.

Namun bila menulis masih terasa berat bagi Anda, berarti Anda belum menganggap menulis buku sebagai sesuatu yang berharga seperti emas.

Bila demikian, Anda harus tetap menulis, jangan berhenti. Tenang saja karena merasa berat dalam memulai segala hal adalah biasa. Coba ingat-ingat lagi saat Anda pindah atau bergaul dengan lingkungan dan orang baru, Anda merasa berat dan kaku, kan?

Begitu juga dalam memulai menulis, apalagi sudah mulai menulis buku, Anda akan merasa berat menjalankannya. Akan ada banyak halangan dan rintangan yang akan merayu Anda untuk tidak menyelesaikan tulisan atau buku Anda.

Tips untuk keluar dari situasi ini adalah dengan menyadari dan percaya bahwa, keadaan seperti ini adalah biasa dalam memulai sesuatu. Untuk menggapai tujuan, orang harus berusaha dan berjuang terlebih dahulu, no pain, no gain…

3. No Pain No Gain (Bila Tidak Ada Kesakitan, Maka Tidak Ada Hasil)

Akan ada banyak pain (kesakitan), akan ada banyak masalah sepanjang jalan menuju tambang emas Anda (Gain). Memang demikianlah aturan mainnya. Dan untuk itu, Anda harus bekerja keras untuk mengusahakan sesuatu yang sangat Anda inginkan.

Jika semua lancar lancar saja, jika semuanya mudah mudah saja seperti semudah membalikkan telapak tangan, maka impian Anda mungkin terlalu kecil, atau sesuatu itu tidak layak diimpikan. Impian yang besar, biasanya, kesakitan atau tantangannya juga besar!

Apakah Anda pernah atau bahkan sering mendengar pernyataan di atas?

Ya, satu sikap wajib yang harus diambil seorang penulis yang bijak ketika halangan dan rintangan itu terus menghadang adalah: Terus berjuang dan  Never Give Up, jangan menyerah….

Oke terima kasih telah membaca sampai disini…. Sebelum lanjut, saya mau kasih HADIAH untuk Anda: Ebook 12 Kesalahan FATAL Penulis Pemula. Ebook dahsyat ini telah menginspirasi banyak orang menjadi penulis hebat… silakan klik untuk download.

4. Never Give up (Jangan Menyerah)

Bila sudah mempunyai knowledge,

Anda sudah menulis dengan senang hati,

Anda telah menghadapi banyak masalah dan ia sangat suka menghadang Anda,

maka…

Lakukan terus, never give up, jangan menyerah.

Bila Anda give up maka Anda tidak akan sampai sukses mendulang banyak emas. Anda tidak akan sampai menerbitkan buku.

Jangan mudah menyerah. Sebenarnya, dengan melakukan tiga hal di atas: Mau belajar, bekerja dengan senang hati, bekerja keras, Anda sudah dekat dengan puncak kesuksesan. Anda sudah berada di track yang benar. Pensil, pena, keyboard komputer Anda adalah saksinya. Kursi, meja, lantai dan dinding kamar Anda telah melihat usaha Anda. Keluarga, teman, tetangga Anda juga tahu bahwa Anda telah melakukan hal yang benar.

Anda hanya butuh selangkah lagi untuk sukses. Anda hanya butuh keyakinan bahwa tidak ada yang mustahil dalam hidup ini bila Anda telah berada di track yang benar.

5. Nothing is impossible (Tidak Ada yang Mustahil)

Percayalah bahwa segalanya adalah mungkin bagi orang yang sungguh-sungguh. Segalanya akan terjadi bila Anda telah menulis dengan segenap jiwa, dengan seluruh raga, dengan semua doa.

Apalagi sudah banyak orang yang sukses dalam menulis buku. Anda harus lebih yakin lagi bahwa Anda pun bisa seperti mereka. Bila sudah ada satu, dua, tiga orang telah berhasil menangguk emas, maka hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil bagi orang keempat, kelima, keenam untuk melakukan hal yang sama.

Apakah Anda sepakat dengan pernyataan ini?

Langkah-langkah menulis buku itu sudah jelas. Contoh suksesnya berseliweran. Tips-tipsnya sudah banyak bertebaran di buku, di internet dan di pelatihan menulis. Anda tinggal contek dan ikuti semangat dan kiat-kiat keberhasilan mereka.

Anda harus yakin dan percaya bahwa Anda bisa menangguk emas, menerbitkan buku kesayangan Anda, seperti orang lain yang telah sukses melakukannya. Bila Anda yakin, Anda pasti bisa menerbitkan buku Anda. Bila Anda yakin, jangankan satu buku, seratus buku pun bisa Anda tulis dan terbitkan.

Semangat!

Demikian 5 Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku ini saya tulis. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait: Cara Menulis Buku Dengan Cepat

Kunjungi Juga: Sekolah menulis/ Kursus Menulis Online/ Kursus Menulis Buku/ Sekolah Menulis Online

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Belajar Menulis Buku and tagged . Bookmark the permalink.

64 Responses to 5 Rumus Ajaib Belajar Menulis Buku

  1. saran yg tepat dan berdasarkan pengalaman saya menulis buku, semua poin yg anda tulis sangat benar.

  2. Mahrizal says:

    Artikel yang bagus mba

    saya bookmark ya

    • caramenulisbuku453 says:

      Silakan Pak Mahrizal

  3. FINA says:

    Saya banyak menulis apa saja akan tetapi tergannggu oleh kegiatan pokok ,ada yang sudah mau jadi sebuah tulisan berhenti lagi karena kegiatan pokok, dan masih berupa tumpukan catatan, semoga suatu saat nanti bisa menjadi suatu karya yang bermanfaat.

  4. ari says:

    Mba boleh saya copas sub judulnya doang? kya yg nver gve up,no pain no gain,sma yg nothing is imposible? Boleh ya mbaaa

    • caramenulisbuku453 says:

      boleh… boleh….

  5. Agus says:

    Akademimenulis.com adalah sebuah komunitas generasi muda yang suka berbagi dan menulis untuk mengisahkan hal-hal yang bermanfaat sekaligus mengisi kebiasaan online dengan aktivitas produktif.

    Akademimenulis.com bergerak untuk

    Membentuk wadah kreasi bagi pemuda agar suka berbagi dengan menulis
    Melatih para pemuda agar mengembangkan keberanian & kemampuan menulisnya secara baik dalam berbagai bentuknya
    Memberikan kesempatan bagi pemuda untuk menjadi penulis di media-media online atau membuat portal informasi mandiri yang bermanfaat
    Mengkampanyekan dan membudayakan kegiatan online produktif
    mari bergabung bersama kami menjadi kontributor, MENULIS SEKALI, MENGINSPIRASI SELAMANYA

    • caramenulisbuku453 says:

      Akademimenulis.com is so good… Situs yang bagus selalu menarik hati dan pikiran untuk mengunjunginya…. semoga bisa jadi ajang menyalurkan hobi dan aspirasi… terus berjuang…

  6. Asriman says:

    terima kasih tipsnya, sangat bagus dan menggugah semangat

  7. Terima kasih atas informasinya, mudah-mudahan bisa menjadi jembatan buat orang lain untuk bisa lebih mengerti akan hal pentingnya belajar

  8. jaket kulit says:

    terimakasih atas informasi yg telah d berikan mudah2n bermanfaat tuk orang banyak amien

  9. asri says:

    As Salam,

    Saya kagum dengan masyarakat di Indonesia yang mana kalian semua bisa menulis buku buku hebat dan bisa sharing ideas with others. Bukan itu saja, kebanyakan buku buku agama dan terjemahan karya karya Islam dari tanah arab juga bisa diperolehi dengan mudah dari Indonesia … I am really wonder this situation ..why it is hard to get this information/books from my own place.

    • caramenulisbuku453 says:

      Maaf, anda tinggal dimana ya? Apakah orang Indonesia yang tinggal di luar negeri?

  10. iskandar says:

    tantangan utama saya menulis itu ialah memulainya. karena diebabkan bingung memilih tema dan males juga sih. haha

  11. Ari says:

    Benar bu Mita, karena untuk menulis buku memang diperlukan sekali kemauan yang besar, dan artikel diatas saya banyak yang sepakat dengan saya :)

  12. seharusnya artikel seperti inilah yang harus banyak diketahui orang banyak…

  13. Seharusnya generasi penerus bangsa sekarang ini harus banyak mengerti tentang apa sebenarnya makna “BUKU” itu sendiri, terkadang saya sedih saya melihat beberapa remaja sudah banyak yang mengenal “negatif lingkungan” bukan postif lagi karena banyak remaja yang sudah berpendidikan tetapi seperti bukan remaja berpendidikan lagi, hal tersebut seharusnya orang tua harus banyak mengawasi kegiatannya, dan akan sangat baik sekali jika remaja sekarang banyak membaca buku, karena ‘Buku adalah Gudangnya Ilmu”.

  14. Sri Purnayanti says:

    Artikel ini bagus sekali..dan membangkitkan keinginan saya untuk menulis banyak hal..thanks atas informasinya..

  15. harun says:

    alhamdulillah.. insyallah saya akan belajar jadi penulis, terima kasih mbak.

  16. Muhammad Syafiq says:

    Assalamualaikum,alhamdulillah,syukur dipertemukan dengan perkongsian ini yang penuh bermakna.Inasyaallah,ini merupakan langkah pertama untuk saya memulakan penulisan saya.Saya dalam proses menuntut sebelum memulakan penulisan.Insyaallah,jika penulisan saya berjalan suatu hari nanti,saya akan kembali mengucapkan ribuan terima kasih kepada cikgu di sini.Doakan saya cikgu,Muhammad Syafiq.Saya akan cuba siapkan satu penulisan walaupun masih mencari,penulisan dalam bentuk apa yang bakal saya mulakan.Insyaallah sekiranya Allah menghendaki.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih Muhammad Syafiq. Datang jauh2 dari negeri jiran bertandang ke “rumah” saya yang sederhana ini. Semoga apa yang anda citakan tercapai.

  17. Asyari says:

    Mbak saya sebenarnya ingin sekali menulis, tapi saya terlalu takut akan banyak hal. Dan hal-hal tersebutlah yang mebuat saya mengurungkan diri. Padahal saya ingin mengembangkan minat saya ini.
    Mohon sarannya mbak.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sebenarnya ketakutan anda itu wajar. Sebab anda belum mencoba. Untuk menghapus ketakutan, kita harus menghadapinya. Apalagi yang anda takutkan itu tidak membahayakan anda, maka anda harus lebih bisa berani untuk menghadapinya. Resiko paling berat dalam menulis adalah: ditolak pembaca. Dan ini bukanlah resiko berat dalam hidup. Resiko paling berat dalam hidup adalah mati (Dan tentu kita di Indonesia tidak akan sampai mati kalau menulis seperti nasib penulis di negeri tiran). Justru penolakan itu bisa kita jadikan peluang untuk belajar menulis yang lebih baik lagi. Jadi tidak ada resiko berat dalam menulis. Yang ada hanyalah pembelajaran. Bila ditolak, perbaiki lagi. Bila ditolak lagi, perbaiki lagi. Ini yang namanya proses belajar. Orang yang baik adalah orang yang siap mengikuti proses belajar dengan benar. Demikian, Asyari. Terima kasih telah berkunjung…

  18. Bang Yusuf says:

    Trimakasih ilmunya,,saya baru saja terbangun semangat untuk kembali menulis,,mudah2an bisa tercapai..

  19. Trims atas rumus ajaibnya Bu Mita , mungkin buku yang saya hendak buat jauh berbeda karena buku berisi ringkasan rumus contoh soal dan pembahasan fisika untuk kepentingan belajar anak sekolah . Sehingga molor , saya harus gunakan kelima rumus ajaib ini !

  20. chris says:

    Inspiratif mbak, terimakasih.

    Salam,
    Chris

  21. Subhanallah, -haha- terima kasih mbak!
    Sungguh menginspirasi!

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung. Blog anda juga keren, Ilham

  22. Naim says:

    artikelnya sangat bermanfaat mbak.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Naim.

  23. Rey Rojo says:

    Biasanya buku ditulis pakai font apa ? sizenya berapa ? kalau pakai align left boleh gak ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Kalau itu masalah teknis. Kita serahkan kepada penerbit aja. Kalau kita terserah mau pakai font apa, spasi brapa, tidak masalah :)

  24. wahh luar biasa :) menginsipirasikan sekali,,smoga negara saya bisa lebih maju dengan meningkatkan minat baca yg tinggi.trimakasihh mba :)

  25. mulyadi says:

    sangat menginspirasi.. terima kasih sudah share ilmu yang bermanfaat

  26. kancil gaul says:

    Terima kasih atas ilmunya, saya jadi semangat ingin terus belajar menulis.
    kalau menulis cerpen itu minimal berapa karakter sih?

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga Kancil Gaul udah rela berkunjung. Cerpen itu minimal tiga halaman A4 dengan satu spasi.

  27. agus says:

    Kok dunia ini banyak orang pintar nulis ya? salut sama Mbaknya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Wah saya baru liat ada bloger yang suka nulis tentang mesin. Mas Agus ini langka. Smoga sukses jualan ebooknya :)

  28. Artikelnya sangat bermanfaat sekali gan, terima kasih telah membagi ilmunya. Semua yang anda jelaskan sangat rapi dan detail, oh ya gan jangan lupa kunjungi situs resmi saya juga gan http://www.indonesianhamsterlovers.blogspot.com
    dan http://www.indobazz.blogspot.com
    semoga kita bisa menjalin hubungan antar sesama bloger dengan baik

    • caramenulisbuku453 says:

      Bli Gede ini juga unik, mengkhususkan diri pada hamster. Unik itu menarik. Salam sukses bloger indonesia!

  29. sitimaryam says:

    Aslkm,wr,wb,. Mba boleh saya copas ke blog saya tulisan mba yg sangat inspiratif ini?

    • caramenulisbuku453 says:

      Boleh, asal jangan dihapus linknya

  30. horizon08 says:

    Always great always inspired
    Oh iya numpang info saya salah satu murid dari ibu Mita dan pak Udin, murid tertua kali he…he…he…saya sudah posting tujuh artikel saya di web tersebut

    • caramenulisbuku453 says:

      Tulisan anda udah bagus. Bagus dalam artian : Anda sudah bisa mengungkapkan isi benak anda dalam bentuk tulisan. Karena bila orang ungkapkan pikirannya dalam ucapan itu udah biasa.

      Saran: Lanjutkan dan banyak2 baca mengenai topik yg akan anda angkat di blog/ situs lain.

  31. tips-nya memberikan semangat yang pantang menyerah, begitu sederhana tapi sangat mengena.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Ahmad, semoga blog anda juga sukses :)

  32. dastiogarbi says:

    mantap artikelnya sangat membantu saya untuk dapat berkarya dan menulis …

  33. Memang 5 rumus yg jitu. Awalnya, saya juga tidak naskah saya akan jadi buku. Tapi Alhamdulillah sudah jadi 2buku. Praktis dan Mandiri Belajar Bahasa Jepang. Dan Babat Habis Tes Bahasa Jepang N5.

  34. nathalie says:

    Makasih Mb Mita
    sy hanya ingin menulis ttg perjalanan hidupku dan kerinduanku

  35. kusman says:

    Saya tertarik dengan menulis dan sekarang dalam rangka belajar untuk menulis artikel

    Bu.. apa bedanya menulis buku dan menulis artikel ?

    Barokalloh

  36. david says:

    Saya ingin membuat buku,dan apabila sudah jadi bagi mana saya untuk menerbit kan nya? Atau di nilai orang,agar karya saya bisa di terbit kan

  37. Assalamu alaikum wrwb
    Saya berencana menulis buku tentang panduan untuk agent properti pemula, kebetulan saat ini saya menggeluti usaha agent properti dengan bendera rumahbata.com yaitu tentang rumah dijual di bekasi

    Apa yang pertama kali harus saya lakukan?

    Teirma kasih
    Hartono

  38. M.Nafi' says:

    Sangat Menginspirasi.
    doakan Saya Mbak supaya gemar Menulis Seperti Mbak..

  39. ahmad fauzi says:

    artikel yang luar biasa menginspirasi mbak mita, thanks ya atas penjelasannya….salam sukses

  40. Guharto says:

    Saya jadi semakin brsemangat.. Trimskasih pengetahuan nya…

  41. Jaba says:

    Artikel yang sangat bagus kak, saya semakin termotivasi untuk dan semangat lagi untuk mulai menulis. :)

  42. yuda says:

    wah keren,makin terinspirasi aja

  43. rara says:

    inspiratif :)

  44. edi hermawan says:

    benar2 positip cara berfikirnya saya sangat termotivasi untuk nulis. saya menyesal kenapa berhenti belajar nulis, dulu sepertinya penulis di negeri kita kurang mendapat tempat pendapatanya minim kata orang. mungkin saya salah motivasinya yang saya pikirkan uang dulu. tp mbak lain yg penting berbagi dulu n uang itu adalah imbasnya.

  45. Kevin says:

    Saya masi mau belajar dalam mebulis blog, saya terkadang menulis post itu apa yang saya pikirkan saya tulis terus saya post di blog saya dan masih random banget isinya, tapi saya masi memiliki mimpi mempunyai buku tulisann saya sendiri disuatu hari nanti, apakah bisa setiap post di blog saya nanti diambil yang menurut penerbit bisa dimasukan ke isi buku lalu dijadikan buku?

  46. Likka says:

    makasih bund untuk artikel2 inspiratifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*