Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Saya sering ditanya tentang cara menciptakan artikel yang seo friendly (SEO yang bersahabat) oleh teman-teman saya. Sudah bisa saya tebak, mereka ini pastilah pemain SEO pemula (Pemula maksud saya adalah orang yang baru memulai mendalami SEO dalam rentang waktu satu sampai dua tahun).

Ketika saya mendapatkan pertanyaan seperti ini maka jawaban saya tidak langsung ke jawaban teknis tapi lebih fokus kepada motivasi. Saya ingin mengajak si penanya untuk menulis dengan HATI (Hmm… kajiannya agak mendalam nih).

Saya serius! Kalau masalah teknis dasar SEO akan saya bagikan dibawah nanti. So, keep smile. Tapi baca dulu bagian ini sebentar!

HATI wadahnya HATI pula. Menulis dengan HATI akan dapat respon ganda. Karena kita akan lebih mengutamakan kualitas tulisan.

Tim google Indonesia telah berpesan kepada seluruh jagat internet negeri ini bahwa SEO itu penting tapi menaruh HATI anda dalam bisnis jauh lebih penting:

“Terlalu fokus pada perubahan tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin telusur adalah tentang meletakkan kesan indah di awal dalam keterlihatan di mesin telusur, namun konsumen utamanya adalah pengguna Anda, bukan mesin telusur.”

Tim Google Indonesia telah meletakkan kutipan di atas pada paragraf pembuka file panduan SEO yang mereka rilis beberapa waktu lalu. Ini artinya masalah HATI itu nomor satu, tidak boleh diabaikan. Perhatikan kutipan yang saya garis bawahi: konsumen utamanya adalah pengguna Anda.

Karena yang membaca tulisan kita adalah manusia, maka kita harus mampu menarik hati mereka. Ketertarikan muncul bila kita menulis dengan HATI.

Menulis dengan HATI itu adalah menulis dengan jujur. Menulis apa adanya, menulis dengan gaya kita sendiri, tidak meniru-niru, tidak menjiplak tulisan orang lain. Sehingga tulisan kita berkarakter, khas kita.

Walaupun ada banyak tulisan serupa tentang suatu tema di jagat maya, tapi pembaca hanya akan menautkan hati mereka kepada tulisan yang berkarakter, yang khas. Seperti banyak orang pintar berkata: uniqueness make interest, kekhasan akan mengundang ketertarikan.

Bila Anda menulis untuk berbagi dan berbagi dengan HATI maka pembaca akan melihat kehadiran Anda. Mereka akan merasa seolah sedang berdialog dengan Anda. Pembaca juga akan merasakan ketulusan anda. Ketika Anda menulis dengan tulus maka akan melahirkan ikatan personal yang kuat dengan pembaca.

Namun bila karakter Anda tidak hadir di dalam tulisan Anda, pembaca akan mudah bosan. Mereka akan segera meninggalkan tulisan anda.

Bila Anda telah menulis dengan HATI maka….. anda akan dapat untung besar. Anda akan dapat untung banyak “like” dari pembaca. Semakin banyak like semakin besar pula untung anda. Bila udah bagini, maka diri Anda, tulisan Anda dan bisnis Anda akan cepat ter “share” ke jagat maya.

Dan bila sudah begini maka tidak pakai rumus SEO pun juga tak apa. Karena orang akan datang ke situs/ blog Anda dengan sendirinya atas rekomendasi temannya. Inilah yang disebut sebagai efek viral alias lingkaran yang tak putus.

Yups, setelah Anda dapat menangkap pesan saya dalam tulisan ini. Semoga anda bisa menulis artikel yang bersahabat dengan manusia. Selanjutnya barulah Anda saya persilakan untuk dapat ilmu SEO. Ini tidak tanggung-tanggung, saya bawa langsung ilmunya dari tim google Indonesia silakan download file PDFnya disini.

Oya, saya sedang merilis metode dahsyat dalam menulis: Menulis Full Inspirasi Metode2JT. Telah banyak yang mendaftar. Mereka saya ajarkan cara menulis dengan HATI. Dan mereka yang telah menyingkap rahasianya telah memberikan kesaksian/ testimoni disini.

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara Menulis Artikel Seo and tagged . Bookmark the permalink.

57 Responses to Cara Menulis Artikel Seo Friendly

  1. Saya seorang penulis blog. Saya telah menerapkan artikel anti copas. Dengan itu blog saya semakin maju. Apalagi jika saya menggunakan cara ini.Mungkin, blog saya lebih maju lagi. Terimakasih atas infonya….

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih Telah berkunjung Rumah Pena. Blog Anda asli banget. Selamat dan sukses!

  2. Dani says:

    Terimkasih kang sudah mencerahkan saya, karena saya adalah salah satu blogger pemula itu. Saya berbulan-bulan bahkan tahun terjerumus pada bagaimana mendapat peringkat di mesin pencari tanpa memperhatikan kualitas tulisan saya. Ijin kan saya berguru bagaimana membuat tulisan yang baik. Salam.. Dani

  3. caramenulisbuku453 says:

    Hmm… kalau anda benar2 ingin serius menulis dengan kualitas… saran saya anda baca penawaran saya pada link ini: http://caramenulisbuku.com/metode-menulis/metode-menulis.htm

  4. Dani Maulana says:

    Saya sudah baca berbagai artikel ttg SEO, benang merahnya sama, menulislah dengan hati. bener banget.

  5. bagus artikelnya, nice post,bermanfaat sekali! saya jadi terinspirasi nih

  6. ririn says:

    kalau dipikir-pikir ada benarnya juga ya kak kalau kita menulis dengan hati, sehingga nantinya blog kita punya ciri khas tersendiri. Tapi kadang saya merasa kesepian kalau blog saya nggak ada pengunjung yang berkomentar, sepertinya saya berbicara sendirian hehe 😀

    jadi selain kita rajin menulis yang kreatif, kita juga perlu menjalin pertemanan dengan antar sesama blogger, misal kita berkunjung dan berkomentar dahulu ke blog lain, sehingga akan menciptakan sebuah komunitas yang menarik :)

  7. Saat menulis dengan sepenuh hati, maka artikel yang dihasilkan akan memiliki keunikan tersendiri karena dipengaruhi karakteristik Si penulis, jadi meski judul atau keyword sama dengan yang lain tapi isinya tidak akan sama. Kira-kira begitu ya gan? Sebagai pemula saya sangat berterima kasih tips membuat artikel SEO friendly nya..

    • caramenulisbuku453 says:

      Yap seperti itu, saya setuju. Tiap orang punya ciri khas, ciri khas itu akan nampak ketika kita menulis dari hati kita yang paling dalam :)

  8. Lagi bikin blog tapi gak bisa bikin artikel, mudah2an dapat ilmunya disini jadi gak nyontek punya orang lg.

  9. Dwi Susanto says:

    Baru memulai menulis artiel SEO nih,,, masih perlu banyak belajar dari suhu-suhu disini…

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… jangan2 si Dwi ini suhunya SEO ?!#?

  10. pembaca artikel kita adalah manusia yang bisa menilai dan merasakan ” jiwa ” dari artikel kita, mereka pasti tidak mau disuguhi artikel aspal (asli tapi palsu )

    • caramenulisbuku453 says:

      Betul sekali Mamah. Blog anda juga bagus, pure :)

  11. Pembaca kita sudah tidak bisa lagi disuguhi dengan artikel aspal (asli tapi palsu ) jadi kita harus benar – benar menulis sendiri jangan artikel copas

    • caramenulisbuku453 says:

      Saya setuju 100% Mamah :)

  12. Aim Subarjat says:

    Betul sekali mba… saya percaya bahwa mesin telusur pun akan selalu disempurnakan dari waktu ke waktu. Sehingga artikel-artikel yang memang enak dibaca akan masuk ke peringkat tinggi…

    • caramenulisbuku453 says:

      Blog anda bagus dan baru. Tingkatkan lagi kebaruannya (nulis yg banyak lagi) biar lebih keren dan banyak pengunjung. Terima kasih telah berkunjung :)

  13. Saya juga masih baru diblog alhamdulilah setelah membaca artikel ini saya sudah mulai ada gambaran dari cara menulis buku tulisan saya masih acak2kan padahal keinginan saya agar mereka tau siapa sejatinya mereka namun saya kesulitan bermain kata2 cz saya bukan seperti mereka yang tamatan perguruan tnggi q hanya lulusan smp ” maaf curhat hehhe “terimakasih”.

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmmm… mudah2an tulisan anda bisa terbit. Tambahin lagi jumlah artikel blo anda Joko Gendeng :)

  14. Makasih atas ilmu membuat artikel yang SEO Friendly nya sangat bermanfaat untuk blog saya, intinya artikel itu harus unik dan mempunyai ciri khas tertentu, walaupun artikelnya copas ataupun asli. Thanks. Selamat berkarya

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung “Lowong”, semoga blog anda kebanjiran orang yang nyari lowongan kerja :)

  15. aryo says:

    wah menarik sekali mbak! akan saya coba deh tips-tipsnya! :)

  16. harafimulki says:

    nah ini yang kadang diabaikan..secara kebanyakan nulis edit dikit dan posting saja tanpa mau memperhatikan kualitas SEO nya..

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Harafi. Blog anda juga keren :)

  17. heru says:

    Artikel seo friendly memang seperti pepatah “mengayuh dayung sekali du tiga pulau terlampau” jadi menurut hemat saya kita tetap memberi penekanan atas kata kunci yang kita bidik disamping tentunya alur cerita enak dibaca dan bermanfaat. Karena jika hanya menulis dengan hati tapi tidak masuk page one ya tetap saja kurang banyak yang membaca artikel kita.

  18. Menarik banget artikelnya Mbak, sy jd semangat lagi nih…. pengalaman sy nih Mbak, ketika menulis artikel walaupun tidak 100% ori atau saya pilih/ambil dari beberapa sumber
    (rangkum menjadi simple dam mudah dimengerti orang lain yang membacanya) banyak yang tertarik sih untuk membacanya dan berkomentar… tentunya sy hrs bisa jawab (troble solve ) mereka. Artikel yg sy tulis bener bener sy kuasai meterinya agar saya bisa menjawab pertanyaan2 dr pembaca blog…. Masalahnya ketika saya mengajukan ADSENSE GOOGLE malah di TOLAK mentah2 tanpa tahu penyebabnya.. padahal term o’ condition sdh saya baca dgn baik…. Saat itu jadi males nulis. blog itu masih ada tapi saya rawat seadanya saja.. trafik si kecil 5000 pengunjung tiap harinya…. manusiawi toh mbak kalo bikin blog ujung2nya earning hehehehe

    • caramenulisbuku453 says:

      Saya tidak daftar google adsense, tetap bisa dapat uang dari internet: Jualan produk sendiri aja. Lebih banyak untungnya. Pengunjung 5 ribu sehari itu udah banyak, itu pasar empuk untuk nawarin oroduk sendiri. Good job :)

  19. wachid says:

    Saya adalah seorang pemula di blog mbak. Selama ini saya nulis sendiri namun kadang kalau saya baca kembali tulisan saya ni masih kurang pas. Akhirnya saya tau dari artikel ini klau menulis harus dengan hati. Terima kasih ya mbak udah ngasih tipsnya. Kedepan saya akan perbaiki tulisan saya

  20. mustian says:

    banyak juga artikel hasil kopi paste yang berhasil mencuri perhatian google. Menurut Anda apa penyebabnya ya

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… memang benar itu, saya banyak melihat artikel kopi pas masuk halaman satu google. Ada banyak faktor penyebab, salah tiga diantaranya ini:
      1. Pemilik blog kopi pas itu lebih aktif memposting tulisan (dan rutin), sedangkan pemilik asli tulisan itu jarang update.
      2. Dia aktif juga share tulisannya di media sosial seperti FB dan twitter, sedangkan penulis asli tidak pernah peduli dengan sosmed.
      3. Karena dua aktifitas di atas, blog yang kopas itu mendapatkan banyak share, karena banyak share, banyak pula yang baca, karena banyak yang baca (dan yang baca tertarik) banyak pula yang kasih link ke tulisannya itu. Maka hasilnya google menganggap tulisan yang kopas itulah yang asli sedangkan yang asli dianggap palsu. Hasilnya: jadilah artikel kopas itu yang nongol halaman satu.

      Ini hanya pendapat saya, ada masukan lain?

  21. amatu guntara says:

    saya suka,
    mkasih atas infonya

  22. endrik says:

    boleh tanya.. ? karna “maksa” ingin bikin artikel sementara minim pengetahuan di bidang yang ditulisnya, akhirnya comot sana comot sini buat dipadu dan dijadikan referensi dan disusunlah jadi 1 buah artikel baru, apakah hal seperti ini termasuk njiplak hasil karya orang atau wajar saja ya ? giman aturan mainnya kalo yg seperti ini ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… terima kasih telah mampir Endrik. Kalau main comot sana comot sini absah saja asal diletakkan dalam tanda kutip (“…”) dan diberitahu sumbernya, kalau bisa sertakan link ke sumber itu untuk menghormati si penulis. Saya sudah menerapkannya pada artikel di atas (saya mengutip pendapat tim google indonesia).

      Catatan: Mengutip pendapat orang tidak dianggap jiplak sama google, banyak-banyak juga tidak masalah asal anda berikan penjelasan/ opini/ pendapat anda mengenai kutipan itu, jadi tidak hanya sekedar kutipan :)

  23. Terima Kasih articalnya, semoga bermanfaat.

  24. fini says:

    Salam kenal, saya sudah kurang lebih dua tahun belakangan menjadi blogger. Blog saya makin ke sini makin ramai, saya khawatir akan hal itu mba. Pasalnya saya menulis hanya yang ingin saya tulis. Kadang puisi, cerpen, dan sajak-sajak yang nggak nggenah.
    Saya khawatir, entah kenapa? Saya juga tidak mengerti. Padahal menurut teman-teman justru bagus kalau blognya ramai. Bagi saya, blog saya menjadi ramai itu tidak penting. Karena sebenarnya saya bikin blog hanya untuk menyimpan tulisan saya (pernah pengalaman tulisan hilang karena komputer rusak). Atas saran teman saya, saya bikin blog. (Loh kok malah jadi curhat :) gak apa-apa kan mba?)
    Saya termasuk sering menulis, prinsip saya dalam satu hari harus menulis. Saya hanya menulis apa yang saya pikirkan, apa yang saya rasakan. Bagus atau jelek yang penting menulis.
    Nah apa yang harus saya lakukan mba? Soalnya karena blog saya makin ramai saya jadi gak nyaman buat memposting tulisan saya ke blog.
    Mohon pendapatnya mba, Terima kasih. :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm blog anda sudah bagus, simple :)

      Agar anda lebih termotivasi ngeblog, ada baiknya ditujukan untuk dibukukan :)

  25. Blog ini memang memberikan infromasi yang bermanfaat, terus berkarya … sebagai referensi lain saya juga menulis tentang 7 Tips Jitu Menulis Konten yang baik untuk blog. Ditunggu kunjungannya gratisko.blogspot[.]com
    Terima kasih admin- Salam kenal

  26. FajarS says:

    Bagus sekali artikelnya semoga bermanfaat untuk saya mbaa :)

  27. yayan says:

    Terimakasih atas panduannya….

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Yayan :)

  28. Mbak artikel-artikelnya sangat inspiratif. Jadi nambah semangat nih. Saya punya blog tapi masih kurang isinya, karena persoalan sulit cari ide. Semoga saya jadi tambah semangattt, Terima kasih Mbak Agusmita

    • caramenulisbuku453 says:

      Selamat menulis Nunung. Menulislah dengan original :)

  29. abdul rofi says:

    nice blog nya.. kunjungi jagonya-sepakbola

  30. herry says:

    maksih banyak infonya admin…

  31. pena-saran says:

    Emang bisa kang menulis dengan hati???
    Bukannya menulis itu dengan tangan,dengan pena,dan tinta???hahaha (bercanda)…
    artikelnya bagus dan sangat membantu saya yg sedang menggali kubur..upzz(maksud saya sedang menggali ilmu cara membuat artikel yg baik) thanks kang ilmunya..

    • caramenulisbuku453 says:

      Ow terima kasih udah mampir Pena-Saran. Unik juga nama emoticon anda: memberi saran dengan menulis (pena)

  32. Hubab says:

    Sangat membantu sekali Mbak artikelnya, sekaligus sebagai motivasi saya (penulis pemula) jujur saja sebagai newbie dalam kegiatan tulis menulis di blog terkadang merasa tidak percaya diri dalam memberikan tulisan menarik, apalagi bisa nangkring di posisi page one mesin telusur. Tetapi setelah membaca penjelasan ini, HATI saya menjadi tenang, ternyata menulis itu harus benar-benar dari hati, biar tidak menjadi beban, iya kan mbak? Salam silaturrahmi ya

  33. terima kasih file PDF nya mbak, saya baru belajar untuk menulis artikel yang menarik dan tentunya seo friendly, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menulis artikel yang baik menurut mbak mita??

  34. Susah juga ya menulis artikel, mudah mudahan dengan info ini membuat saya lebih semangat terus belajar.
    Terimakasih Insya Alloh ini bermanfa’at bagi saya.

  35. Pratiwi C Gaina says:

    Boleh tanya mengenai karya tulis ilmiah berupa artikel populer dan bukan laporan akademis,makalah,jurnal,tesis,ato sejenisnya,itu cara susunan membuat artikel populernya kayak gimana?
    soalnya saya pemula.
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

  36. Raka says:

    Tulisan yang sangat menarik dan memberi wawasan lebih banyak bagi saya dalam membuat artikel. Dua jempol untuk tulisan ini.

  37. Widya says:

    Wahhh artikel ini sangat membantu semua. Terimakasih untuk mbak Agusmita, semoga maju terus.

  38. Muttaqin says:

    haduh, jadi menulis dengan hati ya? memang klo sudah urusannya dengan hati, ya semua yang tidak mungkin jadang menjadi mungkin.

  39. tq gan infonya
    harus sering-sering belajar ni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*