Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

Artikel adalah karangan pendek, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu.

Bagaimana cara menulis artikel dengan baik? (Juga ada banyak pertanyaan tentang bagaimana cara menulis/ membuat artikel di blog, cara menulis artikel ilmiah, cara menulis artikel di koran, dll).

Hmm… sebenarnya menulis artikel dasarnya sama (termasuk artikel yang banyak ditanyakan di atas). Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel adalah JENIS artikel apa yang ingin anda tulis. Bila anda tidak tahu jenis artikel apa yang anda tulis, sulit diharapkan artikel anda akan berhasil menarik minat baca karena artikel anda belum jelas formatnya.

Nah, dalam sajian hangat kali ini saya akan bantu anda menjelaskan cara membuat semua jenis artikel berikut saya paparkan contohnya di hadapan anda.

Daftar Isi:

  • Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum
  • Artikel Deskripsi
  • Artikel Narasi
  • Artikel Eksposisi
  • Artikel Argumentasi
  • Artikel Persuasi
  • Artikel SEO (Khusus Untuk Menulis Online)
  • Dua Jenis Penulisan

Karena tulisan ini cukup panjang, anda harus sabar membacanya. Rilekskan tubuh anda. Tarik nafas dalam dalam lewat hidung…. keluarkan pelan-pelan lewat mulut… tarik nafas lagi… keluarkan lagi… Yap, mari kita baca dan simak bersama :)

Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum

Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi 5 poin penting berikut ini:

  1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
  2. Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.
  3. Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan (Nanti saya jelaskan dengan contoh di bawah).
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
  5. Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.

Demikian langkah-langkah penulisan artikel secara umum. Sedangkan langkah-langkah rincinya harus anda sesuaikan dengan bentuk atau jenis artikel yang ingin anda tulis. Sebab tiap bentuk atau jenis artikel memiliki cara penulisan berbeda.

Berikut ini saya akan jelaskan cara penulisan masing-masing bentuk atau jenis artikel beserta contohnya.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi

  1. Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan
  2. Tentukan juga tujuan penulisan (tersirat).
  3. Tentukan rumusan ide pokok (tersirat).
  4. Kembangkan tulisan menjadi urut-urutan. Apakah berdasarkan urutan waktu: pagi-siang-sore; atau urutan jam 1, jam 2, jam 3; atau urutan tahun: tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau menggunakan urutan tempat: dari pinggir ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin memakai urutan kepentingan: dari yang paling penting, penting ke yang kurang penting.
  5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.

Contoh artikel dapat anda lihat disini.

Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh di atas menggunakan teknik pengembangan berdasarkan urutan tempat. Penulis menggambarkan pengalamannya ketika rekreasi ke Pantai Pulau Datuk. Dia menggambarkan indahnya perjalanan di pantai itu dari awal sampai akhir perjalanan secara runut. Si penulis ingin Anda (pembaca) melihat, merasakan, mengalami apa yang ia rasakan dan alami.

Syarat sukses membuat artikel deskripsi adalah, pertama: makin banyak indera yang kita libatkan makin baik karena pembaca akan dapat merasakan, membayangkan bahkan ikut mengalami apa yang kita deskripsikan. Dari contoh artikel di atas misalnya pada judul: Semburat Senja… Si penulis ingin kita melihat senja.

Kedua, jangan masukkan opini atau pendapat anda kedalam artikel. Dasar artikel deskripsi adalah MENGGAMBAR atau MELUKIS, jadi gambar dan lukislah apa adanya, pure alias murni mengajak pembaca untuk melihat keadaan atau realita atau pengalaman yang anda rasakan dan alami.

Baca Juga: Metode Menulis yang Membuat Anda Menulis Apapun Dengan Lancar

Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Saya lebih suka menamainya sebagai artikel cerita.

Ya, seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi harus ada penokohan, seperti dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan masalah dan berkonflik dengan kehidupan. Dan ia berusaha memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.

Cara penulisan artikel narasi

  1. Tentukan tema.
  2. Tentukan tujuan (tersirat).
  3. Tentukan rumusan ide pokok (tersirat).
  4. Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal – tengah – akhir. Bagian awal buatlah pembukaan yang menarik; bagian tengah gambarkan pergulatan hidup sang tokoh sampai pada puncak konflik alias klimaks; pada bagian akhir sudahi dengan anti klimaks dan ending.
  5. Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.

Contoh artikel ini dapat dilihat disini.

Syarat sukses menulis artikel narasi adalah pada kemampuan kita menyajikan konflik yang dialami tokoh cerita dan bagaimana sang tokoh menyikapi masalah itu dengan caranya sendiri. Makin hebat konflik, makin hebat sikap sang tokoh, makin menarik artikel tersebut.

Oya, dalam menulis narasi, kita (penulis) boleh menyisipkan opini atau pesan yang terkandung di dalam cerita. Hanya saja opini atau pesan tersemat, tersirat, tidak tersurat. Pesan cerita menyatu di dalam alur cerita dan tidak diumbar secara fulgar seperti artikel argumentasi. Seperti contoh pada tulisan biografi Ir. Soekarno di atas, pesan di dalam artikel menyiratkan: perjuangan tanpa kenal lelah meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Contoh artikel narasi menarik lainnya silakan anda baca: Chef Juna, Hampir Tewas Tertembak di Kepala. Bacalah artikel itu dengan baik, anda akan merasakan kerasnya kehidupan sang chef dan gigih sikapnya dalam menggapai apa yang dia impikan.

 

Artikel Eksposisi

Ertikel jenis ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Saya lebih suka menyebutnya sebagai artikel pameran.

Saya sebut artikel pameran sebab ciri khas artikel ini adalah memamerkan poin-poin, urut-urutan angka, tahap demi tahap langkah, menjajarkan definisi, dll. Terkadang terdapat unsur opini pribadi dalam artikel jenis ini, terkadang tidak (terutama pada penjabaran definis ilmiah).

Cara Penulisan Artikel Eksposisi

  1. Tentukan tema.
  2. Tentukan tujuan (tersurat).
  3. Tentukan rumusan ide pokok (tersurat).
  4. Kembangkan tulisan sesuai tujuan. Bila karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses. Bila anda ingin menjelaskan cara, buatlah tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis. Bila anda ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya satu persatu. Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.
  5. Berikan kesimpulan

Contoh artikel ini dapat anda temukan bertebaran di internet yang berkenaan dengan: definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu alias How To. Contoh artikelnya silakan lihat disini. Jenis tulisan pada contoh ini adalah berjenis How To, yaitu cara menulis daftar pustaka dari internet.

Menurut saya (setelah berpengalaman menulis artikel sejak tahun 2009), artikel eksposisi khususnya jenis how to adalah artikel yang paling mudah digarap (terutama untuk menulis artikel di blog). Sebab kita menulis hal-hal yang bersifat praktis tanpa penjabaran tanpa analisa mendalam. Artikel yang mungkin agak susah adalah menulis definisi ilmiah, sebab kita benar-benar harus mencari literatur yang terpercaya untuk meyakinkan pembaca.

 

Artikel Argumentasi

Artikel ini berupa karangan opini (pendapat pribadi, oranisasi atau lembaga).  Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat, keadaan atau kebijakan. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi atau kelompoknya kedalam tulisan secara fulgar, tentu dengan data atau fakta yang mendukung. Sehingga pendapatnya bisa menarik dukungan dari pembaca. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel pendapat.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi

  1. Tentukan masalah/ tema.
  2. Tentukan tujuan (tersurat).
  3. Tentukan rumusan masalah (tersurat).
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiri dan juga dapat melemahkan pendapat orang lain (kalau ada).
  5. Berikan kesimpulan

Contoh dapat anda baca Disini: tentang kenaikan BBM.

Menurut saya, artikel jenis ini paling sulit ditulis (terutama pemula). Sebab kita perlu berburu data dan fakta kuat-meyakinkan untuk mendukung pendapat kita. Disamping itu, saya sering melihat banyak penulis pemula yang mengeluh opininya tidak dimuat di koran atau surat kabar tertentu padahal sudah mencobanya berkali-kali (Saya sudah mengulas tentang cara menulis opini disini).

Sebenarnya, beropini atau berargumen itu mudah, asal alasan kita meyakinkan. Syarat sukses menulis artikel argumentasi adalah: Anda benar-benar harus menguasai masalah plus BANYAK MEMBACA. Jangan sampai kita diketawai karena ada informasi yang janggal atau tidak logis atau salah kutip atau kadaluarsa yang kita masukkan ke dalam artikel.


Artikel Persuasi

Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu dan sebaliknya meninggalkan sesuatu. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel bujukan.

Artikel ini biasanya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan siapa saja yang ingin menggiring khalayak untuk mau, rela, antusias, bersemangat mengamini dan tidak menolak apa yang mereka tawarkan.

Cara Penulisan Artikel Persuasi

  1. Tentukan masalah/ tema.
  2. Tentukan tujuan (tersurat).
  3. Tentukan rumusan ide pokok (tersurat).
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan pembaca untuk mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.
  5. Berikan kesimpulan

Contoh artikel persuasi dapat anda lihat bertebaran di blog ini. Hampir semua artikelnya bersifat bujukan alias persuasif. Silakan baca dan resapi, salah satunya ini: Kaya Dengan Menulis.

Kita akan benar-benar sukses menulis artikel jenis ini adalah: Kita harus mengalami, merasakan (atau sedikit mengalami/ merasakan) apa yang kita ingin orang lain alami dan rasakan. Sehingga kita bisa bersemangat membujuk orang untuk mengikuti pesan dalam tulisan kita. Bila kita bersemangat, pembaca juga akan bersemangat membacanya. Dan harapan kita mudah-mudahan mereka tergugah dan menyetujui ajakan kita. Walaupun mereka tidak/ belum menerapkan ajakan kita, minimal mereka setuju dan mengiyakan.

 

Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti gooogle. Ia bukanlah suatu jenis artikel tersendiri. Ia adalah artikel yang ditujukan khusus untuk menulis online di blog atau situs. Jenis artikelnya sama seperti artikel yang sudah saya sebut di atas. Artikel SEO bisa berupa deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi atau persuasi. Hanya saja butuh pengaturan tertentu agar mesin pencari, seperti google, mudah merayap dan menandai tema sebuah situs atau blog.

Inti dari menulis artikel SEO adalah: menerapkan aturan mesin pencari dalam menulis artikel sehingga robot perayap mesin itu mudah melacak dan merekomendasi tulisan kita tampil di halaman depan hasil pencarian. Keterangan lebih lanjut silakan baca tulisan saya yang ini: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

 

Dua Gaya Penulisan Artikel

Sebenarnya, tiap jenis artikel memiliki dua gaya penulisan pula, ada yang berupa Fiksi dan juga ada yang berupa non fiksi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat wikipedia.

Yap, demikian Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik ini saya buat. Mudah-mudahan anda bisa mengambil manfaat darinya. Dan jangan lupa ajukan lamaran anda untuk menjadi penulis artikel online. Lihat penawarannya di: lowongan penulis artikel online. Bagi yang lolos seleksi akan saya gabungkan ke dalam tim Jasa Penulisan Artikel Berkualitas (JasPetas). Atau anda masih ingin mendalami seluk-beluk penulisan artikel dan jenis tulisan lainnya dengan metode yang DAHSYAT? Ikuti program: Menulis Metode2JT yang akan membawa anda menyibak pengalaman *baru* dalam menulis. (klik link untuk melihat penawaran menariknya).

 

Keyword Untuk Tulisan ini:

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik, Langkah langkah menulis artikel, dan Cara Penulisan Artikel, teknik menulis artikel, Cara menulis/ membuat artikel di blog.

 

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara menulis artikel and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

184 Responses to Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

  1. martinus muyapa says:

    Resep jitu bagi saya yg masih merangkak dlm dunia menulis artikel

  2. madu ndotkom says:

    saya pemula banget dalam tulis menulis. mohon izin untuk mempelajari ilmu buat artikel nya gan.trims

  3. Rasna SP says:

    akan saya coba. sebagai penulis pemula saya mengalami kesulitan dlam menulis, semoga dengan tips ini bisa lebih baik lagi. terima kasih

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke Rasna, semoga anda menjadi penulis sukses dan blog anda penuh tulisan.

  4. naela says:

    terima kasih buat tulisannya… :)

  5. lina says:

    terimakasih atas tulisannya, sangat membantu saya sebagai pemula

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Lina. Blog anda juga bagus. Harapan saya Anda terus dapat menulis di blog kesayangan anda.

  6. Tips yang sangat bermanfaat dan membantu. Terima kasih sudah berbagi.

  7. agung says:

    Salam Kenal
    Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank’s untuk infonya
    aku tunggu info-info lainnya

  8. Tiara Kusuma Ningrum says:

    Saya suka banget nulis, dan buat saya tata cara yang dijelaskan diatas bagus banget. Terima kasih atas infonya :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih Tiara atas kunjungannnya :)

  9. danu anugrah says:

    alhamdulillah saya jadi pengen menulis setelah membaca ini

    • caramenulisbuku453 says:

      Semoga anda menjadi penulis hebat, Danu. Terima kasih terlah berkunjung :)

  10. Nur Asihkha says:

    terimakasih atas ilmunya, pembahasannya sangat menarik, saya merasa menulis menjadi hal yang tidak sulit dan patut untuk dicoba.

  11. sepatu adidas samba says:

    Thank’s ya atas caranya,berkat caranya saya dapat menyelesaikan tugas artikel yang di berikan oleh dosen

  12. fatnan says:

    Infonya artikelnya lengkap sekali gan, thank you.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Fatnan.

  13. Riski says:

    Praktis..
    Tksh infonya,
    anda luar biasa.. :-)

  14. Beberapa artikel saya dulu sangat jelek dan sekarang semakin jelek lagi, saya mau beljara tentang cara menulis artikel ini dengan benar untuk membuild blog baru, terimakasih atas pencerahannnya

  15. agus says:

    terimakasih atas infonya.
    saya pendatang baru dalam penulisan artikel berita, ingin sekali belajar lebih banyak tentang dunia tulis menulis untuk dunia hobi.
    informasi diatas sangat membantu dalam saya belajar. trimakasih

  16. deno says:

    saya kadang kalau nulis artikel tidak beraturan, semoga dengan membaca tulisan Anda artikel sy bisa terarah dan bisa bagus, txs banget

  17. Bu, saya suka nulis tapi cuma di blog. Tetapi, untuk merangkai sebuah kata per kata, kalimat per kalimat, hingga menjadi sebuah paragraf yang menarik dibaca, itu sulit kenapa ya? Tapi jujur, saya sendiri kurang tertartik untuk membaca buku, jadi gaya tulis saya masih seperti newbie. Ada tips nggak, biar apa yang saya tulis itu menarik pembaca, sehingga blog saya semakin banyak pengunjungnya. Terimakasih :)

    muhamandrianto.blogspot.com

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… anda wajib membaca buku yg berkenaan dg minat anda. Sebab bacaan itu bahan mentah. Tulisan adalah hasil produksinya. Anda tidak mungkin menulis kalau tidak punya bahan mentah. Terus membaca dan Tingkatkan jumlah bacaan anda.

  18. sendi fauzan says:

    klo menulis tentang kurikulum 2013 itu bisa termasuk dalam artikel bukan?

    • caramenulisbuku453 says:

      Semua tema bisa ditulis dalam bentuk artikel, termasuk kurikulum 2103.

  19. itraining says:

    sangat membantu, terimakasih

  20. artikelnya sngat bermanfaat bagi sy dan pmbaca lainnya,
    makasih banget atas informasinya..!!

  21. itraining says:

    Terimakasih

  22. aslam says:

    makasih…sangat membantu.!!

  23. terimakasih kakak postingannya sangat membantu, semoga dimudahkan oleh Allah

    • caramenulisbuku453 says:

      Amin. Selamat menulis artikel Nofita

  24. Waah lengkap banget nih panduannya.. Terima kasih mbak.. sangat berbobot dan bermanfaat (y)..

    Oh iya, saya juga punya nih artikel serupa tentang menulis judul.. moga aja bisa nambahin heheh syakirurohman[.]net

  25. masputu says:

    apik mba :)

  26. masputu says:

    bagus sekali :)

  27. Jack hanafi says:

    kalau sy pribadi msh copy artikel bhs inggris trus terjemah ke bhs indo kmudia edit sedikit biar nyambung kalau orang baca

  28. syahrul says:

    kak masih bingung nihh!!! tentang tetapkan tujuan penulisan maksudnya gimana,seperti apa?? maaf masih newbie 😀 😀

    • caramenulisbuku453 says:

      Contoh tujuan penulisan: ingin menjelaskan tahapan; ingin mengupas masalah; akan membantah pendapat; ingin menggambarkan, dll

  29. Terkadang, menulis itu hanya susah pada saat permulaan saja, . ketika ide mulai ada, lalu diluangkan dalam kertas, 10 halaman rasanya sangat kurang. .

    • caramenulisbuku453 says:

      Anda benar sekali bro Surganya :)

  30. RizkyLendes says:

    Harus banyak belajar nih, terima kasih mba… 😀

  31. Artikelnya cukup simpel, memberikan panduan singkat, kemudian memberikan contoh dalam sebuah link dengan tulisan disini. Padahal kata disini bisa diganti dengan keyword yang disasar, lalu membuatnya menjadi hyperlink yang menuju artikel yang dimaksud, sehingga keywordnya terindeks oleh robot google ketika ada pengunjung yang mengekliknya

    Salam eCommerce

    Vitus Polikarpus
    HP|WA: 08117937777
    PIN BB: 798A218

    • caramenulisbuku453 says:

      Owh ternyata ada bos cabang RWP mampir kesini. Terima kasih masukannya pak Vitus. Blog anda juga keren. Dan saya juga anggota RWP Premium :)

  32. Hugo says:

    saya sangat termotivasi dengan tulisan ini, karena memang sudah lama saya ingin menulis tapi rasanya jalan ditempat saja tapi, luar biasa setelah membaca beberapa tulisan ini sangat menolong saya…. salam sukses…

    • caramenulisbuku453 says:

      Salam sukses juga Hugo. Semoga tulisan anda sebesar (Hugo) nama anda :)

  33. Ranty says:

    Thanks for your info :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Situs anda menakjubkan Ranty. Terima kasih telah berkunjung :)

  34. Herlon Manullang says:

    kalw untuk membuat artikel tentang laporan Perktek Kerja Lapangan itu gmna ya Mbak?

    • caramenulisbuku453 says:

      Owh itu artikel jenis eksposisi :)

  35. Keren nih artikelnya, berguna sekali

  36. hasria says:

    saya masih pemula dalam bidang tulis menulis, pengeeeen.. rasanya tau lbih banyak mengenai artikel,,trimakasih atas infonya moga bisa saya kembangkan..

  37. Saya kadang kesulitan untuk mendapat tema artikel yang menarik dan sumber yang relevan. Saya mendapat pencerahan di sini, terima kasih telah berbagi ilmu.

    • caramenulisbuku453 says:

      Owh ternyata ada wartawan online yang mampir. Semoga koran daerah wartagarut makin maju :)

  38. Naufal says:

    Mengingatkan saya akan pelajaran bahasa Indonesia sewaktu SMA, hanya saja diringkas dalam 1 webpage, hehe
    Terimakasih banyak !

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah mampir Naufal. Semoga penulisan artikel anda berjalan lancara :)

  39. alahamdulillah ilmunya sangat bermanfaat mbak,saya jdi lebih mudah memahami penulisan artikel. dulunya bnyak yg ingin saya tulis,namun sebagai pemula tidak tahu dari mana memulainya. sekarang saya lebih paham baai mana harus menulis :)
    #horas. mhsw UNIMED

    • caramenulisbuku453 says:

      Horas juga UNIMED. Semoga penulisan artikel anda lancar :)

  40. Fazrin says:

    mantap dan sangat bermanfaat gan… jangan bosan berbagi ya gan… semoga semakin sukses…

    • caramenulisbuku453 says:

      Semoga blog fazrin juga sukses.Selamat berbagi manfaat :)

  41. arief says:

    mba kalo,,buat artikel pakai cover gak? misalkan dalam tugas kuliah..

    • caramenulisbuku453 says:

      Pake aja biar rapi :)

  42. Saya mau tanya, berapa jumlah kata yang disarankan untuk artikel blog ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Maksimal 2000 kata. Minimal 250 kata. Kalau artikelini 1.023 kata :)

  43. nasroni says:

    terima kasih banyak mbak informasiya , akan saya coba lakukan ,
    salam kenal mbk , ,jangan lupa kunjujngan nya jyahhh

  44. Makasiih infonya..

  45. meilin says:

    trimakasih atas blog nya,,, kadang juga ada pemikiran untuk membuat artikel2 seperti ini,, semoga dengan membaca kisi2 pembuatan artikel ini dapat membuat saya lebih bisa dan mahir dalam pembuatannya,,, trimakasiih,,,

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Meilin. Terima ksih telah berkunjung :)

  46. hacker kediri says:

    saya dulu sngat lama nulisnya gan

  47. artikel disini cukup lengkap dan akurat, terma kasih buat infonya….
    sukses selalu…

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Wahyu. Terima kasih juga telah berkunjung :)

  48. Syafaatfm says:

    Alhamdulillah, Matursuwun bermanfaat sekali artikelnya… Saya banyak belajar menulis artikel yang baik dari blog ini (Maklum lulusan SMP).. Maju terus ya?

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke Syafaatfm terima kasih telah berkunjung. Masukan untuk anda: Upayakan menulis artikel karya anda sendiri, bagus untuk masa depan blog anda. Makin banyak artikel yang orisinil makin membuat banyak pengunjung yang betah :)

  49. Abdul Syukur says:

    Terimakasih gan, ini infonya saya tunggu tunggu ternyata ada juga. makasih banyak yah brew sukses selalu ok.

  50. Abdul Kodir says:

    terima kasuh atas tulisannya,bagi saya sangat bermampaat karena hasrat ingin membuat artikel selalu terkendala pada tehnis pembuatannya

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga udah berkunjung Abdul Kodir :)

  51. Saya suka kalimat mba yang ini : ‘menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas’, keren :)

  52. terima kasih!!!

  53. capcuan says:

    nyangkut di sini nyari cara nulis yang baik, thanks ya gan buat artikelnya

  54. ahmad bayyu says:

    kak tolong kunjungi blog saya. Saya masih newbi kak tolong perlihatkan apa saja kekurangan saya

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm…. saran saya: usahakan fokus pada satu bidang/ tema. Makin fokus makin menarik minat baca.

  55. Rony Aditia says:

    Slm knal..saya blom paham cara nulis artikel
    tpi saya ingin tahu cara bikin artikel..
    maaf..klo saya.ikutan

  56. robymf says:

    Saya sangat senang membaca artikel mba, ini merupakan pembelajaran buat saya pribadi. Trima kasih sudah memberikan ilmunya, sy berharap ke depan bisa menulis artikel yg baik seperti mba. Trims, sukses sllu.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Roby:)

  57. wachid says:

    Seneng sekali akhirnya saya menemukan cara gimana menulis artikel yang baik.. terima kasih mbak ini sangat membantu saya

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Wachid.Terima kasih juga telah berkunjung :)

  58. ternyata untuk mebuata rtikel untuk optimasi seo itu ternyata gampang-gampang malas ya.
    banyak banget yang perlu diperhatikan
    Thanks atas artikel nya

  59. Ryan says:

    sangat bantu banget gan buat yang mau memulai jadi penulis blog pemula kaya saya hehe
    trims gan artikel nya bagus dan sangat bermanfaat

  60. Tips yang sangat bermanfaat sekali bagi saya yang masih newbie, memang untuk menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas dibutuhkan tehnik yang tepat.

  61. thanks mbak,,,

    membantu sekali tips yang anda berikan
    kebetulan saya masih sedikit kebingungan, tentang bagaimana cara tips dan trik dalam membuat tulisan untuk artikel di media, bukan di blog seperti pada umumnya….

    salam,

  62. Toko Online says:

    Thanks tipsnya :)
    Emang perlu banget mennulis artikel yang baiok, biar semakin banyak pengunjung yang datang :)

  63. ogow says:

    Wah butuh perjuangan keras nhie, untuk menulis artikel di blog saya.

  64. boim says:

    artikelnya sangat bermanfaat sekali, seorang blogger tanpa menulis artikel apalah artinya seorang blogger membuat blog.

    • caramenulisbuku453 says:

      Apa arti seorang bloger tanpa menulis artikel yang baik? Blognya pasti sepi :)

  65. Trima kasih Bu atas Ilmu yang di berikan, semoga saya menjadi penulis yang baik. Amin

  66. Wildan says:

    Makasih Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik infonya bermanfaat.

  67. boim says:

    terima kasih, ingin sekali saya dapat menulis artikel dengan baik dan dimengerti oleh pengunjung.

  68. july says:

    blog nya bagus dan berkualitas
    kapan kapan boleh singgah ya

  69. anonymous says:

    apakah postingan saya termasuk ke dalam artikel berkualitas ?h hm mm…

  70. Poker Online says:

    memang sekarang ini harus pintar mengarang atau menulis. bahkan website pencarian raksasa sudah pintar mendeksi artikel yang user experience :D. terima aksih infonya

  71. Ijin mempelajari :)

    Inin menjadi bloger yang baik makanya saya selalu berkomentar di setiap artikel yang saya baca,,,hhehhe

    mampir – mampir ke kediaman saya yah :) danuink.blogspot.com makasih buat artikelnya sangat teramat membatu buat saya yang pemula :)

  72. Kurniawan says:

    Terima kasih atas tipsnya, semoga saya dapat menjadi penulis yang baik.

  73. artikelnya sangat bagus terima kasih

  74. terimakasih atas tulisannya, sangat membantu saya sebagai pemula

  75. george louis morin says:

    bagaimana cara membuat dami penulisan buku

  76. huda masrurroh says:

    MW Tny tentng artikel,yg judulny tentng bela negara pandangn islm ,jenis yg mn ya

    • caramenulisbuku453 says:

      Itu artikel jenis argumentasi. Karena kita dituntut untuk menjelaskan (berargumen).

  77. Menulis itu mudah kata Arswendo Atmowiloto. Tapi sebenarnya perlu latihan dan belajar yang tekun. Resepnya cuma menulis, menulis, menulis dan terus menulis. Artikelnya insfiatif, Mbak. Makasih

  78. syakhruddin says:

    Info yang bermanfaat

  79. salman says:

    Menarik banget tulisannya.. sangat membantu saya dalam belajar menulis

    Semoga bisa juga menulis sebagus mba :)
    terima kasih

  80. andhie says:

    terima kasih artikel nya mbak… menginpirasi…

  81. andi says:

    Makasih, sangat bermamfaat.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Andi :)

  82. Sepatu Kets says:

    panduuan yang sangat lengkap mba,,,mau langsung coba dipraktekan nih mba..

  83. JFS_Djenggotten says:

    Jayyidan (y)

  84. randhy says:

    terima kasih banyak hal ini sangat membantu saya dalam menyelasaikan tugas saya dan semoga slalu memberikan hal hal yang bermanfaat lainya

  85. Fahri says:

    Terima kasih, nice artikel;)

  86. reza firda says:

    makasih ya mbk, tips nya sangatlah bermanfaat bagi saya. 😀 :)

  87. Toko Edukasi says:

    Ini nih artikel yang saya cari. Sangat membantu! Nice post and keep posting 😀

  88. iman says:

    selamat malam mba, saya kesulitan dalam membuat artikel karena terhambat waktu dan keterbatasan pengetahuan, sementara saya fokus dalam hal bisnis. mungkin mba ada solusi untuk membuat artikel yang original dan membuat kerangka menulis suatu artikel.

    terimakasih

  89. Aan Bob says:

    Infonya sangat membantu..
    Sebagai penulis freelance itu saya butuh banyak refrensi untuk mengasah kemampuan menulis saya..:D
    Great post..

  90. hilmy says:

    terimakasih mba atas ilmu yang dikasih..sangat bermanfaat sekali buat saya sbagai pemula dan bahasanya sangat mudah dimengerti..dan terimakasih juga buat ebook gratisnya, semoga smuanya menjadi barokah..saya ijin download ebookny ya mba sekali lagi terimakasih banyak :)

  91. nonita sekar says:

    makasih ya. saya emang perlu banget. aku pengen jadi penulis lepas. bagi yang mengerti bagaimana awalnya email aku ya..

  92. Peresia says:

    Permisi mbah, numpang nanya klo artikel tentang kriminal itu termasuk dala artikel apa mbah ? contohnya artikel tentang kriminal politik, ini termasuk dalam artikel deskripsi atau apa mbah ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Apapun temanya bisa ditulis menjadi semua jenis artikel di atas. Kalau bentuknya berita berarti artikelnya berjenis deskripsi.

  93. Terima kasih gan tips nya
    Sekalian mau nanya klo postingannya tentang pengalaman trus agak ngarang dikit gpp kah gan mohon di balas

  94. kak. kalo untuk buat artikel berkualitas itu kriteria bagaiman ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Kriteria menulis artikel yang berkualitas ada banyak. Salah tiganya adalah: (1) Bermanfaat untuk menyelesaikan masalah orang lain. (2) Terstruktur dengan baik: pembuka (20%), isi (70%), penutup (10%). (3) Menarik minat baca. Salah satunya mengandung unsur retorika yang di dalamnya mengandung logika yg menarik. Logika biasanya mengandung rangkaian kata ini: JIKA – MAKA – SEHINGGA. Atau mengandung pengibaratan: SAMA SEPERTI, IBARAT, UMPAMA, dll

  95. Andriani says:

    Bu, terima kasih atas tips menulisnya. Sangat membantu saya dalam mengajar anak didik dalam hal menulis.

  96. Anime says:

    artikel yang admin bagikan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya ini (newbie).
    dengan informasi ini saya tahu bagaimana cara menulis artikel yang baik.
    terimakasih banyak…

  97. wulan says:

    wahh.. bermanfaat sekali, terimakasih ilmunya :)

  98. Terima kasih banyak ya mba.. Mantab banged ini tipsnya..

  99. lanting says:

    Mantap artikelnya

    Btw kunjungi juga blog ane: lantingrusak.blogspot[dot]com

  100. setiawan says:

    saya ini masih pemula banget tentang tulis menulis tolong beri tip tentang cara menulis yang baiik

  101. Nanda Sulthan says:

    Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan. Banyak pembaca yang tertarik dengan suatu artikel berawal dari judul yang tertera. Bagaimana cara untuk membuat judul semenarik mungkin?

    • caramenulisbuku453 says:

      Tiru saja judul berita di koran!

  102. tapi sekarang kl meniru judul koran juga sangat berbahaya, bisa dikatakan duplicate content. Apa gpp kalau judulnya sama?

    • caramenulisbuku453 says:

      Pakai prinsip ATM, amatai, tiru, modifikasi. So kreatif aja :)

  103. terima kasih, atas cara menulis artikelnya

  104. adi saputra says:

    Bu,setiap menulis artikel saya selalu kesulitan pada kata-kata pembukaan,ada tips ga buat saya ?

    • caramenulisbuku453 says:

      Kalimat pembuka tidak sulit ditulis sama seperti kita bicara sehari2, tidak perlu repot. Biasanya kita bicara (membahas sesuatu) kita awali dengan “menerawang” realita alias menyuguhkan keadaan (negatif) atau permasalahan yang terjadi di sekeliling kita. Misal: Belakangan ini LGBT sedang unjuk gigi. Mereka berdemo minta dilegalkan….bla, bla, bla. Contoh lain: Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) sudah berlaku, barang dan jasa asing menyerbu. Mampukah kita bersaing? … bla, bla, bla… Begitu berbicara, begitu pula kita menulis. Mengalir aja, jangan dianggap beban :)

      • Mantap mbak.. Saya jadi lebih bertambah wawasannya setelah baca cara menulis artikel dari mbak. Tata caranya sangat lengkap dan menarik untuk dipelajari dan dikembangkan. Ada beberapa point dalam SEO yang saya sudah coba dan menambahkan nilai suatu artikel blog yaitu dengan menambahkan link keluar ke berbagai website authority dan link ke artikel website kita lainnya. Semoga bermanfaat :)

  105. saya suka ada ide tapi kadang sulit dikembangkan. ada rasa ingin membuat buku atau karya tulis. mohon solusi nya ya

  106. Ningsih says:

    Saya bisa menuliskan nya,n saya bisa membuat nya. Contoh:Karena cintamu aku bisa terseyum, semoga ini bisa menjadi inpirasi.
    Dalam hidup ini gak ada yang tidak mungkin,tapi tidak dengan hidup saya.
    Cinta itu indah tapi cuma di awal nya.
    Karena cinta itu pula saya terluka.padahal saya begitu menyangi nya,tapi bagi nya setiap yang saya lakukan selalu salah,sampe pada suatu hari dia mengkhinati cinta dan kasih sayang yg selama ini saya berikan selama hampir 2 tahun ini,saya coba menerim semua nya tapi hati berkata lain.
    Hati saya hancur bagaikan gelas yg pecah berkeping2,hidup saya juga hancur termasuk cita2 dan impian saya.tpi saya mencoba menjalani semua takdir hidup ini walau penuh dengan air mata.
    Setiap hari2 yang saya jalani penuh dengan tantangan dan rintangan,air mata yang selalu menemani saya dalam menjalani hidup ini.
    Saya wanita yang sebenarnyatidak ingin menyakiti siapapun dan tidak ada niat dalam hati saya untuk menyakitinya karena saya begitu menyangi nya
    Pada suatu saat saya pengen ninggalin semua nya asal kan orng yang saya sayangi bahagia besama nya.hidup saya pnuh dengan air mata yang tiada henti nya.sampe akhirnya saya lelah menjalani semua hidup ini,bahkan dalam setiap doa saya,saya pergi dari kehidupan ini,karena saya sudah gak sanggup lagi menjalani semua coba’an ini.
    Pernikahan yang sudah di depan mata kini hancur hanya karena orang ketiga.
    Saya gak tau apa yang akan saya lakuin,setelah ini.
    Saya gak sanggup jalani hidup ini dan saya gak sanggup jalani cinta dan kasih sayang untuk nya,
    Seandainya saya bisa pergi dari kehidupan ini pasti saya akan pergi.
    Tapi mungkin itu tdak akan pernah terjadi dalam hidup saya
    Karena hati saya begitu lemah hingga saya sulit untuk meninggalkan semua nya teruma buat mama dan papa saya
    I LOVE YOU mama,papa saya sayang kalian
    Mama maafin semua kesalahan saya bila tanpa sengaja saya melukai hati mama.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sudah bagus tulisannya (Untuk pemula). Hanya saja itu bukan artikel, hanya curahan hati. Teruslah menulis, kalau bisa miliki diary. Sebab tulisan di atas mirip diary dan ada juga ngarah ke puisi.

  107. Almetpedia says:

    Intinya belajar menjadi seorang penulis harus rajin membaca dan menulis

  108. Bunda yaniar says:

    Terimakasih mbk sharenya, bisa menjadi masukan untuk meningkatkan kwalitas tulisan sy, karena kebetulan sy membuka jasa penulisan artikel

    • caramenulisbuku453 says:

      Ow keren. Bunda cocok buka jasa menulis artikel karena bisa ngurus rumah dan keluarga sambil nyari duit :)

  109. Ini yang sedang saya cari, saya ga begitu bisa nulis, tapi saya berprofesi jualan di online, mau ga mau harus belajar nulis, disini saya banyak belajar cara membuat kerangka menulis artikel persuasif.

    Trimakasih Ibu Agusmita

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Jason. Semoga kosmetiknya laris-manis :)

  110. Randa says:

    Ini nih… iniiiii…. iniii diaaaa yang ane cariin selama ini. Tulisan ini benar-benar menyadarkan ane tentang pentingnya tujuan dari sebuah tulisan. Kadang kala di tengah-tengah penulisan kita lupa tujuan artikel dan ceritanya ngambang kemana-mana. Mohon ijin mempraktekin ilmu penulisannya di konsultasipeternakan.blogspot.com ya suhuuu…

    Thank soo much…

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke, selamat menulis dan beternak Randa :)

  111. syukur lah ada tulisan ini… karna membantu saya yg sdang dpt tugas nulis artikel hehehehe makasih bingiiitzz… saya jg hobby menulis tapi saya sukanya bikin cerpen… hehehehe . sekali lg makasih…

  112. Wah says:

    Terima kasih, sangat membantu !!

  113. Mayang Desty says:

    Terima kasih ilmunya. Ini ilmu baru untuk saya. ?

  114. MayangDesty says:

    Kerenn. Makasih ini ilmu baru buat saya. Semoga bermanfaan karena saya mau ikut lomba menulis artikel. Terima kasih. ?

  115. SBO Etnica says:

    Artikelnya bagus Mba mudah dipahami dan sangat menginspirasi.. O ya Mba, perlu berapa lama untuk meyelesaikan artikel sepanjang itu?

  116. uci says:

    Infonya sangat bermanfaat Mbak. Saya suka sekali. Ada satu half yang saya may tanyakan. Termasuk Jeni’s artikel apakah jika artikel membicarakan tentang beasiswa di suatu lembaga ? Apakah termasuk deskripsi? Terimakasih. Ditunggu jawabannya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Itu persuasi, bujukan agar yg nyediain beasiswa mau kasi uang untuk kita :)

  117. kurapikasoka says:

    saya sedang terus belajar menulis, bu, baca artikel sana-sini: majalah, koran, internet sampai pada blog ini. tapi prakteknya masih belum terlihat. saya sekadar membuat blog. itu pun jarang up date. namun saya berharap bisa terus belajar nulis, agar bisa seperti ibu, salah satunya terima kasih bu

  118. jika, (bayangkan saja) saya telah membaca artikel mbak diatas dengan sangat baik. lalu saya memiliki minat yang sama dan menulis dengan gaya penulisan saya sendiri. apa itu termasuk menjiplak?

  119. andi says:

    thanks sister, i like this blog, may it be useful for All

  120. cindy says:

    Ide yang bagus saya mengukai artikel ini

  121. terimaksih telah mau berbagi Tips Menulis Artikel,
    karena menulis berarti Mengabadikan Diri melalui Tulisan,
    salam…..

  122. sodron says:

    nice banget infonya gan sangat bermanfaat gan

  123. NGAWI DIAN says:

    tips yang sangat baik… terima kasih.

  124. edi hermawan says:

    matap uraianya jadi tertarik nulis lg….

  125. Sanagt keren tulisannya.. dan apabila saya menuliskan kembali artikel ini dengan hati saya, apakah saya termasuk menjiplak..??

    • caramenulisbuku453 says:

      tidak termasuk jiplak :)

  126. joko santoso says:

    Menulis membuat otak kita jadi encer dan cerdas. trims

  127. Asep lukman says:

    Jujur saya senang menemukan website caramenulisbuku.com inj karena penjelasannya detil dan mudah dimengerti

  128. adiex says:

    Bu….lowongan menulis artikel ny berlaku sampai kapan ya….saya jadi tertarik menjadi penulis.Tapi saya tidak punya blog atau website,apa bs? Satu lagi bu…dalam penulisan sebaiknya memakai format apa? Trims….

  129. zabar blaster says:

    Sangat bermanfaat …

  130. sandy says:

    izin share artikel ini yahh.. biar yang lain juga dapat manfaatnya…
    moga barokah…

  131. Audli says:

    Thanks bro, infonya sangat membantu…

  132. Hendro says:

    Lumayan capek bacanya,tapi artikel ini sangat bermanfaat buat saya.terimah kasih buat admin caramenulisbuku

  133. Terimakasih Min… sudah memberikan ilmu tentang kepenulisan. semoga hasrat menulis saya terus bergairah. 😀

  134. silvin luviani says:

    terimakasih kakak… sangat membantu

  135. Dedy says:

    Mantap Artikelnya.

  136. Moch Subkhan says:

    Terima kasih ilmunya telah membantu

  137. Aden Salman says:

    hatur nuhun, teteh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*