Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Saya sering melihat Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet yang salah dalam tugas makalah mahasiswa saya. Kebanyakan mereka mengambil referensi dari sumber yang kurang meyakinkan. Misalnya mereka banyak mengutip dari blog yang kurang terpercaya seperti blog gratisan. Padahal yang mereka tulis adalah karya ilmiah, bukan artikel biasa.

Sebenarnya boleh-boleh saja mengutip dari internet asal tahu caranya dan kuat sumbernya.

Berikut ini adalah Urutan Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet:

  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  2. Judul. Judul tulisan diberi tanda kutip.
  3. Tanggal Akses
  4. Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias:

Rngkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Seperti ini: http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet:

Aini, Ratu. “Cara Beternak Itik Lampung”. 15 Januari 2001. http://ternakindo.com/2008/12/literasi-informasi-ternak-itik-nasional.html.

Kekuatan dan Keaslian Sumber Rujukan Pustaka

Mengambil referensi dari internet tidak boleh sembarangan. Hal ini karena tulisan di internet banyak sekali hasil kopi pas (copy-paste). Apalagi kalau kita ingin membuat sebuah karya ilmiah, pertanggungjawaabannya cukup berat sehingga kita harus hati-hati dalam memilih referensi.

Ada baiknya kita merujuk pada situs atau blog besar yang menjadi rujukan banyak orang seperti wikipedia. Atau untuk referensi berita kita ambil dari situs koran ternama, republika dot com misalnya.

Atau bila kita mau mengambil hasil survei politik, kita kutip dari situs LSI misalnya. Atau bila kita ingin mengambil pendapat sebuah organisasi, kita kutip langsung dari situs organisasinya.

Intinya, bila kita mengambil sebuah referensi, ambillah yang terpercaya, ambillah yang asli, tidak asalan yang hasil kopi pas. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian dan kekuatan argumen tulisan. Sehingga bila kita ditanya tentang keaslian dan kekuatannya, kita jadi tidak ragu karena memang kita memiliki sumber yang kuat, punya kualitas tulisan yang baik.

Demikian posting Cara Menulis Daftar Pustaka dari internet ini saya buat. Mudah-mudahan bermanfaat. Bila ada masukan dan saran silakan komentar di bawah ya.

Artikel Terkait: Cara Menulis Buku Dengan Cepat

This entry was posted in Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

  1. Ria says:

    Terima kasih informasinya, jazakallahu khairan.

  2. Raka says:

    fyuuuh~ sangat berguna banget artikelnya makasih mbak:D

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Raka. Semoga artikel ini membantu anda bikin tugas

  3. Ansyar says:

    Syukran ya Bu, jazaakillahu khairaa, sekalian izin untuk dicopy.
    Oya, utk waktu/tanggal kita mengakses, apa tidak perlu dicantumkan ya Bu?

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Ansyar. Saya rasa Tanggal Udah Cukup untuk mewakili waktu. Kalau mau ditambah Jam juga tidak masalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>