Bagaimana Cara Menciptakan Tulisan Yang Kreatif?

Bagaimanakah bahasa penulisan Anda? Apakah kreatif atau tidak kreatif?

Banyak orang mengagumi gaya bahasa Andrea Hirata karena penulisannya yang kreatif. Andrea bisa begitu karena memang didalam dirinya telah mengalir energi seni, yakni kepiawaian merangkai kata yang dapat menimbulkan rasa senang dan rasa nikmat pada diri pembacanya.

Kepiawaiannya merangkai kata seperti seorang pelukis profesional yang mampu menggambarkan keindahan ciptaan dengan tangannya yang lentur mengayun-ayunkan kuas di atas kanfas. Itulah daya tarik Andrea, ia mampu menghipnotis pembaca dengan bahasa kreatif sehingga banyak bukunya laris manis di pasaran.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan menulis bahasa yang elok-kreatif?

Walaupun Anda belum memiliki kemampuan membuat gaya bahasa yang kreatif, itu bukan masalah jika Anda mau-bersedia berlatih. Intinya ada pada mengalami yang ujungnya nanti disebut peng-alam-an. Bila Anda rajin berlatih maka Anda akan menguasai dan melahirkan bahasa yang lebih baik dan lebih kreatif.

Baik, sekarang saya kasih contoh perbedaan penulisan tidak kreatif dan penulisan kreatif dibawah ini:

–> Penulisan tidak kreatif: Bulan nampak putih bulat dilangit. Disekitarnya ada awan tipis tampak mengitarinya.

–> Penulisan kreatif: Sinar rembulan menguak dari balik awan tipis. Cahayanya perlahan menembus dedaunan pohon cemara dimana aku dan kekasih hati duduk bercengkrama. Tetes embun malam mulai melangkah turun perlahan jatuh membelai rambut dan kulit wajah dan tanganku.

Hmmmm…… apakah penulisannya terlihat berbedaaa….? Mana yang kreatif dan mana yang tidak kreatif?

Sebenarnya contoh penulisan kreatif diatas adalah untuk tulisan fiksi, namun sebenarnya juga bisa digunakan untuk penulisan lainnya kecuali penulisan ilmiah.

Beberapa tips agar penulisan Anda menjadi kreatif adalah sebagai berikut:

  • Milikilah daya imajinasi yang kreatif. Sambil menulis, cobalah membayangkan kata yang cocok untuk suatu benda, kejadian, atau fenomena. Misalnya: Bulan -> rembulan,    merah + merekah,      luar biasa + dahsyat,  … dll.
  • Kuasailah bahasa yang kreatif. Bahasa yang kreatif juga sangat perlu anda kuasai. Penulisan kreatif memerlukan penguasaan bahasa yang baik kerana ia akan membantu anda menghasilkan karya yang baik. Cara terbaik untuk menguasai bahasa kreatif adalah dengan banyak mengamati padanan kata atau sinonim dalam kamus bahasa.
  • Hanya saja tulisan tidak boleh dipoles terlalu belebihan alias lebay namun kreasikanlah ia dengan secukupnya saja.

Ingat!!! Penilaian sebuah tulisan bukan saja terletak pada cerita, plot, tema (kalo dalam fiksi), isi, sumber rujukan, dan sebagainya tetapi penguasaan bahasa juga penting. Bila penulisannya kreatif, maka akan dapat menimbulkan minat baca yang lebih tinggi ketimbang penulisan yang tidak kreatif.

Penulisan yang kreatif membuat orang senang dan bahagia membacanya sedangkan penulisan yang tidak kreatif menimbulkan kebosanan dan kejauhan pembaca. Teknik penulisan kreatif dan yang tidak kreatif mempunyai perbedaan yang dapat dirasakan efeknya.

Penulis kreatif bukan bermaksud merusak bahasa dengan meliak-liukkan kata tetapi bahasa akan menjadi lebih indah kerana kreatifitas seorang penulis untuk menggambar sesuatu yang berbeda dengan penulis yang tidak kreatif berhahasa.

Yups… sekian dulu tips cara menulis hari ini. Silakan berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah, ya…. Bila ingin langsung belajar menulis buku silakan ikuti Kursus Menulis Buku di Kursus Menulis Online di Situs ini, oke.

 

This entry was posted in Cara Menulis Buku and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Bagaimana Cara Menciptakan Tulisan Yang Kreatif?

  1. indra Cakra says:

    Thanks tips y, smoga bermanfaat,.

    • caramenulisbuku453 says:

      sama sama komandan…

  2. tri eriyanto says:

    Aku baru terbangun dari egoku dalam menyusun kata kata di atas lemmbaran kertas.
    Tips ini begitu elok menggoda imajinasiku sehingga aku terbawa.

    • caramenulisbuku453 says:

      Anda juga sudah membuat tulisan yang kreatif di kotak komentar ini. Tulisan kreatif selalu membuat orang betah berlama-lama sehingga terpikat terbawa….

  3. syafrida says:

    terima kasih atas informasinya. ini sangat berguna untuk saya, karena saya juga masih dalam tahap belajar untuk membuat tulisan. :D

    • caramenulisbuku453 says:

      sama2 mbak saya juga masih belajar

  4. Sarwo says:

    Great..!! Tulisan mbak nih emank enak di baca.. Sesuai dengan isi tulisan mbak sendiri, ndak terasa beberapa jam telah berlalu, ternyata dari tadi saya mondar mandir di blog mbak Mita terusss… hehe

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung… dan yang lebih GREAT lagi adalah tulisan yang ada dalam ebook GRATIS di sisi kanan blog ini….. silakan dilahap habis…

  5. Cokroaminoto says:

    Terimakasih Bu Mita. Tulisan-tulisannya sangat menginspirasi. Saya sudah baca semua modul Bu Mita dan saya coba cari sumber2 lain di internet tentang topik kepenulisan. Subhanallah, ketemu topik, ya kembali lagi ke blog ini lagi. Ternyata, blog ini adalah e-book yang lain dari e-book2 nya bu Mita. Sangat bagus untuk sumber belajar.

  6. Ari says:

    Inspirasi sekali tulisan yang ini bu Mita.. Inilah kendala saya selama ini (sekedar curhat) dimana saya terkesan sekali ketika pernah beberapa kali bikin laporan, trus laporan tersebut dicoret coret sama atasan langsung tempat saya bekerja. Yang bikin saya terkesan itu adalah statement beliau yang bunyi kira-kira begini, “kami ini bikin laporan coba dong dengan bahasa yang dimengerti orang awam, bukan bahasa yang bisa kamu mengerti sendiri. Sadari, itu laporan bukan buat kamu saja, tetapi juga pimpinan. Belum tentu mereka mengerti bahasa teknis dan njelemit kaya begini. Ayo kamu perbaiki lagi!”

    Awalnya saya emosi banget, tapi saya coba ambil sisi positifnya. Mungkin dengan kejadian begini saya musti tingkatin lagi kemampuan menulis saya yang benar-benar amburadul.. maklum, tidak pernah dilatih.. :)

    Salam kenal bu Mita :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Salam kenal juga Ari… blog anda bagus. Harus rajin dicorat-coret, ya, biar bisa berbagi ilmu dan tulisanmu dikenal dunia.

  7. Martinus Muyapa says:

    Seakan pikiran saya mendapat semangat baru untuk menulis. Makasih banyak Mba

    • caramenulisbuku453 says:

      Iya sama2 Martinus… Semangat baru itu selalu datang bila kita bertemu dengan sesuatu yang baru dan menarik. Buatlah tulisan yang baru dan menarik. Setiap orang itu menarik dan memiliki keunikan masing-masing. Dan itu layak untuk diungkapkan dalam tulisan agar menjadi inspirasi baru bagi yang membacanya. Semoga anda menjadi penulis sukses

  8. Taufiq-days says:

    Sungguh semangatku untuk menjadi penulis hebat udh mulai timbul lagi, berkat blog yang udah saya baca ..yang di tulis oleh seorang yg bisa di katakan “penulis yang hebat dan berbakat” thanks ya bu mita….

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Taufik. Semoga anda juga jadi penulis hebat. Tapi mengapa situs anda taufik-days.com tidak bisa saya akses?

  9. dewi says:

    Assalamualaikum mba mita slm kenal.
    Sngt mmbntu mba.sy baru mau terjun ke dunia coret coret ni.

    • caramenulisbuku453 says:

      Waalaikum salam Dewi… Semoga dewi bisa mencoret lebih banyak kertas menjadi buku…

  10. Trims berat Ibu tuk info lengkap mengenai dunia menulis . . . memberi motivasi untuk mulai menulis

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 John… semoga anda bisa mencitpakan tulisan yang kreatif

  11. Jianto mustofa says:

    Assalamu’alaikum mb Mita, Salam kenal.

    Blog yg sangat bagus & bermanfaat.
    Memuat ilmu, motivasi & semangat kepenulisan.
    Baru pertama kali ini sy mampir di blog mba Mita, & rasanya sangat sayang untuk tdk bekunjung lagi, karena disini buanyak terdapat ilmu yang sy cari.
    Terima kasih atas corat-coret & ilmu yg disajikan.

    Semoga suatu saat, sy bisa menghasilkan karya yg layak dibaca & bermanfaat untuk sesama.
    Izin download ebooknya yg gratis itu mb Mita… :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Jianto mustofa, terima kasih telah berkunjung. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang mengundang minat baca. Dan minat selalu terdapat dalam KUALITAS. Bila anda ingin orang berminat membaca tulisan anda maka tulislah tulisan yang berkualitas.Semoga apa yang anda cita-citakan tercapai, Jianto Mustoga :D

  12. Asry says:

    Tulisan yang sangat indah, kata demi kata menarik hatiku tuk terus membacanya sampai akhir.. sungguh luar biasa.

  13. Nurul Astuti says:

    Makasih mbak Mita dengan ulasannya yang sangat berguna. Satu yang aku suka kalau mbak Mita kasih teori. Teorinya sangat menyentuh dengan kejadian yang dialami (dalam dunia menulis), ulasan mbak Mita tidak melulu teori belaka tapi selalu ditunjukkan jalan konkritnya. Maksih ya makin suka deh…..

  14. Asry Art says:

    Terkadang aku terdiam seribu kata dalam merajut kalimat demi kalimat untuk goresanku, cahayamu menyinari kegelapanku. Maksih admin.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Asry Art

  15. Reky says:

    Mau nanya bu, supaya menulis itu lancar dan nggak blank ditengah jalan gimana caranya yah?

    • caramenulisbuku453 says:

      Blank di tengah jalan itu wajar bagi penulis pemula. Solusinya anda harus rajin membaca terutama tentang tema yang anda tulis.

  16. sugi says:

    wah …mbk gak pelit ilmu ya, rendah hati pula. mengingatkan saya pada sepasang suami istri yaitu Pak Isa Alamsyah dan Bunda Asma Nadia. Luar biasa, Sangat bermanfaat mbak,

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Sugi.

  17. Siti Khodijah says:

    bagaimana caranya supaya ide menulis kreatif itu muncul dan bisa menarik minat seseorang untuk membaca? bagaimana kalau tulisan itu kurang menarik dibaca orang?

  18. Arfathah says:

    Tips yang sangat bermanfaat, dan mampu membangkinkan semangat saya untuk terus berlatih menulis. Terima kasih banyak atas Tips2 menulisnya… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>