Inilah Orang Yang Tidak Akan Pernah Sukses Menjadi Penulis

Ehm, ada loh orang yang tidak akan pernah sukses menjadi penulis. Walaupun diawalnya dia sudah bertekad untuk jadi penulis sukses dan telah belajar cara menulis buku dengan ikut pelatihan ini-itu.

Kok bisa yah?

Ya, bisa karena mereka tidak mau membangun kebiasaan menulis. Mereka tidak mau berlatih menulis dengan baik dan benar.

Banyak alasan yang mereka ajukan: Karena sibuk kantor lah, karena sibuk ngurus anak lah, karena sibuk bisnis dan lain-lain. Sehingga mereka sibuk dengan kesibukan itu dan impian awal menjadi penulis hebat hilang bersama kesibukan mereka.

Sebenarnya mereka bisa sukses menulis walaupun sibuk. Mereka hanya butuh satu kunci sukses, yaitu rutinitas. Dan ini berkaitan dengan kebiasaan.

Strategi menulis dengan lancar adalah: Anda hanya dituntut untuk latihan menulis yang banyak dan sering. Semakin banyak anda menulis maka anda akan lancar menulis. Sama halnya dengan berbicara, semakin banyak dan sering anda bicara dan maka anda akan lancar berbicara.

Anda tidak harus lahir dengan bakat tapi andalah yang harus melahirkan bakat itu. Ya, anda bisa berbakat asal anda mau melakukan aksi yang masif, terus-menerus, tanpa henti dan berulang-ulang.

Sesibuk apapun pekerjaannya, anda bisa menjadi penulis sukses.

Anda sibuk bisnis misalnya, anda bisa menjadi penulis sukses bila mau meluangkan waktu menulis satu atau dua paragraf setiap hari. Siapkanlah sebuah buku catatan kecil yang muat disaku anda. Gunanya adalah untuk menulis kegiatan sehari-hari anda.

Tulislah perasaan anda dalam berbisnis. Misalnya anda sedang mendapat untung besar dan anda pun senang. Anda tulis perasaan anda itu, “Aku benar-benar senang hari ini karena mendapatkan untung yang lumayan besar.”

Tulislah walaupun satu atau dua paragraf. Tidak perlu banyak, sedikit saja. Satu atau dua paragraf sehari.  Dan miliki keinginan untuk meningkatkan lagi jumlah paragraf setiap harinya. Tulislah yang mudah dan yang berkesan, tidak harus yang rumit.

Anda yang sibuk sebagai ibu rumah tangga. Anda juga bisa menjadi penulis sukses dengan membiasakan menulis hal-hal kecil dalam aktifitas sehari-hari.

Selalulah menyiapkan buku kecil dan pena disaku daster anda. Tulislah apa yang anda masak. Apa yang anda cuci. Apa yang anda urus. Tulislah bagaimana mengurus bayi anda. Anda tulis begini, “Waduh, ternyata mengurus bayi itu tidak segampang yang aku pikirkan. Apalagi bayi pertama. Kita dibuatnya kelelahan karena “diusik” tangisannya pada malam hari. Mengganti popoknya berkali-kali. Ditambah lagi bila sang bayi jatuh sakit, waduh ini lebih parah lagi, kita dibuatnya cemas…”

Tulislah sedikit. Tidak perlu banyak. Cukup satu atau dua paragraf. Dan miliki keinginan untuk meningkatkan lagi jumlah paragraf setiap harinya. Tulislah yang mudah dan yang berkesan, tidak harus yang rumit.

Anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor. Anda juga bisa menjadi penulis sukses. Asal anda mau membangun kebiasaan menulis. Tulislah kesibukan anda dikantor. Tulislah begini, “Aku sangat sibuk hari ini. Pagi-pagi sudah dipanggil bos untuk menyalin segudang data entri. Siangnya turun lapangan. Bahkan saya tidak sempat makan siang. Sore sebelum pulang, tugas datang lagi dari kepala bagian biro lain…”

Tulislah sedikit. Tidak perlu banyak. Cukup satu atau dua paragraf. Dan miliki keinginan untuk meningkatkan lagi jumlah paragraf itu setiap harinya. Tulislah yang mudah dan yang berkesan, tidak harus yang rumit.

Bila anda sudah melakukan itu, berarti anda sudah berada dijalan yang benar. Tunggu saja dalam satu atau dua bulan. Ketika anda menyingkap lembaran-lembaran tulisan anda itu. Maka anda akan keget dengan apa yang telah anda laukukan. Ternyata anda telah menulis banyak hal.

Dan lalu anda bertanya, dari mana datangnya semua itu?

Jawabannya adalah dari kebiasaan anda mengulang-ulang apa yang anda minati.

Namun bila anda tidak yakin akan kemampuan anda. Bila anda sudah mengeluh diawal. Dan bila anda tidak mau membangun kebiasaan  menulis itu sejak awal. Padahal sebenarnya anda sangat menginginkannya. Maka anda tidak akan pernah menjadi penulis sukses. Dan anda tidak pernah menemukan tulisan yang dapat menakjubkan anda selama kehidupan anda.

Dari itu, mari kita menulis apa yang berkesan dalam hidup ini, mulai dari yang sedikit menuju yang banyak untuk membangun kebiasaan menulis sehingga kita bisa menjadi penulis hebat

Selamat Menulis

This entry was posted in Cara Menulis Buku and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>