Cara Menjadi Kaya Dengan Menulis

Bisakah kita menjadi kaya dengan menulis? Jelas bisa! Hanya saja tergantung urutannya. Maksud tergantung urutannya bagaimana?

Begini, bila anda membaca tips atau Rahasia Sukses dari para penulis hebat maka anda akan mengetahui bahwa hampir semua mereka menulis untuk berbagi manfaat dulu, bukan ingin menjadi kaya dulu.

Absah saja bila ingin menjadi kaya dengan menulis. Hanya saja bagi penulis hebat, itu bukan urutan yang pertama. Urutan pertama tetap berbagi manfaat.  Sedangkan untuk menjadi kaya urutannya bisa jadi nomor dua; bisa nomor tiga; atau nomor empat; atau nomor belakangnya lagi. Mengerti, kan?

Begitu juga saya. Saya menulis untuk memberi manfaat atau solusi masalah bagi orang lain. Saya menulis karena saya tahu diluar sana ada ribuan orang yang membutuhkan solusi masalah hidup. Dan saya sangat senang menuliskan solusi untuk mereka. Masalah bisa kaya dengan menulis atau tidak, itu nomor enam belas.

Berikut ini adalah tujuan saya menulis:

  1. Untuk kepuasan batin saya. Ini adalah keberkahan ilmu.
  2. Untuk kesenangan batin orang lain. Dan ini adalah manfaat ilmu.
  3. Setelah itu, dengan berbagai pertimbangan nomor-nomor tadi, barulah saya memikirkan cara untuk mengalirkan uang ke kantong saya (hehehe…). Kalau yang satu ini adalah efek samping ilmu.

Dengan cara menerbitkan tulisan atau karya tulis saya, sebenarnya saya telah menerapkan Aturan Emas Kehidupan alias The Golden Rule of Life.

Aturan itu berbunyi: Berikanlah apa yang orang lain inginkan maka engkau akan mendapatkan apa yang engkau inginkan.

Saya telah menerapkan aturan emas pada blog ini. Saya telah menulis banyak artikel bermanfaat, berbagi ebook gratis, dan program menulis keren. Setelah melakukan semua ini, saya merasakan kelimpahan datang kedalam hidup saya.

Begitu juga anda. Bila anda ingin menjadi penulis hebat, maka anda harus berbagi manfaat dulu. Bila anda telah menerapkan aturan emasnya, anda akan berlimpah kebaikan. Semakin besar manfaatnya semakin besar pula limpahan kebaikan itu datang kepada anda, termasuk kekayaan.

Bila orang lain menginginkan informasi yang bermanfaat, maka tugas anda adalah menuliskan manfaat itu. Bila anda melakukannya dengan senang hati, maka anda akan merasakan aliran kekayaan.

Bila anda terus-menerus menulis dan menerbitkan buku, maka anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan. 

  • Mereka akan senang dengan anda karena telah berbagi manfaat. Dan bila mereka sudah senang dengan anda, maka…
  • Mereka akan mencari tahu siapa anda dan apa yang telah mereka dapat dari anda. Mereka akan memberitahu teman atau keluarga mereka tentang anda dan apa yang anda tulis.
  • Bahkan bila seandainya anda tawarkan barang bisnis kepada mereka. Anda buat situs bisnis di internet misalnya, dan anda tawarkan barang itu kepada mereka, maka banyak dari mereka akan bersedia membelinya.

Dan saya telah menemukan banyak orang yang sukses dengan cara ini. Mario Teguh adalah salah satu contoh. Orang sukses ini, disamping sukses menulis dan berbicara juga sukses berbisnis. Ketika dia menulis banyak manfaat dalam bukunya, terwujudlah keuntungan menulis yang berlipat ganda dalam dirinya.

Yup, menulis itu enak.  Membuat anda dapat berbagi kepada sesama sambil menuangkan uneg-uneg anda sehingga mengurangi stres. Sambil berbagi pengetahuan, anda juga dapat beruntung secara finansial.

Tips bagi anda yang belum bisa menerbitkan tulisan menjadi buku, mending ngeblog aja. Atau menulis di twitter atau di dinding Facebook anda. Mintalah komentar teman anda. Bila tulisan anda dikomentar baik oleh beberapa teman, yakinlah anda sudah mengalami perkembangan yang baik dalam menulis.

Ayo segera mulai menulis. Menulislah untuk berbagi manfaat yang banyak untuk orang lain. Sambil berbagi manfaat, anda juga bisa kaya dengan menulis.

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara Menulis Buku, Kaya Dengan Menulis and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

94 Responses to Cara Menjadi Kaya Dengan Menulis

  1. ismail says:

    bagi saya untuk menjadi kaya lewat menulis buku itu memang mengasyikkan dan tidak terlalu sulit jika disiplin menulis itu tetap tertanam dalam diri penulisnya.

    • defri says:

      Kak, saya mau menerbitkan buku,
      gimana caranya?

      • caramenulisbuku453 says:

        Silakan cari di google kata ini: penerbit buku …. (isi titiknya dengan jenis tulisan anda, misal: novel remaja), begitu.

  2. henry dm says:

    mantafff..mbak….

  3. xyz-mirage says:

    Keren sekali tulisanya,, sangat memotivasi,

    Jadi tambah semangat untuk menerapkan “the golden rule of life”

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung. Semoga anda menjadi penulis hebat.

  4. Aielaa says:

    menulis memang sangat menyenangkan tapi yang jadi permasalahannya siapa atau bagaimana karya yang ditulis itu bisa di nikmati oleh orang lain dalam bentuk buku -_-

    nb : postingan yang sangat bermanfaat dan membantu ka ^^

  5. Cukup bermanfaat terutama bagi kami para pemula yang ingin jadi Penulis.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah mampir Andi

  6. KANGEBEST says:

    BISMILLAH

  7. gun says:

    mudah2an bisa diterapkan

  8. Esyt says:

    Sangat inspiratif tulisannya, makasih

    • caramenulisbuku453 says:

      Tenkyu telah berkunjung Esty. Salam kenal

  9. andisinaga says:

    Keren, jadi semangat lagi terimakasih..

  10. sipp terimakasih atas share ilmunya mba agusmita…

    terkadang bagi yang sudah paham betul tujuan dia menulis memang bisa mendapatkan dua keuntungan, seperti memberikan manfaat dan penghasilan..tapi juga tidak sedikit yang menulis hanya berniat untuk bisa menjadi kaya pada akhirnya kualitas dari tulisan yang di hasilkan jauh dari kebaikan isinya sangat tidak berbobot dan memusingkan pembacanya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Itu betul sekali. Kebanyakan penulis masih banyak yang kurang memperhatikan kualitas tulisan. Mata mereka hanya bertumpu pada UANG. Padahal UANG itu bisa datang melimpah dengan KUALITAS. Lihatlah produk-produk yang merajai dunia, semua adalah produk dengan KUALITAS tinggi. Sebab bila tanpa kualitas, orang akan segera meninggalkan apa yang kita cipta… orang tidak menemukan manfaat lebih disana.

  11. Diana says:

    Keren sekali, sangat memotivasi, Jadi tambah semangat untuk menulis..
    Thanks – bukuonlen.com

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Diana. situs anda buku onlen juga keren

  12. dian meliana says:

    Terimakasih Mbak Agusmita, artikel di atas sangat bermanfaat untuk saya.

  13. Tirta Sari says:

    Terimakasih informasi dan motivasinya mbak..
    sangat bermanfaat ^_^
    Semoga makin bertambah ilmunya

  14. Makasih banyak Mbak, ilmunya. Semoga Allah membalasnya dengan yang lebih baik…aamiin.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung. Oya tadi saya ingin membaca blog anda tapi ketika saya klik, ternyata belum ada tulisan. Hmmm… padahal blog adalah salah satu sarana menjadi kaya lho..

  15. Alhamdulillah, terima kasih mbak.
    Jazakallahu khairan. Sangat Bermanfaat!

  16. Zacky says:

    Jadi termotivasi ingin coba menulis, mkasih mbak.

  17. yusup says:

    sampai sekarang saya masih kesulitan untuk menuangkan ide tulisan. Setiap hari ide selalu ada, tapi ketika mau saya tulis, saya malah bingung apa saja yang harus saya tulis. Pada akhirnya saya tulis saja mengalir apa adanya.

    Dan yang paling menjengkelkan, seringnya saya tidak bisa mendapatkan endingnya. Ketika saya tulis paragraf sebagai endingnya, tapi tangan saya tidak bisa berhenti untuk menulis.

    mungkin benar apa kata banyak penulis, “menulis pendek itu lebih susah dibanding menulis panjang”, kira2 begitu kata mereka. Mungkin yang dimaksud susah nyari ending yang pas.

    Maaf ya ibu kalau komentarnya OOT 😀

    • caramenulisbuku453 says:

      Saran saya anda harus banyak membaca karya orang lain. Perhatikan baik-baik bagaimana mereka menyusun kerangka tulisannya. Anda ambil satu anak bab (Kalau Novel, satu bab aja; Kalau cerpen, semuanya anda lahap). Anda baca dua kali. Pertama, anda baca sepintas. Kadua, anda teliti urutan alur/ kerangka tulisannya. Ketiga, anda tulis ulang babnya agar anda cepat belajar, agar anda bisa merasakan aliran pemikiran si penulis. Demikian :)

  18. mimin sudjatmiko says:

    Bener-bener pencerahan buat saya.. satu hal yang baru saya tahu.. don’t bother about perfectness in your beginning..dan memang setelah itu yang saya pegang.. ternyata it works!! Tanpa memikirkan kesempurnaan ide-ide malah mengalir..dan setelah saya baca tulisan-tulisan saya..I really enjoy them..
    Thank You so much!!
    I wish you all the best in your life!

    • caramenulisbuku453 says:

      Benar sekali, tidak ada tulisan pertama yang bagus. Saya pernah baca blog seorang penulis terkenal yang artikelnya ancur-ancuran, tidak enak sekali dibaca. Tapi mengapa bukunya bisa jadi best seller?

      Menurut saya, dia tidak fokus ngurus blognya. Dia nggak sempat mengedit tulisannya. Dia mungkin fokus ngedit bukunya.

      Saya baru dapat pelajaran dari sana: tidak ada tulisan pertama yang sempurna. Kita butuh puluhan kali edit untuk menelurkan tulisan yang bagus dan menarik.

  19. Natasha Salsabila :* says:

    Iya. Memang betul sekali jika seandainya kita melakukan kegiatan menulis: pasti bnyak manfaatnya :) :*

  20. Jey Clarissa Kinney says:

    mba saya punya banyak ide cerita tapii pas mau nuliss jadi minder,,tapii setelah membaca pengalaman mbak,,saya jadii termotivasii.trimakasiihh

  21. dani ramadhan says:

    saya pangen jadi penulis. Ini cukup menyenangkan

  22. wahidin supra dani says:

    bismillah….

  23. Ibnu Toha says:

    Trima kasih tulisannya, saya kembali bersemangat untuk terus belajar menulis. Terus terang, semangat saya menulis pasang surut. Ketika semangat, seakan mau menulis terus menerus. Ketika sedang tak semangat, lebih satu bulan tidak nyentuh-nyentuh ‘kertas’ untuk menulis. Yang membuat semangat surut, ketika dihadapkan dengan persoalan duit, tak punya duit….. Bagaimana ya? Trims masukannya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Bicara semangat itu bicara motivasi. Bicara motivasi itu bicara dorongan atau rayuan. Dorongan adalah yang membuat kaki kita melangkah. Sedangkan rayuan adalah yang membuat rasa kita tergiur. Bila anda ingin terus termotivasi menulis… Anda harus punya SESUATU yang membuat Anda terus bergerak dan tergiur menulis.

      SESUATU itu bisa jadi UANG. Kalau pepatah bilang, ada udang dibalik batu. Maka saya bilang, ada UANG di balik tulisan… Tidak masalah anda jadikan UANG sebagai motivasi menulis, asalkan HALAL, BERKAH, TOYYIBAH. Hanya saja UANG itu motivasi nomor enam belas. Pertama yang bikin saya termotivasi adalah berbagi manfaat.

  24. raph malakian says:

    mantap skali.. saya sangat setuju dengan kata2nya… 10 jempol buat admin… i like this..

  25. ardy says:

    terimakasih, sekarang sedang dalam proses menulis buku.
    mau nanya ni, kak… apakah format penulisan buku untuk tiap-tiap penerbit itu berbeda ?
    misal dari font, size, paragraf.? :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Iya formatnya beda2. Itu masalah teknis, mudah kita sesuaikan. Konsen kita adalah pada proses menulis itu sendiri. Masalah teknis biar penerbit yang atur. :)

      • ardy says:

        Terimakasih ebook gratisnya.. :))
        Mulai semangat menulis lagi..

        Kak, kalau boleh tanya lagi,.
        – Sebelum mengirim naskah ke penerbit apakah kita harus memberitahukan dulu soal naskah yang ingin kita kirim, atau langsung saja kirim ke penerbit tanpa memberitahukan.. ? :)

        • caramenulisbuku453 says:

          Ada baiknya kita kasi tahu dulu lewat sms atau telpon.

  26. Advokat german panjaitan says:

    thank you ,bisa kirim alamat penerbit mbak . terimakasih atas berbaginya, semoga saya juga dapat berbagi untuk teman sahabat yang membutuhkan kapan saja selagi kita bisa. sukses ya mbak.

    • caramenulisbuku453 says:

      Alamat penerbit, anda bisa cari di google dengan kata kunci ini: alamat penerbit beserta emailnya

  27. Sangat bermanfaat dan memotivasi sebagai penulis pemula mbak. Salam kenal.

  28. Dear Mba Agusmita,..

    Saat ini menjadi pebisnis toko online, dan coba-coba sendiri membuat website secara mandiri, dan saat posting produk yang tentunya saya bubuhi kata-kata persuasif, dan berlanjut saya mencoba untuk membuat artikel pendukung untuk mengangkat Seo toko online saya, walhasil saya kecanduan menulis,… meski tulisan saya masih amburadul, tapi senang sekali saat beberapa artikel dan produk toko online saya berada di halaman pertama google, alhamdulilah…

    Anyway thanks atas sharingnya, saya sangat kagum dengan kemampuan menulis anda.

    Salam
    Urip Setiawan

    • caramenulisbuku453 says:

      Owh syukurlah… anda sudah bisa nongol di halaman 1 google. Selamat dan terima kasih telah berkunjung, Urip :)

  29. Elsada Febryanti says:

    Jadi semakin semangat untuk jadi penulis profesional :)

  30. WIDI says:

    pengalaman menulis belum ada, tapi ingin sekali membuat tulisan untuk di tampilkan di blog sendiri, bingung mau memulai dari mana, tapi setelah berkunjung ke sini mulai ada bayangan harus memulai dari mana. terimakasih mbak ..

  31. Sa'id says:

    Bismillah,sudah kirim pulsa50 ribu,pkl.09.07 wib,tolong dikirim metode2jt. trims

    • caramenulisbuku453 says:

      Udah saya kirim paketnya dalam 3 email, Sa’id. Coba cek ya

  32. Fendi says:

    nama saya fendi saya dari jurusan dkv , saya mau tanya … saya sekarang kan lagi pengajuan judul skripsi saya banyak mengajukan tentang perancangan dan penulisan buku , … saya seorang pemula.

    tapi saya bingung dengan kaidah apa sebenarnya yang lebih di utamakan dalam menulis
    buku, mohon sarannya ..

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmmm… kaidahnya ada dalam panduan Menulis Skripsi di kampus anda. Plus rajin2 membaca contoh skripsi di perpustakaan :)

  33. Judin says:

    mba, aku kadang bingung mau nulis apa…di otak saya banyak ide tp menuangkannya susah…harus memulainya gimana?

    • caramenulisbuku453 says:

      Tulisan anda yang banyak di blog iptek-info menunjukkan anda udah menuliskan ide anda dengan baik. Anda terlalu rendah hati Judin :)

  34. Tri Sulastri says:

    Assalamualaikum mb Mita
    Salam kenal, saya Tri Sulastri biasa dipanggil Alfit juga
    Saya suka menulis diary, sekarang saya ingin mulai belajar menulis dengan bloging..

    Saya ingin menulis apa saja yang ingin saya tulis, hanya untuk menenangkan hati dan pikiran… biar nggak stress. Semoga bisa istiqomah ke depannya

    Mohon bimbingannya,…

    Oh iya artikelnya luar biasa…

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm blog yang bagus, Tri. Saran: Kalau bisa warna hurufnya hitam saja biar tidak bikin sakit mata pengunjung :)

  35. Ezan says:

    Terimakasih ilmunya sangat memotivasi,
    saya sudah mencoba menulis berkali-kali namun satu tulisanpun belum rampung.

    Jika saya perhatikan banyak kalimat yg tidak nyambung dan membingungkan saya sndiri tapi ide mengalir terus meski pembahasan diulang-ulang di bab berikutnya.

    Minta sarannya mba agar tulisan saya padat dan tidak melebar kesana kemari.

    Thanks

    • caramenulisbuku453 says:

      Saran: Menguasai tema + buatkan Alur (agar terarah)

      Misal, temanya tentang pemahaman terhadap PROSES operasi plastik yang benar. Maka langkah PERTAMA, anda harus menguasai tema pembahasan. KEDUA, anda buatkan alurnya agar terarah: pendahuluan, konsep operasi plastik, pengenalan alat operasi, proses 1, proses 2, proses 3, proses 3, kesimpulan.

  36. Nah krmbali lagi ke basic.
    Kalau menulisnya ngejar kayanya dulu
    Sering kejadian buku yang diterbitkan kurang laku krn tdk mmbrianfaat bagi yg membaca. Bahkan kadang ada yg nyesel beli buku katena ini

    Salam kenal,
    LK

    • caramenulisbuku453 says:

      Betul itu, kita harus kembali ke dasar: menulis itu untuk berbagi dulu. Setuju :)

  37. wina says:

    sy pengin sekali nulis novel… di kepala sy byk ide cerita.. tapi tdk tau bgmn menulisnya.. dulu suka nulis cerpen pernah sekali dimuat di majalah remaja.. tp sekarang tumpul kalo mau nulis…

    • caramenulisbuku453 says:

      Tulis cerpen aja dulu. Cerpen itu anaknya novel. Kalau udah terbiasa nulis cerpen nanti nulis novelnya juda mudah :)

  38. larif says:

    assalamu’alaikum, mbak. mbak, saya merasa bahwa saya berbakat jadi pengarang.

    terkadang saya berfikir bangga sekali jika bisa menerbitkan buku, tetapi kadang saya menjadi tidak fokus. terkadang saya kurang percaya diri. saya banyak menuliskan karya-karya dalam belum sajak, puisi atau prosa liris.

    tapi saya lebih suka menyebutnya prosa liris. untuk itu mohon waktunya mbak untuk berkunjung ke blog saya : http://www.blog-cerpen-fiksi.blogspot.com

    ini ada link satu dari beberapa karya saya disana.

    blog-cerpen-fiksi.blogspot.in/2014/12/siang-di-sekolah-selepas-zuhur.html?m=1

    mohon komentarnya mbak, bagaimana kualitas karya-karya saya. saya mohon penilaian jujur ya,mbak. bagus, biasa-biasa saja, atau malah buruk.

    siapa tahu penulaian jujur dari mbak nanti justru membuat saya termotivasi. entak itu komentar baik atau buruk, saya akan tetap tetap menulis. karena itu kebanggaan saya. untuk itu mohon bantuannya dengan penilaian kejujurannya ya, mbak.

    mohon maaf kalau komentar saya kurang sedang dibaca. saya tunggu penilaian mbak, wassalamu’alaikum wr.wb..

    • caramenulisbuku453 says:

      Udah bagus. Kemampuan anda saya nilai: MEDIUM. Tinggal diperjelas/ dipertegas lagi alur cerpennya.

  39. rizaldi says:

    Assalamualailum mbak, artikel mbak sangat memotivasi saya, saya pengen jadi penulis yang baik tapi saya selalu kurang percaya diri dengan hasil karya saya, baru-baru ini saya juga lagi memulai blogging. Kalau mbak ada waktu silahkan mampir, saya juga butuh masukan dari professional. Jika mbak baca artikel saya, saya harap mbak bisa mengerti apa yang saya tulis, terkadang saya juga tidak mengerti apa yang saya tulis. Hehehe maklumin aja masih pemula.
    Oh iya terimakasih ya mbak buat e-book nya

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… untuk saat ini saya masih belum kasih nilai untuk blog anda karena anda belum menulis banyak. Tambah lagi tulisannya ya:)

  40. Salam Kenal,

    Artikel di blog ini sangat bermanfaat bagi saya, saya lagi belajar menulis dan artikel ini banyak membantu.

    Kalau ada waktu mampir ke blog saya.

    Terima kasih, tetaplah berbagi.

    • caramenulisbuku453 says:

      Blog anda udah bagus Ahmad. Lanjutkan :)

  41. mbak…coba kita periksakan tulisan saya di blog saya di jofanduhardi.wordpress[.]com. bagus tidak kualitasnya. selain itu kasih saran juga ya

    • caramenulisbuku453 says:

      Bagi pemula, tulisan anda udah bagus, tinggal ditambah lagi jumlahnya. Jangan lupa tambahkan juga bahan bacaan anda untuk memperkaya isi. Biasanya kalau bacaan kita beragam, tulisan kita juga akan padat isi :)

  42. IYA MBAK, NANTI saya baca banyak referensi lagi

  43. Menulis menjadi satu peluang masa depan yang sangat menjanjikan tapi kita yang masih pemula itu terkadang kita sudah merasa susah duluan sebelum menuliskan sesuatu dan kadang kurang percaya diri, itulah satu hal yang sering saya alami saat mencoba belajar menulis,, semoga dengan membaca artikel di web anda,,semakin membangkitkan semangat saya kembali..salam……..

  44. jhon Zaah says:

    Membaca blog ini membuat sy termotivasi untuk menulis dan ditulis… bgitu indah fakta kduanya.

    • saya sangat tertarik termotivasi, dan saya sempat stres bagaimana saya memulai menulis, akhirnya saya cari di google, kebetulan percis yang saya cari
      akhirnya saya baca semua , langsung saya pesan metode2jt.
      karena kami sudah purna tugas, nah saya ketemu link ini. semoga apa yang saya cita citakan sebelum pensiun yaitu tahun 2011, ingin jadi penulis, segera tercapai , sukses mbak Mita.

  45. aditya says:

    benar sekali bu, ketika niat saya menulis hanya semata untuk mendapatkan uang, justru semangat menulis saya meredup. hal ini karena banyak nya bayangan negatif tentang akhir tulisan saya. justru jika saya menulis dengan semangat berbagi, semangat saya malah melambung dan dalam sehari saya bisa merampungkan beberapa artikel. Saya kini selalu berpedoman pada hal ini setiap kali saya ingin menulis. Saya menulis untuk memberikan manfaat pada orang lain. ada kepuasan batin yang besar saat saya melakukan hal ini

    • caramenulisbuku453 says:

      Semoga Aditya tetap sebijak itu, selalu :)

  46. Andry Girsang says:

    Sungguh termotivasi membacanya. Memang menulis itu butuh dan pelatihan yang teratur. Jadikan menulis menjadi kebiasaan, maka semua akan terasa enjoy

  47. Sutrisno says:

    Awesome ibuu :) :) :)

  48. Maya Nurmayati says:

    bermanfaat sekali ibu… semoga rahmat Allah selalu terlimpah untuk Ibu… dan terima kasih banyak ya bu, sudah memotivasi… semoga Maya bisa mewujudkan impian Maya untuk menebar kebaikan dan berbagi, entah itu berbagi ilmu, motivasi, harta, dan lainnya…

    • caramenulisbuku453 says:

      Amin. Semoga apa yang Maya niatkan terkabulkan :)

  49. Dawam Ahmad says:

    Susah sekali menulis ?. Terkutuklah wahai kalian para syetan yg menginfeksi virus kemalasan dalam diriku?!!!

    • caramenulisbuku453 says:

      Sepertinya setan itu sudah pergi dari pikiran Dawam karena Dawam semangat. Lalat tidak akan hinggap di panci yang sedang panas! Setan hanya akan hinggap bila “panci” dawam dingin, Dawam malas-malasan, Dawam mut-mutan. Sekali lagi, harus tetaps semangads!

  50. Lukman says:

    Syukron katsiron Mbak, semoga keberkahan melimpahi Mbak+keluarga dan tulisan-tulisan Mbak, Aamiin.

  51. Liseu says:

    aku setuju banget !
    aku juga mau jadi seorang penulis. menulis ada hobi aku, udah banyak yg aku tulis, dari dalam lembaran kertas yg sekarange udah hilang n’tah kemana, kemudian beralih pada applikasi ajaib menurut aku, applikasi untuk para penulis dan pembaca, kemudian menulis di dalam blog yang baru beberapa bulan berjalan dan jarang keurus –” *faktor kesibukan sekolah.
    dan aku menulis pada awalnya karena memang suka aja, dan aku bingung kenapa aku tahan menulis hingga berlembar-lembar kertas tanpa merasa lelah jika itu menulis sebuah cerita dan cepat merasa lelah kalau harus mencatat materi pembelajaran di sekolah yg paling cuma 1-2 lembar –”

    aku sekarang udah kelas XII SMA, dan tahun ini aku akan menghadapi kelulusan yg cukup menegangkan dan menguras tenaga juga mental –”

    dan aku bertekad untuk bisa menciptakan buku yg best seller dalam 1-2 tahun lagi :3 *doain yah kak :3
    dan aku juga bertekad untuk berbagi sejuta hal positif dalam tulisanku. tapi aku masih merasa ragu untuk mendedikasikan penuh kehidupan aku dalam dunia tulisan :/

    aku gak tau alasannya kenapa sih kak :/ ahh jadi curcol :3

    • caramenulisbuku453 says:

      TUlisannya ditambah lagi di blog anda. Nice blog :)

  52. ummu ziyad says:

    Masya Allah, terima kasih artikelnya mbak. saya juga menulis untuk berbagi manfaat dan pengalaman melalui tulisan. Saat ini baru menulis beberapa artikel di dalam blog. Alhamdulillah dapat ilmu tentang kepenulisan dari blog mba. Baarakallahu fiik

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 ummu ziyad terima kasih telah mampir

  53. Ikhwan says:

    kalau misalnya ditengah2 waktu nulis merasa malas itu bagaimana cara mengatasinya ya? kadang suka malas kalau nulis.

    • caramenulisbuku453 says:

      Istirahat dulu, jangan dipaksa. Trus harus rajin2 baca, biasanya setelah membaca akan muncul mood lagi karena dalam bacaan banyak sekali inspirasi :)

  54. Akhirudin Sudiyat says:

    Sangat inspiratif.
    Saya adalah seorang pekerja kantor, saya ingin sekali menulis tapi tidak tahu harus memulainya dari mana. Bagaimana membagi antara pekerjaan kantor dan kegiatan menulis saya? Apakah baik bila menulis itu dipaksakan? Kapan waktu yg baik untuk menulis? Terima kasih :-)

    • caramenulisbuku453 says:

      untuk pemula, harus dipaksakan :) menulis bebas saja dulu, jangan pikir teori.

  55. Travelinks says:

    Terima kasih mb :) bermanfaat sekali dan membuka fikiran baru :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*