Memilih Buku Bacaan Yang Menginspirasi

Bagaimana cara  memilih buku bacaan sebagai inspirasi kita dalam menulis buku? Apakah anda memilih buku buku populer seperti buku best seller sebagai rujukan atau buku kurang populer dan bukan best seller?

Dalam hal ini saya sarankan kepada anda: Cari dan pilihlah buku yang terkenal penulisnya dan best seller. Atau buku yang pernah menang perlombaan atau mendapatkan pujian atau penghargaan dari khalayak.

Pilihlah buku yang bermutu dan sudah teruji sebab  tidak bisa dinafikan lagi, pada masa sekarang ini, buku sudah beredar terlalu banyak di pasaran. Kadang kita sendiri tidak tahu, mana yang baik untuk mencari inspirasi.

Bila kita membeli sebuah buku hanya sekadar untuk mengetahui isinya, itu sih tidak apa-apa bila setelah selesai membaca kita simpan di rak. Tetapi bila kita ingin mendapatkan banyak inspirasi, cobalah beli atau baca buku yang berkualitas.


Ketika kita membacanya, kajilah bagaimana cara penyampaiannya, bahasanya, tema, sudut pandang dan sebagainya. Dengan cara ini barulah kita tahu kelemahan kita dan menambahkan teknik dari buku itu ke dalam calon buku kita yang terasa kurang.

Bila kita membaca sebuah buku, dan kita tidak menemui sesuatu yang baru di dalamnya maka buku itu tidak akan membantu kita untuk menyelesaikan calon buku kita. Kita hanya tahu isinya saja tetapi tidak ada sesuatu yang dapat kita jadikan rujukan dari segi kualitas tulisannya.

Ketika kita membaca buku yang berkualitas, berarti kita sedang belajar dan menimba kualitas dan teknik penulisan buku itu. Hanya dari membaca buku berkualitaslah kita akan mendapatkan ilmu menulis yang berkualitas. Setelah membaca buku itu, catatlah pengetahuan yang kita peroleh, apakah dari gaya bahasanya, alurnya, pesannya atau apa saja.

Catat juga apa kekurangan yang ada dalam karya anda dan apa kelebihan pada karya orang lain. Tambahkan apa yang kurang supaya karya anda berkualitas tinggi.

Selamat menulis

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara Menulis Buku and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Memilih Buku Bacaan Yang Menginspirasi

  1. EndaHelfita says:

    like it, pak … 🙂

    • Agusmita says:

      enda. terimakasih kunjungannya. oya kita ada training khusus pembuatan novel kamis jam 11,12,13 sampai jam 14.; yg jelas tunggu saja di stain kerinci ya

  2. Cokroaminoto says:

    Seperti membaca e-book nya pak Udin, sangat bagus isinya. 10 Jurus pamungkas agar tulisan menjadi bergizi berulang kali saya membacanya. Saya print, saya ringkas dan saya mencoba mempraktekannya. Meskipun belum seluruh jurusnya, saya dapat melakukannya, tetapi mengenal 2-3 juruspun sudah sangat mujarab untuk calon buku saya. Saya mencoba mengkombinasikan formula dari guru saya dulu di sekolah, tentang teknik membangun paragraf yang dinamis.

  3. Timorita Ners says:

    mantaap…. kapan2 undang kami yaa….

    • caramenulisbuku453 says:

      iya… oke deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*