Bagaimana Cara Menjadi Penulis Hebat? Baca Sekarang Kalau Tidak Mau Rugi!

Sebelumnya saya harus minta maaf bila judul tulisan ini sedikit “mengancam” anda.  Tapi saya serius dengan judul ini karena ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan. Ini soal bagaimana cara menjadi penulis hebat.

  • Bagaimana anda bisa menulis dengan baik,
  • Bagaimana anda bisa menulis lebih baik lagi. Dan
  • Bagaimana anda bisa menulis lebih baik dan lebih baik lagi dan lagi…

Bukan maksud saya untuk mengajari anda menulis. Tapi saya yakin dan percaya, tiap orang yang berminat dalam dunia penulisan buku akan selalu ingin mendapatkan tulisan yang baik dan lebih baik lagi.

Mereka ingin tulisan yang diterima pembaca, tulisan yang mudah dimengerti, ingin tulisannya cepat diterbitkan, ingin bukunya best seller kalau bisa, ingin menjadi penulis hebat dan banyak keinginan lainnya.

Namun masalahnya tak semua penulis mendapatkan apa yang diinginkannya. Tak semua penulis berhasil menjadi penulis hebat. Kira-kira apa sih penyebabnya?

Alasan yang sering kita dengar biasanya seperti ini. Saya ingin seperti ini, tapi belum ada keahlian yang cukup. Saya ingin melakukan ini, tapi saya belum bisa itu. Saya mau membuat ini, tapi kesibukan saya luar biasa.

Apakah anda pernah merasakan hal yang serupa?

Tapi saya ingin katakan bahwa alasan penghalang pertama untuk meraih apa yang kita inginkan, terutama bila menjawab pertanyaan bagaimana cara menjadi penulis hebat, adalah: KITA TIDAK MENULIS DENGAN CINTA.

Mari, sebentar…. anda akan menemukan mutiara paling berharga dalam tulisan ini. Karena tulisannya lumayan panjang… tariklah nafas dalam, tahan sebentar lalu keluarkan dengan pelan… Yap, mari kita baca bersama…

Saya ingin menceritakan kisah seorang penulis hebat kelas dunia yang menulis banyak buku best seller. Dia menulis di atas landasan CINTA dan perbaikan diri terus-menerus. Dialah Joe Vitale yang menulis banyak buku best seller seprti The Key, Hypnotic Writing, The Atractor Factor dan banyak lagi buku hebat lainnya.

Dia menceritakan tentang bagaimana dia bisa menjadi penulis hebat ketika dia menemukan satu kunci sukses terbesar yang bernama CINTA.

Suatu saat dia mendengar berita tentang seorang yang bernama Dokter Hew Len bisa menyembuhkan orang gila hanya dengan menyembuhkan dirinya terlebih dahulu.

Sang dokter konon telah menyembuhkan banyak oran sakit jiwa. Sebelum dia ditugaskan di suatu rumah sakit jiwa di suatu daerah di Amrik sana. Kondisi rumah sakit sangat kacau karena rumah sakit jiwa itu adalah tempat orang gila yang kriminal yang dapat melukai siapa saja didekatnya.

Dan dokter Hew Len ditugaskan disana. Setelah mengkaji dan meneliti para pasien dia menanganinya satu persatu. Dengan perlahan tapi pasti banyak pasien menunjukkan tanda kesembuhannya. Pasien yang tadinya dipasung, sekarang tidak lagi. Awalnya para perawat yang bekerja disana sangat takut mendekati pasien kini mereka bisa leluasa berinteraksi dengan mereka. Tadinya begitu banyak keributan dan kekacauan kini suasananya menyadi tenang.

Mendengar hal itu, Joe Vitale tertarik menghubungi dokter Hew Len. Karena kesibukannya yang menumpuk, dia hanya bercakap melalui telepon. Saya mengutip potongan percakapannya dengan dokter Hew Len, di dalam bonus buku The Atractor Factor yang Joe berikan kepada saya, berikut ini.

“Bagaimana anda menyembukan mereka?” tanya saya.

“Dengan cara menyembuhkan diri saya terlebih dahulu.” Jawab sang dokter singkat.

Saya menanyakan lagi, “Bagaimana anda menyembuhkan diri anda?”

Apa yang dilakukan sang dokter, ternyata ketika dia melihat kepada daftar pasien sakit jiwa yang ada di atas meja kerjanya, dia berkata,

“Maaf telah mengganggumu, saya mencintaimu.” Dia mengatakan itu terus-menerus dan terus lagi.

“Hanya itu?” tanyaku.

“Ya, hanya itu.”  jawab dokter Hew singkat.

Joe sangat terinspirasi dari orang hebat yang satu ini dan dia telah menganut dan mempercayai metode ini. Yaitu metode menyembuhkan orang lain dengan menyembuhkan atau menenangkan diri sendiri terlebih dahulu. Dia yakin petuah ini akan berhasil. Dan dia memberikan contoh penerapannya berikut ini.

“Ketika saya menerima email yang bahasanya kasar yang membuat saya tersinggung, saya segera sadar dan menerapkan metode dokter Hew Len. Saya katakan di hadapan email tersebut, ‘Saya minta maaf dan saya mencintai anda.’ Lalu saya tiba-tiba merasa tenang atas apa yang baru saja saya lakukan.”

Beberapa minggu setelah itu Joe memutuskan untuk mengikuti workshop yang diadakan Dr Hew Len. Akhirnya Joe bertatap muka dengannya. Setelah ngobrol lama, dokter Hew Len bilang sangat suka dengan buku Joe: The Atractor Factor. Sang Dokter bilang bahwa getaran buku Joe itu akan terus meningkat. Orang akan senang membacanya.

Lalu Joe bertanya, “Bagaimana dengan penjualan buku saya diluar sana, apakah akan meningkat juga?”

“Buku-buku itu tidak berada di luar sana.” dokter Hew menjelaskan. Sekali lagi dia berhasil melambungkan pikiran Joe dengan petuahnya, “They are still in you.” Buku-buku itu masih berada di dalam dirimu, kata dokter Hew Len dengan jujur dan tulus.

Dan benar, dalam waktu singkat buku itu laris keras di pasaran karena Joe memang menulis buku itu dengan segenap jiwa dan sepenuh CINTA.

Dari percakapan dengan dokter Hew Len, Joe mengatakan,

“Bahwa untuk memperbaiki apapun dalam hidup kita termasuk memperbaiki dunia, maka hanya ada satu tempat untuk dilihat: yaitu diri kita….” tegasnya.

“Ketika anda melihatnya, maka lihatlah dengan CINTA.” Lanjutnya.

Demikian kisah inspirasi dari buku gratis yang diberikan Joe untuk saya, The Atractor Factor. Kesan setelah membacanya sungguh mendalam dan dahsyat. Kata-kata dan kisahnya begitu menginspirasi.

Dan saya pun membawa pesan utama dari cerita diatas kedalam dunia penulisan yang saya geluti. Bahwa saya harus memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu sebelum ingin merubah dunia dengan tulisan. Saya harus mencintai diri sendiri sebelum dicintai orang lain. Saya harus membersihkan niat negatif ketika menulis. Saya harus jujur dalam menulis dan tidak melanggar kode etik penulisan seperti tidak mengutip pendapat orang dengan jujur.

Jika anda ingin memperbaiki dunia anda, maka anda harus mencintai diri anda, anda harus memperbaiki diri anda. Jika anda ingin menyembuhkan orang lain maka ada harus menyembuhkan diri anda dulu dari pikiran dan niat kotor.

Jika anda ingin menarik banyak keuntungan dari menulis ke dalam hidup anda, baik keuntungan materi maupun maknawi, maka anda harus mengalamatkan isu itu kedalam diri anda dulu.

Ketika anda hendak menerbitkan sebuah artikel atau buku, tanyakan diri anda:

  • Apakah isi tulisan ini benar-benar dari hati saya? Atau,
  • Apakah tulisan ini berasal dari pengalaman saya? Atau,
  • Apakah tulisan ini sudah mengandung pengetahuan yang bermanfaat? Atau,
  • Apakah bahasanya mudah dipahami? Atau,
  • Apakah tulisan saya ini dapat menggugah saya untuk memperbaiki diri?

Dan itulah salah satu awal untuk mengetahui cara menulis buku yang baik dan benar.

Bila tulisan anda terasa manfaatnya buat anda, maka secara pasti akan bermanfaat juga bagi sebagian orang atau bahkan banyak orang diluar sana. Namun bila anda merasa kurang yakin dengan tulisan anda, bagaimana orang lain akan tergugah atau mendapatkan pengetahuan dari sana.

Hal ini juga berlaku seperti anda membaca buku bagus atau buku best seller, anda merasa tulisan itu menarik perhatian pikiran dan perasaan anda. Ini mungkin disebabkan oleh penulisannya yang benar-benar lahir dari ketulusan penulisnya untuk berbagi yang terbaik dari dirinya.

Ketika anda menulis dengan CINTA dari hati yang paling dalam, maka akan ada banyak orang akan mendapatkan pengetahuan darinya. Atau akan ada banyak orang yang akan berubah dan memperbaiki dirinya. Dan semakin banyak pula orang yang ingin memiliki buku anda tentunya.

Bonus buku The Atractor Factor yang telah Joe Vitale berikan untuk saya telah melejitkan diri saya untuk selalu memperbaiki diri sebelum memperbaiki orang lain. Ia telah memotivasi saya untuk terus menulis dengan baik dan menjadi penulis hebat. Terima kasih Joe.

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara Menulis Buku and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

87 Responses to Bagaimana Cara Menjadi Penulis Hebat? Baca Sekarang Kalau Tidak Mau Rugi!

  1. mas awan says:

    kisah ini telah menyadarkan diriku utk berkarya dgn penuh cinta, trim’s

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama sama mas awan…. trima kasih telah berkunjung.

  2. rosalia rentor says:

    Aku ingin menjadi penulis

    • caramenulisbuku453 says:

      ayo semangat…..

  3. iis ismatus solihah says:

    terimakasih masukannya, mungkin dgn m0dal cinta terhadap dri sendiri yg suka menulis…
    walaupun saya menulis karya dalam buku tulis(karena tdk punya komputer)
    sem0ga suatu hari saya bisa melahirkan buku yg bermanfaat :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Amiin…. tetap semangat iis ismatus solihah

  4. Rona Binham says:

    Salam

    Sharing yang luar biasa
    Penulis hebat itu adalah penulis yang menulis dengan passion. Ia tidak hanya menulis tapi dia menyajikan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Selain itu ia juga sangat produktif dalam menulis. Dan menurut saya penulis hebat tidak diukur dari jumlah buku, atau karya best seller yang sudah ia buat, melainkan diukur sampai di mana ia mampu melayani pembacanya dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

    Dan menurut saya mbak Agusmita juga penulis hebat, itu terbukti dari sajian hangat yang bermanfaat dari blog ini

    Salam kenal
    Rona Binham

    • caramenulisbuku453 says:

      terima kasih telah berkunjung pak Rona. semoga blog anda juga sukses selalu dan meinspirasi banyak orang

  5. dessie says:

    Subhanallah… Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Terimakasih atas tulisan ini :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Kebetulan saya menerima komentar mba Dessie pada hari pertama Ramadan… Tasbih dan zikirnya membuat saya ingin terus berkarya dengan kualitas tinggi. Terima kasih telah mampir

  6. luar biasa sharingnya, semoga saya suatu saat bisa seperti mbak Agusmita.

  7. Susan Claudia says:

    Saya juga mau jadi penulis ah walaupun baru smp 1 .. saya akan berusaha

  8. izzi says:

    benar.benar menginspirasi saya
    lebih bersemangat untk menjadi penulis walau bru pRoses belajar. .

    thank u so much. .:-)

  9. Margiati says:

    Setelah membaca tulisan di atas saya semakin ingin sekali menulis tentang pengalaman-pengalaman saya dengan harapan semoga bermanfaat bagi orang lain dan jangan sampai mengalami pengalaman buruk seperti saya, semoga terlaksana, terima kasih banyak

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama-sama Margiati, terima kasih telah berkunjung. Selamat menulis

  10. renaldi says:

    kiat2 untuk menjadi penulis ulung, hebat dll. Kiatnya sangat bgus dan mengispirasi, terimakasih atas kiatnya dan mohon izin untuk mengutip sbagian artikel untuk saya share di blog saya. Trims~

    • caramenulisbuku453 says:

      oke silakan dikutip… jangan lupa cantumkan link ke blog ini ya

  11. izardi says:

    saya ingin jadi penulis tapi nggak tau apa yang ingin saya tulis… :(

  12. puji ayu shdlichah says:

    trimakasih buat mb margiati untuk tips nya….. saya yakin bahwa saya bisa………………………………………………………………………………………

    • caramenulisbuku453 says:

      Saya mbak mita bukan mbak Margiati lho…

  13. puji ayu shdlichah says:

    saya yakin saya bisa

    • caramenulisbuku453 says:

      Teta semangat Puji. Semoga anda menjadi penulis hebat

  14. kasturi says:

    aku akan menitikan noda untuk menulis sejarah dalam hidup

  15. alin says:

    Sungguh luar biasa , terima kasih tulisan ny , benar2 membuat saya sadar betapa besar kekuatan cinta , dan rasa ingin memperbaiki diri muncul , terima kasih mbak , mohon tulisan baru , cara memulai awal kita menuls , saya bisa menulis , tp bingung tema yg akan sy tulis , terkadang bercampur campur , mohon shering ny mbak. Tks

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih Alin telah berkunjung. Semoga anda bisa menulis dengan cinta. Dan saya usahakan nulis permintaan anda… bila saya punya kesepatan, insyaAlloh

  16. Subhanallah..sungguh sangat menginspirasi sekali..terimakasih atas postingannya mba…

    mohon sarannya mba ,saya mau menulisbuku tentang bagaimana berbahagia dengan cinta, menurut mba tema apa yang tepat untuk judul buku yang mau saya tulis, ?….mohon sarannya juga buat sahabat yang mampir di sini. terima kasih

    • caramenulisbuku453 says:

      Menulis buku itu tergantung pada minat atau wilayah yang kita kuasai. Saran saya, cari dan temukan minat anda. dan tulisalah tentang itu. InsyaAlloh anda akan lebih gampang merangkai kata.

  17. nyimak gan, lagi belajar pengin jadi penulis yang baik. makasih informasinya

  18. Fajar Lase says:

    Sungguh ini membuat saya termotivasi untuk mengasah bakat.

  19. andik awans says:

    Tak ada hal indah yang lebih indah diatas kata hati ! :) ya,saya muarakan anda sebuah kata “terimakasih” atas ketikan demi ketikan kata hati anda didalam blog ini. Lebih dari itu,ini menggugah gairah saya utk lebih menggebu dlm mencoretkan pena di kertas kosong milikku ! sangat bermanfaat sekali ! Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan.(An-Naba’:31)

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Andik. Semoga kertas kosong anda penuh menjadi sebuah buku. Salam kemenangan!

  20. latifahamsar says:

    Terimakasih, sangat bermanfaat.
    Semoga, mulai sekarang, bisa menulis dengan penuh cinta. :)

  21. Saya telah nulis buku tentang elektronik arsip, alhamdulillah ketolak penerbit dengan alasan pangsa pasar yang sedikit. Ketika saya nulis itu, berharap bermanfaat untuk orang lain. Tapi, dengan ditolak, jadi bingung karena penerbit menilaininya berdasarkan pangsa pasar, padahal isi buku itu saya tulis berdasarkan kemampuan akan bidang saya. Bagaimana menurut Bapak dengan keadaan seperti ini?terima kasih

    • caramenulisbuku453 says:

      Usul saya diterbitkan sendiri. Ada dua pilihan: 1) Jadikan ebook trus anda pasarkan lewat blog anda itu. 2) Self Publishing (penerbitan secara pribadi). Kalau yang satu ini udah banyak yang menyediakan layanannya di internet. SIlakan cari dengan kata: self publishing indonesia.

  22. Edi says:

    betul banget, dengan cinta kita bisa mengekspresikan yang ada dalam diri kita, keluar dari hati sampai juga ke hati

  23. Deasy Sisca says:

    Subhanalloh sangat menginspirasi. Mulai sekarang saya akan menulis dengan cinta. Smoga saya bisa menjadi penulis hebat.

  24. sussi jassy says:

    Kalo untk mempuisi gmana ya? Apa sama dgn metode menulis

  25. Guru Sukses says:

    Saya dan dosen punya proyek membuat buku , tapi bingung cara mulai menulis , trims panduannya , mudah2an malam ini sudah punya kekuatan untuk memulai.i

    • caramenulisbuku453 says:

      Semoga proyeknya lancar ya Guru Sukses

  26. Tulisan yang sangat inspiratif. Saya sudah banyak belajar dan mencari ilmu tentang cara menulis yang baik. Tapi anda orang pertama yang menyarankan pembaca untuk menulis dengan cinta. Hebat!

  27. Rasna SP says:

    Cinta memang mempunyai kekuatan yang maha dahsyat. thank tipsnya Uni Mita

  28. freddy Tokan says:

    Tulisan ini sangat luar biasa, menjadi inspirasi saya untuk dapat menjadi penulis buku.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih sudah berkunjung freddy Tokan. Semoga Anda bisa menjadi penulis luar biasa…

  29. Yoseph Agung Prayitno says:

    Puji Tuhan,
    Setelah membaca artikel-artikel dari Mbak Agusmita, saya tergugah untuk memulai belajar menulis mulai saat ini, walau ditengah kesibukan yang saya hadapi.
    Saya ingin menjadi penulis yang baik dan berhasil, khususnya tulisan bidang traveling yang memang saya senangi. Mudah-mudahan impian saya yang lama terpendam bisa bangkit kembali seiring dengan motivasi yang Mbak Agusmita sharingkan pada kami.
    Thanks Mbak Mita,
    yoseph.

  30. adimudi says:

    TULISAN YANG SANGAT BAGUS. SEMOGA TERUS BISA BERKARYA DENGAN TULISAN BAGUS TERSEBUT

  31. Amel says:

    Subhanallah luar biasa…
    sy saat ini sedang menulis skripsi, dan saya menginginkan agar bias berkembang menjadi sebuah buku yang bermanfaat…
    amin

    • caramenulisbuku453 says:

      Amin. Semoga Anda bisa menyelesaikan skripsi anda dengan baik. Kemudian menjadikannya buku.

  32. Alhamdulillah menambah wawasan saya… Terima kasih untuk artikelnya :)

  33. putri melati says:

    subahanallah… saya ingin sekali seperti anda..
    saya sangat sangat ingin menjadi seorang penulis yang sangat hebat+tidak sombong 😀

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung, Putri.

  34. hariati simbolon says:

    Ini luar biasa. Dengan cinta,,
    Kata yg sederhana namun menghasilakn 1000 bahkan lebih kebaikan. Salam kenal dari saya mbak. Bolehkah saya meminta alamat emailbanda yg masih akrif? :) trimakasih

  35. dafa says:

    Semoga bisa menjadi petunjuk yang baik bagi saya.Trims atas pengetahuannya.

  36. said says:

    Mantap. Trimaksh sharingnya.

  37. adi Baoedikoro says:

    Tulisan yang sangat bermanfaat, tulisan yang mengandung banyak ilmu yang bermanfaat dan sangat memotivasi agar seorang penulis haruslah menulis dengan hati. Ungkapan lah setiap rasa cinta dalam hatimu melalui setiap kata-kata yang anda tulis, karena akan lebih bermakna dan pesan yang anda sampaikan dalam tulisan tersebut akan lebih mudah di terima pembaca. Itulah kurang lebih saya mengerti dari tulisan mbak.
    Terima kasih itu sangat bermanfaat dan bermakna

  38. Herlina says:

    bagaimana mba caranya menjadi penulis yaa
    saya ingin menjadi penulis tapi belum ada yg bisa mengarahkan

  39. ihzan says:

    thanks atas share ilmunya,saya semakin semangat untuk mulai menulis.

  40. denta pradana says:

    trims atas pengalaman yang anda curahkan dalam tulisan anda itu yang membuat saya terinspirasi karna saya sangat ingin menjadi penulis seperti anda

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Denta. Semoga anda menjadi penulis hebat

  41. Masboy says:

    kalau boleh tahu, buku best seller, kriterianya apa, apakah buku itu harus fiksi? kalau best seller buku non-fiksi sperti karya ilmiah bisa tidak???

    • caramenulisbuku453 says:

      Best seller! Biasanya seputar C2US: Cinta, Cantik, Uang, Spiritual

  42. fitria says:

    Assalamualaikum …

    Artikel ini sangat bermanfaat. Terima kasih udh membuat artikel ini, menjadikan saya semangat lagi dalam mewujudkan impian menjadi penulis. Beberapa hari ini saya mengalami writer’s block, membuat saya sulit untuk meneruskan novel saya, mungkin karna saya tidak menulis dengan sepenuh cinta.
    Terima kasih :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Cinta itu selalu mengitari anda dan ia akan selalu siap mampir bila Fitria mengundangnya datang :)

  43. Karlian says:

    Mba Agusmita,

    Salam kenal ya. Love the way you’re writting. Sangat menyentuh banget sampe berkaca2 bacanya. Terimakasih telah berbagi ilmunya. Semoga mba Agusmita sukses selalu. Aku juga pengen jadi penulis yg seperti mba Mita bilang di atas.
    Terimakasih sekali lagi ya mba Mita untuk ilmunya :)
    I really appreciatr it :)

    Best Regards,
    karlina Widayani

    • caramenulisbuku453 says:

      Ohw Karlina, terima kasih telah mampir. Semoga doa anda untuk saya juga mampir ke diri anda :)

  44. Bung rian says:

    Informasi yang sangat bermanfaat
    Yang menguatkan impian saya untuk menulis dengan hati…
    Trimakasih dan salam sukses

    • caramenulisbuku453 says:

      Salam sukses juga Rian :)

  45. retno says:

    seneng deh nemu tulisan mbak, saya ini hobi banget nulis mbak cuman ya nggak pernah berani memunculkan tulisan tersebut cuma disimpen aja di laptop . thanks atas infonya, membuat saya ingin makin sering nulis.

  46. titopratama says:

    thanks buat infonya., sangat membantu untuk pembelajaran awal

  47. Helfried Lombo says:

    Tulisan yg luar biasa. Menjadi bahan renungan diri yg paling bermanfaat. merubah diri sendiri sebelum mengubah orang lain. Bagai mobil tangki air, yg harus mengisi tangkinya sebelum menyalurkan air untuk orang lain.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sebuah perumpamaan yang bagus, “agai mobil tangki air, yg harus mengisi tangkinya sebelum menyalurkan air untuk orang lain”. Terima kasih telah berbgi Helfried :)

  48. Gereggi says:

    Sangat menginspirasi sekali.. Saya juga sangat ingin menjadi seorang penulis handal..

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Gereggi, semoga ilmu SEO anda membuat tulisan hebat anda bermanfaat!

  49. Luar biasa, benar-benar luar biasa!
    Menulis dengan penuh cinta, memperbaiki diri sebelum memperbaiki orang lain. Percaya pada apa yang di tulis, maka pembaca akan senang ketika membacanya.

    Terimakasih, benar-benar bermanfaat. Ga tahu kenapa setelah baca kisah dokter tersebut, jadi deg-degan sendiri. Hihihi makasih ya, jadi termotivasi 😀

  50. aditya says:

    Artikel yang bagus, kunci dari perubahan adalah kita harus bisa melihat ke dalam diri sendiri terlebuh dahulu. Salam sukses selalu

  51. wuri marsela says:

    Postingan ini sangat bermanfaat dan menyadarkan diri saya. Sayang sangat ingin menjadi penulis

  52. ardiansyah says:

    Alhamdulillah tulisannya bermanfaat. Mba sy ingin skali menjadi s’orang penulis. Tapi sy dilema dgn mempublikasikannya nnt, dan apakah sy bisa mengumpulkan rezeki dgn menulis ? Mohon sarannya ya mba. Makasih.?

  53. eza says:

    GW pasti jadi penulis terbaik tahun 2020.
    doain gw y,..
    buat mbak baik,.jangan bosen ya posting yg bermanfaat bwat gw,.
    GW sayang kalian PARA PENULIS

  54. Novi Ashari says:

    aku minta contact person si pembuat blog ini, boleh?

  55. Aven Arson says:

    good

  56. muliadi says:

    saya sangat ingin mengembangkan hobi saya menulis yang sekarang belum pernah terwujud

  57. syahrul gunawan says:

    postingannya sangat bermanfaat bagi saya mbak, smoga saya bisa menjadi penulis yg baik. amiin 😃

  58. inna says:

    kak aku ingin jadi penulis buku.. minta tipsnya yah. ada pin bb nya gak??

  59. kurapikasoka says:

    Senang membaca tulisan ini, sangat menginspirasi. terima kasih bu

  60. Dwijar says:

    Saya banyak baca artikel tentang bagaimana cara menulis. Konten nya beragam, dari berbagai teori menulis dan motivasi seperti tulisan mbak diatas. Kadang saya merasa kebingungan dengan semua itu dan harus mulai dari mana.. Sekalian curhat deh

  61. Erzap says:

    Kak artiel nya sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali..
    kak kalau boleh.. saya boleh minta contact person kakak atau pin BB buat sekedar sharing pengalaman kakak dan saya mau tau banyak mengenai cara menulis yang baik kak.. Terimakasih sebelumnya kak

  62. Mona Murnita says:

    Tulisan yang menginspirasi. Semoga saya dan penulis lain, menulis dengan cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*