Satu-satunya Cara Mengetahui Apakah Pembaca Meminati Buku Anda atau Tidak

“Apakah tulisan saya sudah baik?”

“Apakah tema dan isinya akan menarik minat beli?”

“Apakah buku saya akan terjual?”

“Bagaimana jika hanya saya yang menyukainya?”

“Apakah orang benar-benar akan berpikir dan berkata, ‘Ya, aku akan beli bukunya?’”

“Atau akankah terjadi kegagalan total?”

Anda mungkin telah menulis selama hampir satu tahun…  Anda telah melewatinya dengan langkah yang serius dan disiplin. Anda juga telah melibatkan orang lain. Anda menyewa editor. Anda Menyewa Cover Desainer. Anda juga telah meminta tanggapan dan masukan sekelompok teman dan juga telah memperbaiki tulisan anda atas masukan mereka.

Tapi anda masih khawatir… “Bagaimana jika buku saya tidak laku-laku?”

“Atau bagaimana jika yang terjual Cuma sedikit, kurang dari 100 buku?!”

Itulah yang membuat kita sering khawatir. Anda mencoba untuk mengantisipasi itu dengan membeli semua panduan cara menulis buku yang best seller. Kalau perlu anda ikut kursus atau training menulis buku best seller. Anda membayar editor untuk memeriksa ejaan, format, desain, dan tata letak buku anda….

Anda begitu takut.

Tapi… saya kasih tahu satu hal…. tidak ada yang akan memberi tahu apakah buku Anda akan diminati banyak orang atau tidak.

Karena… satu-satunya cara untuk mengetahui apakah orang menginginkan buku Anda adalah dengan: MENERBITKAN BUKU ANDA.

Ya, tidak ada cara lain selain itu. Anda harus menerbitkan buku anda. Dan untuk menuju kesana Anda harus bekerja keras dan tahu ilmunya.

Dan ingat bahwa tidak semua buku yang kita terbitkan akan laku keras di pasaran. Pertama mungkin buku anda hanya laku 100 eksemplar. Tapi anda harus senang dan tenang… Itu adalah harga yang layak dari pada tidak terbit sama sekali.

Dan rata-rata penulis best seller juga pernah mengalaminya. Buku pertama, kedua dan ketiga kurang laris… tapi setelahnya meraka belajar dan memperbaiki kualitas… dan sejak itu, buku-buku mereka yang berikutnya mengalami peningkatan penjualan… walaupun tidak semuanya sampai jadi buku best seller tapi satu, dua, tiga buku lumayan laris di pasaran dan mengalami cetak ulang tiap beberapa bulan ….

Apakah Anda siap untuk menerbitkan tulisan Anda? Apakah Anda Merasa sedikit ragu untuk menerbitkan buku anda? Apakah Anda butuh bimbingan menulis dan menerbitkan buku Anda dengan mudah? Mari berbagi dengan saya di kolom komentar.

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Cara Menerbitkan Buku, Cara Menulis Buku and tagged . Bookmark the permalink.

18 Responses to Satu-satunya Cara Mengetahui Apakah Pembaca Meminati Buku Anda atau Tidak

  1. putri says:

    saya ingin sekali bisa menerbitkan tulisan saya,
    saya sudah sejak kecil mempunyai hobi menulis, tetapi saya masih ragu, karena saya tidak yakin apakah tulisan saya sudah benar (rangkaian kalimat2nya)

    • caramenulisbuku453 says:

      Sepertinya Putri perlu membuat blog, menulis disana dan berbagi dengan dunia… biar tulisannya bisa dikomentari banyak orang. Makin banyak komentar positif berarti makin berkualitaslah tulisan kita… namun bila komentarnya negatif… berarti kita harus banyak belajar lagi…

  2. Kang ebest says:

    saya dulu pernah ikut training menulis, sangat semangat sekali, setelah itu down hingga sekarang, dan akhirnya mendapatkan artikel dari blog mba mita, saya terangsang lagi untuk melanjutkan apa yang saya mulai, saya mohon bimbingan dan panduan. intinya apa yang ada di kepala saya ingin saya sampaikan sepenuhnya untuk berbagi, karena insyaALLAH jika memang bisa di sampaikan kepublik sangat banyak manfaatnya apalagi menyangkut dunia dan akhirat. mohon bimbingannya. salam

  3. sussi jassy says:

    cara mencetak nya hruz gmana ya,takut kdang susunan kalimatnya gak benar

  4. eddy budianto says:

    mohon saran bagaimana caranya agar penerbit bersedia menerbitkan tulisan kita ? terima kasih.

    • caramenulisbuku453 says:

      Cara agar penerbit mau menerbitkan tulisan kita adalah: Kita harus menulis dengan berkualitas

  5. Nova says:

    Assalamualaikum :
    dulu saya suka dan senang sekali kalo menulis .bawaanya pengen nulis mulu, hingga saya pernah jatuh bangun saat saya menyodorkan pada suatu fanspage .agar di sebarluaskankan lewat fanspage itu, namun tidak sedikit yang menolak cerpen saya ,namun ada beberapa yang mau masih menrima meski tidak banyak yang merespos hasil karya saya .
    ..
    Namun sekarang saya down dengan karya terakhir saya menulis kemaren .rencana ingin menulis novel namun berhenti ditengah jalan .. Yah seperti yang embak terangkan saya takut entar enggak ada yang mau nerbitin atau gimanalah ..Mohon inspirasinya yha mbk Trimakasih Wassalam

    • caramenulisbuku453 says:

      Anda butuh ini: komunitas menulis; atau teman seperjuangan yang suka menulis; atau guru menulis; atau ikut pelatihan dan kursus menulis 🙂

  6. saya sedang mencoba untuk menulis sebuah cerita
    dan sudah di share di blog … tapi tidak ada yang mengomentari cerita saya… saya masih pemula dan sangat membutuhkan kritik dan saran dari mereka…
    apa yang harus saya lakukan?…
    terimakasih… 😀

    • Nasich Web says:

      mohon maaf mbak, ijinkan saya membalas komentar ini.

      Dalam dunia blogging, kalau sudah membuat tulisan yang berkulitas dan ingin mendapat tanggapan banyak orang, kuasai teknik seo.
      Belum tau apa itu seo? Silahkan browsing, banyak kok yang share seputar seo.

      • caramenulisbuku453 says:

        Terima kasih, Nasich. Blog ini adalah contohnnya. Sudah menerapkan SEO. KUALITAS tulisan yang bagus menjadikan blog inih PR 1 dan menempati no 1 google untuk pencarian lebih dari 100 keyword tentang menulis. Salam sukses SEO-ers Indonesia!!!

  7. nur azizah says:

    Nur azizah

    assalamu’laikum wr.wb.
    mbak saya ingin bertanya, dari mulai kapan mbak bisa membuat buku dan merintis usaha mbak?

    • caramenulisbuku453 says:

      Waalaikum salam Nur. Saya baru mulai setelah jadi sarjana 🙂

      • Anggi Ahmad says:

        Oh jadi kita harus tau Seo dlu spya apa yg kita publikasikan di blog bisa dilihat oleh banyak pengujung..

        • caramenulisbuku453 says:

          Tidak harus juga. SEO itu hanya salah satu cara. Lewat FB dan twiter juga bisa mendatangkan kunjungan ke blog 🙂

  8. ngatini says:

    makasih banyak tulisan panjenengan sangat membantu dan menambah pegetahuan bagi saya.

  9. baban sahibi says:

    Dear Ibu Mita

    Sy tertarik untuk menulis dan sudah mencoba menulis dalan catatn sy tetapi ketika sy tuliskan malah tulisannya jadi ga beraturan solah semua gagasan ingin sy tuliskan tetapi tidak tau urutannya bagimana, tolong kasih sy saran bu bagaiman seharusnya saya.

    Terima kasih
    Baban

  10. iyun bing slamet says:

    Buk saya ingin sekali menulis novel & yg ingin saya tulis udh tergambar di pikiran saya.saya bingung harus mulai darmna &tentunya bagaimna caranya agar di sukai orang banyak novelku ini.dan tentu saja saya belom mempunyai pengalaman tuk menulis saya ingin menulis novel tentang petualangan .sya ingin memberi judul RUSIA HISTORyKU,INDONESIA ISLAMICKU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*