Dua Kata Sederhana Yang Akan Membuat Keterampilan Menulis Anda Berkembang Pesat

Mungkin kita seringkali kagum pada keterampilan menulis seseorang yang semakin baik setiap hari sedangkan kemampuan kita masih jalan ditempat. Mungkin juga kita sering merasa iri pada penulis lain yang telah mampu menulis dengan lancar sedangkan kita menyusun paragraf menjadi bab saja sulitnya minta ampun.

Atau mungkin juga kita sering merasa terpesona membaca buku orang lain sedangkan buku kita belum rampung juga ditulis. Lalu kita bertanya, bagaimana, sih, cara menjadi penulis seperti mereka?

Jawabannya ada pada dua kata sederhana yang memiliki pengaruh besar ini: practice (latihan) yang massive (banyak). Mari saya tunjukkan sebuah contoh perbandingan.

Mengapa seorang bocah umur lima tahun di Amerika sana sangat lancar berbahasa inggris, padahal mereka tidak pernah belajar bahasa inggris di sekolah? Dan mengapa pula kita orang Indonesia, setelah  belajar bahasa inggris bertahun-tahun di kelas, masih banyak yang tidak bisa berbahasa inggris?

Dan lebih parahnya lagi, ternyata kita sering diajarkan oleh orang yang belum tentu juga menguasai bahasa inggris (walau sering mengaku sarjana bahasa inggris! Maaf numpang nyindir… he.. he…)

Contoh ini sama dengan perbandingan kita dan penulis sukses itu. Mengapa kita sering sekali merasa sulit menciptakan tulisan yang baik dan menarik? Dan mengapa pula penulis hebat itu sangat lihai menciptakan tulisan yang baik, menarik dan bahkan menggugah?

Jawabannya karena kita jarang sekali latihan menulis atau bahkan sering sekali merasa malas untuk melakukannya. Sedangkan penulis yang telah sukses itu telah menulis banyak hal dalam waktu yang lama. Mereka telah memutuskan untuk menulis setiap hari walaupun hanya beberapa menit. Mereka telah mengorbankan waktu dan tenaga mereka untuk sesuatu yang mereka impikan sehingga mereka telah menjadi diri mereka yang sekarang. Hebat!

Felix Siauw (Seorang Best Spiritual Motivator, Asli Palembang) dalam satu buku best sellernya, How To Master Your Habits, menuliskan,

“Bila seseorang banyak melatih dan mengulang, terpaksa ataupun sukarela, dia pasti akan menguasai keahlian tertentu. Inilah namanya pembentukan kebiasaan alias habits.”

Benar sekali Bang Felix, saya setuju bangets, keren. Bila kita banyak (massive) melatih (practice) minat kita maka dalam keadaan terpaksa ataupun sukarela, pasti kita bakal menguasainya.

Apa yang ditulis Bang Felix ternyata sama dengan apa yang ditulis oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers.

“Bahwa penguasaan dalam suatu bidang tertentu merupakan kunci utama dari kesuksesan, dan penguasaan tersebut hanya bisa diperoleh oleh seseorang jika telah melakukan latihan minimal 10.000 jam.”

Ya, kita akan menguasai keahlian apapun yang kita minati setelah kita berlatih selama 10 ribu jam. Kalau dihitung-hitung, 10 ribu jam itu lebih kurang sama dengan satu tahun tiga bulan atau sekitar 15 bulan (24 jam x 450 hari = 10.800 jam). Tapi karena kita tidak mungkin full menulis 24 jam sehari, maka untuk menjadi ahli dalam waktu 15 bulan rasanya super berat.

Idealnya, sih, seseorang akan mencapai 10 ribu jam dan menjadi ahli menulis setelah berlatih 10 tahun. Itupun kalau dia rutin menulis 3 jam sehari. Perhitungannya begini (wah, jadi seperti belajar matematika ya): bila setahun kita menghabiskan waktu menulis 1.080 jam (3 jam x 360 hari = 1.080 jam). Maka untuk menggapai angka 1o ribu jam kita harus mengalikannya sepuluh. Jumlah jam dalam setahun, 1.080 jam dikali 10 tahun, hasilnya sama dengan 10.800 jam. Yap, kurang lebih begitu hitung-hitungannya.

Apakah ini adalah waktu yang sangat lama?

Yap, masalah lama atau sebentar tergantung kita menjalaninya dengan santai-mengalir. Tidak usah tegang, alami saja sembari mengerjakan aktifitas lain. Ambil cara mudahnya saja, jalan santai saja. Jangan lari sprint, nanti cepat bosan dan cepat patah arang :)

Jadi bila kita ingin ahli melakukan suatu hal, dalam hal ini menulis, berarti kita harus berlatih menulis satu jam 3 setiap hari selama kurang lebih 10 tahun.

Bagaimana dengan saya?

Ketika saya telah menulis (practice) selama kurang lebih dua tahun (massive), maka saya baru bisa merasakan kemampuan dan keterampilan menulis saya bertambah bagus. Dan setelah saya menekuni dunia penulisan selam lebih dari 5 tahun, keahlian itu mulai tumbuh berkembang. Barulah setelah menulis lebih dari 10 tahun (saya mulai terjun menulis tahun 2004), saya bisa merasakan nikmatnya menulis.

Pikiran, perasaan dan tangan saya telah menyatu, ketiganya berjalan seiring seirama.  Saya bebas dari writing block. Saya bisa menulis dengan mengalir-lancar, tanpa kendala. Sama seperti saya bicara. Aktivitas menulis saya pun menjadi menyenangkan dan bergairah.  Mantap!

Jadwal menulis kita tentu tidak harus kaku. Artinya tidak harus selalu menulis 3 jam sehari, 4 jam sehari juga boleh. Atau hari ini kita menulis 4 jam, besok kita menulis 2 jam, misalnya, jug tidak apa-apa. Hari ini nulis 1 jam, besok nulis 1 jam tapi di akhir pekan kita ganti jam itu dengan menulis banyak sampai 5 jam, misalnya. Intinya kita harus komitmen dengan jadwal praktek agar kemampuan menulis kita terus terasah.

Anda pun bisa menjadi penulis hebat seperti penulis lain yang telah sukses itu, termasuk seperti saya, asal anda komitmen dengan diri anda dan harus mau latihan (practice) menulis dalam waktu yang lama (massive) dengan penuh kesungguhan.

Tidak ada yang instan dan magic disini. Anda hanya perlu menekan diri anda untuk mau menulis setiap hari walaupun beberapa menit atau beberapa jam. Atur jadwal anda untuk mengisi minggu dan bulan anda dengan menulis. Anda harus bersedia menjalani prosesnya dengan tekun. Anda harus bisa menikmati suka dukanya dengan sabar sampai tulisan anda terbit dan bisa dibaca serta dinikmati banyak orang. Apakah anda siap?

Artikel Terkait: Cara Menulis Buku Dengan Metode 2JT

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in keterampilan menulis and tagged , , . Bookmark the permalink.

104 Responses to Dua Kata Sederhana Yang Akan Membuat Keterampilan Menulis Anda Berkembang Pesat

  1. Thanks ya buat motivasinya. ini sangat memotivasi saya. dulu saya sering mempostingkan tulisan saya di blog, dalam waktu 6 bulan hanya lebih dari 1000 viewers saja. tapi saya tak yakin dengan gaya bahasa saya, jadi saya memutuskan untuk berhenti menulis sesuatu. karena ketika membaca tulisan sendiri saja, rasanya cerita saya begitu garing. sekarang usia saya sudah 17 tahun, saya memulai menuliskan sesuatu apapun yang saya sukai dan cerita nyata yang saya alami di blog pada umur 15 tahun, agar saya memiliki viewers, saya mempromosikan tulisan saya di beberapa jejaring sosial.

    sekarang saya mencoba membuat draft tulisan saya, sekarang (30 Nov 2013) sudah mendapat 1,200 kata hanya dalam 3 hari. cerita saya kali ini, diambil dari sebuah cerita cinta yang saya alami.

    ketika saya menuliskan itu, serasa tangan, fikiran, dan batin saya begitu menyatu. dengan gaya bahasa yang terbilang kelas rendahan, saya merasa sedikit puas dan mengalami perubahan begitu besar selama 2 tahun belakangan ini. entah mungkin berasal dari cerita yang saya angkat dari kisah nyata saya sendiri ?

  2. gus mun says:

    berguna tuk semangati menulis

  3. sangat berguna dan bermanfaat, membuat motivasi menulis melejit, menambah upaya agar menerbitkan buku tercapai. mumpung saya lagi belajar menyelami kata kata agar bisa menjadi tulisan bermutu lagi bermanfaat .. thanks ilmunya

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah mampir Pak Khoirudin… Semoga anda menjadi penuis hebat

  4. oliviara says:

    aku bener2 tertarik baca blog ini, nambah pengetahuan aku banget buat memperbaiki cara nulis aku :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima ksih telah mampir, Oliviara!

  5. mas aj.hamim says:

    Saya ga salah mampir di sini dan betah berlama lama, saya reguk satu demi satu untuk memenuhi dahaga ke inginan tahu saya. Artikel nya bermanfaat semua salut ….dari newbie, dan salam kenal mbak

  6. Novaldy says:

    SIAP…!

  7. latifahamsar says:

    Wah, terima kasih atas pelajarannya.
    Sangat bemanfaat, dan jika di perbolehkan, ijin re-blog. :)

    • caramenulisbuku453 says:

      sama2 Latifah… asal dicantumin link kesini ya

  8. Makasih atas pencerahannya, dengan ini dapat memberikan petunjuk untuk para pemula saat ini.

  9. makasih yha atas masukan dan saranya, Insya Allah saya akan berusaha buat kebih giat lagi dalam menulis.

  10. Bunda Naufa says:

    amazing. tulisan yang inspiring. makasih uni Mita… baca tulisan ini tambah semangat nulis. btw, pengen juga beli ebook metode 2jt nya dunk :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Bunda Naufa. Kalau mau pesan metode 2jt silakan liat halaman cara pemesanan diatas ya. atau sms saya 0852 66966 520

  11. andisinaga says:

    Melatih kesabaran untuk mendapat yg terbaik,
    Melatih diri dan terus semangat, terimakasih motivasinya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga buat Andisinaga yang udah berkunjung.

  12. Joni says:

    Benar sekali, untuk menguasai suatu keahlian dalam bidang tertentu kita memang harus fokus dan tekun.
    Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat…
    Mau nulis komentar di sini aja harus mikir lama banget saya ~~” hehe….

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Joni

  13. asry says:

    Sugguh sangat inspiratif..
    §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ juga ingin menulis,, namun setiap akan mulai §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ bingung nentuin tema yang akan dibahas,, karena §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ takut ketika §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ mengangkat sebuah tema dan §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ †ĭϑά̲̣̣̣k menguasainya. Karena §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ merasa †ĭϑά̲̣̣̣k ada sesuatu Чªήб betul2 §ɑ̤̥̈̊Ɣ̶ɑ̤̥̈̊ kuasai.

  14. agung susilo says:

    Sangat berguna sekali mba. Saya masih belajar menulis dan sekarang baru membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Doakan gag gampang bosen, hehehe.

  15. Nasution says:

    Hebatnya lagi, saya langsung buka Microsoft Word 😀 . Terimakasih

  16. coko says:

    terima kasih,semoga bermanfaat blog ini

  17. saya setuju, berlatih yang banyak mampu membuat seseorang menjadi mahir. practice make perfect. Tapi selain berlatih, kita juga harus membekali diri/ mempunyai modal. Apa itu modalnya? dengan banyak membaca. Dari tulisan seseorang kita bisa melihat dia itu banyak baca atau tidak

    salam

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkomentar nangkalandak. Blog wordpress anda juga bagus tuh

  18. sahudin says:

    terima kasih bnyak..smga menjadi panduan umat. Amin!

  19. Rasna SP says:

    Saya Siap Uni. terima kasih tips nya. memang selama ini kendala saya adalah malas untuk praktek. setiap mau nulis ada saja alasannya, mau inilah mau itulah, dll

  20. Nada says:

    makasih banget atas infonya. jadi semangat nulis ^_^

  21. Punya ide penulisan, sudah kebayang banyaknya materi yang akan ditulis, bahkan sudah kebayang referensinya, tapi ketika sudah mulai ngetik, bingung mbak.. urutannya yg bikin bingung seolah semua pingin langsung ditulis aja, jadinya tulisan lari kemana mana, gimana ya.. kaya ga fokus jadinya

    • caramenulisbuku453 says:

      Sebenarnya tuisan di blog anda itu sudah bagus. Itu buktinya anda sudah bisa menulis dengan baik :)

  22. Deligia Siska says:

    sangat memotivasi.
    terima kasih
    saya sangat ingin bisa menulis dan membuat buku.

  23. nailul hudi says:

    wah bagus banget blognya, bisa memotivasi saya untuk memulai belajar menulis.

  24. muzakkir says:

    terimakasih mbak artikelnya sangat bagus, mungkin itulah penyebabnya tulisan saya engk pernah jadi-jadi karena belum memulainya, Insya Allah dengan artikel ini bisa memotivasi saya untuk menjadi penulis yang baik dan akan berlatih setiap hari untuk mewujudnya impian saya,,,

  25. Nasich Web says:

    hemm saya harus sabar menunggu waktu.
    Pantas saja tulisan saya masih berantakan, ternyata emang bener saya kurang melatih kemampuan menulis saya.
    Terimakasih ilmunya mbak

  26. Abu Fadz Abdurrahman el_lumbuky says:

    Terimakasih banyak atas motivasinya. Doakan aku ya supaya bisa jadi penulis yang baik dan mampu memberikan orang lain manfaat…

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Abu Fadz. Semoga anda menjadi penulis yang menginspirasi :)

  27. Ini sungguh pelajaran yang simple untuk mengapresiasikan ilmu ini ke karangan novelq, sebagaimana halnya kita bisa mengambil sepetik makna yang bisa kita ambil dan kemudian dibagikan….. Thank’s atas ini

  28. Lely Hermini says:

    Dengan artikel ini menjadikan saya termotivated, mudah-mudahan menjadikan awal yang baik untuk bisa menulis. Amin

    • caramenulisbuku453 says:

      Amin. tetap semangat Lely

  29. hana makmun says:

    LUAR BIASA..MANTAP

  30. fiqih says:

    Makasih pencerahanya kakak

  31. Ini bermanfaat buat ane selaku blogger baru, thanks infonya gan..

  32. Saya pemula, ingin tau cara penulisan yg baik dan benar mba.
    Setelah saya baca contoh kata” diatas , saya semangat untuk belajar, dan ingin menjadi penulis hebar seperti emba :)
    Good job

  33. Alhamdulillah saat ini saya telah menjadi seorang penulis buku komputer/internet di Elex Media Komputindo. Dan saat ini saya sedang mencari-cari ilmu bagaimana bisa menulis dengan cepat dan produktif.

    Terima kasih atas postingannya. Saya mau baca postingan yang lain sekarang :) .

    • caramenulisbuku453 says:

      Wow Anda memang keren Ricky. Masih muda udah menulis 3 buku. Hebat!!

  34. salut dengan beberapa tulisan yang saya baca diatas, alhamdulillah saya terinspirasi dengan tulisan ini,,, thank ya

    • caramenulisbuku453 says:

      Thanks juga telah berkunjung, pebisnis sewa jeep :)

  35. arman says:

    Saya sangat menyesaal waktu saya terbuag sia-sia di waktu sekolah,,,setelah saya mebaca ini saya sadar semua di mulai dari masa lalu sekarang dan ke depan

    thanks yah yg buat ini,,,

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… mungkin saya juga sama seperti anda, Arman. Saya mulai berkarya setelah saya menjadi sarjana. Tapi tidak ada kata telat bagi orang yang menyesal, selama ajal belum mampir :)

  36. Sudah lama saya ingin sekali menulis buku, benar juga apa yang dikatakan oleh mba. Latihan menulis yang sering dan banyak.
    Terima kasih atas infonya.

    • caramenulisbuku453 says:

      Iya benar sekali Ahmad. Selain itu saya juga pakai konsep MACM-S (Mulai – Alami – Cek – Masukan – Sukses). Coba dulu (Terjun dulu); rasakan apa yang terjadi (Mengalami); cek apa yang kurang (Cek); pikirkan saran untuk antisipasi saat ingin mulai lagi. Bila belum sukses (S), ulangi lagi. (Mulai) lagi – (alami) lagi – (cek) lagi – (saran) lagi.

      Bila ternyata masih belum sukses, ULANGI LAGI sampai anda menemukan huruf es (S).

  37. edi sumarno says:

    Sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar menjadi seorang penulis
    terima kasih banyak

    • caramenulisbuku453 says:

      Blog anda juga bagus Edi. Smoga banyak klik adsensenya ya:)

  38. Riningsih says:

    Saya adalah penulis pemula mbak dan sekarang saya sedang belajar untuk menulis.
    Terima Kasih atas tipsnya dia atas, sangat bermanfaat banget :)

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Ningsih, semoga anda tetap semangat belajar nulis :)

  39. alzidny says:

    dua kata sederhana, mampu merubah dunia…

    • caramenulisbuku453 says:

      Lanjutkan perjuangan anda Alzidny. Guncangkan dunbia dngan kata2. Saya liat blog anda masih kosong :)

  40. makasih atas postingan nya bu mita aku jadi tergugah untuk menulis

  41. terima kasih banyak atas ilmunya mas. Memberikan saya motivasi untuk belajar menulis, walaupun kedepannya mungkin banyak rintangan untuk menjadi seorang penulis yang baik dan di sukai banyak orang.

    • caramenulisbuku453 says:

      Hehe saya Mbak, lho. Yap okelah, saya udah liat blog anda, goog job Khaerun. Tulisan anda orisinil :)

  42. USMAN says:

    emm mzz / mbk emm penuliss itu apa juga bisa bicara di muka umum mbk?? mungkin yha sya pribadi kan masih SMA jd belum berpengalaman bicara hanya suka menuliiss,eemm menurut mbk menulis aph membuat kita kurang bicara mbk /mz??”:) thanks

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah mampir Usman. Jawaban atas pertanyaan anda: Tergantung orangnya. Contohnya saya, saya menjadi lebih tertata dalam bicara setelah bisa menulis. Namun ada juga teman saya yang juga hobi nulis tapi kemampuan bicaranya belum kinclong. Mungkin dia memilih untuk asyik dengan dunia tulisannya sendiri :)

  43. Luar biasa….kemampuan menulis mba benar-benar layak dapat acungan 4 jempol dari saya. membaca tulisan mba seperti melecut saya untuk mulai mewujudkan mimpi saya untuk membuat satu buku yang berhubungan dengan tugas saya sebagai penyuluh perikanan. dengan berbagai alasan kesibukan, waktu belum sempat dll padahal notabene hanya satu penyebabnya yaitu “M A L A S”. Saya suka menulis tapi mungkin tulisan saya baru seujung kuku kualitasnya bila dibandingkan dengan tulisan mba yang luar biasa ini. semoga mampu belajar dari ini semua untuk bisa menuliskan dan kalau boleh mohon ijin untuk bisa belajar dan menimb ailmu dari mba….
    Terima kasih….
    Salam Semangat Menulis…..
    Wassalamualaikum wr.wb……..

    • caramenulisbuku453 says:

      MALAS = MAunya LAngsung Sukses. Obatnya kebalikan dari kata malas yaitu SALAM = SelAlu Lekas Atur Manajemen Waktu (Agak maksa dikit yang penting ngena hehehe:))

  44. madaniah says:

    Untuk pertama kalinya saya buka blog mbak mita, itupun karena browsing cara menulis makalah. Subhanallah saya sangat kagum dan merasa bisa mendapatkan ilmu yang lebih tentang menulis lewat blog ini. Terus terang, sering muncul ide dikepala saya tetapi sangat sulit untuk menuliskannya menjadi untaian kalimat. Mungkin karena berlatar belakang ilmu perhitungan membuat saya tidak terlalu sering membaca buku apalagi jika kata-katanya sudah tinggi pemahamannya. Tetapi setelah membaca sepintas tulisan mbak mita membuat saya kepengen mencoba beranikan diri untuk menulis walaupun itu sebatas makalah. Mohon bantuannya saya tertarik dengan buku 12 kesalahan fatal penulis pemula dan cara mendobraknya. Saya ingin tulisan saya nantinya tidak membosankan untuk dibaca orang lain. Saya sudah kirim email. Mohon balasannya. Terimakasih sebelumnya. Salam sukses.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Madaniah. Silakan masukkan nama dan email di bawah gambar ebooknya. Lalu klik “saya mau” Nanti secara otomatis anda bisa dapatkan ebooknya di email anda.

  45. yondri says:

    wah benar2 luar biasa. Berarti pada dasatnya semua orang bisa, asal tekun latihan yang masive

    • caramenulisbuku453 says:

      Betul sekali Yondri :)

  46. ismail marzuki says:

    saya sudah menulis namun saya tidak tahu cara mengirim ke penerbit dan apakah gratis saat ngirimke penerbit?

    • caramenulisbuku453 says:

      Ada banyak penerbit yang online, Ismail. Silakan cari saja di google: Penerbit buku

  47. zoel lubis says:

    Jika kita harus memperbaiki diri dulu, atau harus membaca dulu banyak hal tentang materi yang akan kita tulis. Kapan kita mulainya belajar menulis karena itu kan membutuhkan waktu yang panjang juga. Mohon komentarnya mbak.

    • caramenulisbuku453 says:

      Tidak ada jalan instan menuju sukses. Ia perlu usaha sungguh2 untuk menciptakan tulisan yang bergizi. Bila anda ingin tulisan anda bergizi anda harus mengonsumsi banyak bacaan. Sebab makin banyak bacaan makin mudah anda menulis :)

  48. Ade Candra says:

    Terima kasih atas Artikel Dua Kata Sederhana Yang Akan Membuat Keterampilan Menulis Anda Berkembang Pesat yang anda tulis.
    Sangat memotivasi saya untuk meningkatkan kualitas dalam menulis
    Izin share yah mba

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke asal dicantumin linknya ya :)

  49. Jay says:

    Terimakasih Mbak, artikelnya menggugah bagi penulis awam yang lagi berlatih. hehe.

  50. Umar Fadil says:

    Alhamdulillah jadi semangat nulis lagi..

  51. Artikelnya sangat bermanfaat mbak. Memang benar, untuk bisa melakukan sesuatu dalam hal apapun yang di perlukan adalah latihan yang banyak, practice and repetition.

    thanks for sharing

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Fadillah. Blog anda juga keren :)

  52. nafisa says:

    Keren sekali motivasinya, makasih kakak, sangat menggugah bagi penulis pemula

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga Nafisa udah mau berkunjung. Semoga bisa tetap semangat menulis :)

  53. Mansari says:

    Sangat luar biasa tulisannya. Dapat membakar semangat menulis bagi pemula.

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Mansari. Semoga semangat menulis anda panjang umur, tidak mudah layu :)

  54. imam says:

    Mantab Mbak… 😀
    Paksa-Terbiasa-Bisa-Luar Biasa!

  55. wahyudi says:

    menarik sekali tulisannya, saya juga kesulitasn dalam menulis ide yang ada di fikiran, dengan tulisan ini saya jadi tertantang untuk segera melakukannya. tks

  56. muh imran says:

    saya sepakat dengan bakk..! kalau mau jadi penulis harus di biasakan,
    ( tuliskan saja apa yang ada dalam fikiran jangan minder ..)
    mari belajar menulis..karena menulis sebgian dari da’wah

  57. athisa88 says:

    Salam kenal mbak..
    Membaca beberapa artikel di blog ini rasanya sangat nyaman, saya tertarik mengetahui lebih dalam teknik menulis untuk meningkatkan ketrampilan membuat artikel yang bagus,..
    Saya tidak punya metode yang baku untuk menulis artikel di blog saya, tapi setelah “tanpa sengaja” mampir di blog ini dalam pikiran saya muncul bayangan bahwa saya bisa menulis dengan mudah asal tahu caranya lalu tumbuh rasa penasaran bagaimana menulis dengan metode yang baik dan benar itu..???
    Mohon bimbingannya untuk menulis ..dan saya akan segera pesan buku ke blog ini..
    Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga semua makhluk hidup berbahagia.
    Salam.

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmmm… di dalam Video Menulis Metode2JT saya membeberkan cara cepat bisa menulis mengalir. Sya rasa cocok untuk anda:)

  58. luar biasa, suatu motivasi yang sangat membangun…saya baru seakarang tersadar setlah sekian lama tidak menyadari apa yang ingin saya lakukan. Selama ini saya hana mengikuti arus yang membawa saya kesana kemari tanpa memiliki tujuan yang jelas. Namun, sekarang saya merasa seperti memiliki semngat yang baru karena telah memiliki suatu tujuan yang ingin saya kejar.. Terima kasih untuk tulisannya, ini sangat memotivasi.

  59. Agustiawan says:

    waahhh…ini sangat mengesankan…

  60. Rasi says:

    Keren, menginspirasi calon penulis

  61. yosep says:

    sangat benar… sy ingin menulis tapi tidak belajar,,,sangat bermanfaat artikelitu…lanjut

  62. nita nadia says:

    Assalamualaikum mba sy ingin memperlihatkan tulisan tulisan saya… Yang saya tulis hampir setiap hari Tetapi Tulisan saya buka sprti Novel atau jalan cerita tapi lebih ke sudut pandang atau pemikiran saya terhadap setiap peristiwa yg terjadi dalam diri saya maupun lingkungan,Apakah Tulisan sy bs di kembangkan atau memungkinkan bs diterbitkan… Jika berkenan boleh saya share Tulisan saya ke alamat Email mba agar saya bs tau apakah tulisan saya baik atau tdk ,Mohon Responnya Trims …..

  63. OOhhhh…..
    Untung saja aku mampir ke web ini.
    Thank U Admind 😀

  64. aditya says:

    saya siapmenulis secara masif dan banyak. saya mau tulisan saya nanti dibaca banyak orang:-)

  65. Makasih mbak infonya bagus sekali semoga bisa kuikuti..

  66. hyden says:

    Kalau utk mencapai angka 10000 jam agar bisa menjadi ahli dalam menulis memang membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga. Jika melihat 10000 jam memang terlihat sulit di capai namun jika bisa mencicil setiap hari maka akan terasa lebih ringan. Tapi sebagai manusia memang harus sadar bahwa utk menjadi seorang ahli dalam menulis perlu banyak belajar dan banyak berlatih. Untung saja masih 10 ribu jam jadi masih sangat mungkin bisa di capai. Coba kalau 100 ribu jam nggk mungkin di capai.
    Terima kasih

  67. musmulyadi says:

    profesi saya seorang polri..tapi saya kepingin bercita-cita menjadi seorang penulis…hal itu membuat saya ragu karena sampai saat ini karena tidak adanya penutun bagi saya bagai mana cara menulis yang baik..tks blog ini telah memberi inspirasi buat saya..

  68. Rizka` says:

    jazakallah khairan katsiran

    terimaksih bu Agusmita, atas tulisannya yang bermanfaat dan menambah Ilmu yang sedang saya cari, terlebih lagi tugas yang sedang di amanahi kepada saya yaitu mungkin menjadi buku perdana saya, banyak sekali refrensi dari situs ini, semoga segala tulisan yang tertuang di situs ini menjadikan amal jariyah yang tidak pernah terputus.

    • caramenulisbuku453 says:

      Amin :) terima kasih sudah berkunjung Rizka

  69. kurapikasoka says:

    saya masih belajar menulis. tulisan dari ibu sangat menginspirasi. terima kasih atas ilmu dan pengalamannya yang terus dibagi. kalau berkenan silakan kunjungi blog saya. terima kasih

  70. kurapikasoka says:

    terima kasih untuk ilmunya yang bermanfaat. salam.

  71. Arsyi says:

    Terakasi atas motifasinya di atas,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*