Cara Membuat Makalah

Sebenarnya ada banyak macam makalah, ada makalah penelitian ilmiah, makalah kerja, makalah analisis, makalah kajian, makalah posisi dan makalah tanggapan. Kali ini saya hanya membahas tentang cara membuat makalah tanggapan saja.

Mengapa makalah tanggapan?

Alasan Pertama,

Jenis makalah tanggapan inilah yang sebenarnya sering dicari oleh siswa/ mahasiswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian saya di google keyword planner. Banyak sekali yang mencari tentang masalah ini di internet. Pencarian untuk kata kunci: cara membuat makalah, rata-rata sebanyak 8.100 pencarian dalam sebulan. Berikut hasil screen shoot-nya:

Cara Membuat Makalah

Hasil penlitian jumlah pencarian di google tentang cara membuat makalah

Saya menduga, sebagian besar pencari informasi tentang ini adalah siswa dan mahasiswa karena merekalah yang sering diberikan tugas oleh guru/ dosen mereka.

Alasan Kedua,

Saya ingin meluruskan persepsi siswa/ mahasiswa tentang tugas makalah yang diberikan guru/ dosen kepada mereka. Saya sering melihat mahasiswa saya banyak sekali yang bingung. Ketika saya menugaskan mereka membuat makalah, mereka seolah terlihat kesulitan membuatnya.

Ketika mereka pergi ke internet mencari di google tentang “cara membuat makalah”, ternyata info yang mereka temukan itu kebanyakan membebani mereka. Beban itu berkaitan dengan istilah “ilmiah” yang sering dilekatkan pada istilah makalah.

Hal ini membuat mereka panik kemudian memilih jalan pintas untuk kopipas apa adanya punya orang lain dari internet.

Padahal kegiatan ini terlarang. Dan padahal saya hanya menugaskan mereka untuk membuat makalah tanggapan. Cara membuat makalah jenis ini tidaklah sulit. Tidak sama seperti membuat makalah ilmiah atau makalah kajian yang membutuhkan penelitian mendalam dan mengembangkan teori. Makalah tanggapan itu jauh lebih sederhana.

Dari itulah, tulisan ini saya buat. Saya ingin membantu siswa/ mahasiswa membuat menyelesaikan tugas makalah mereka. Juga untuk meluruskan persepsi mereka tentang tugas membuat makalah yang sering dibebankan guru/ dosen mereka. Di halaman berikutnya saya akan memberikan sekelumit contoh makalah mahasiswa saya.

Pengertian Makalah Tanggapan

Makalah tanggapan adalah makalah yang sering dibuat siswa atau mahasiswa untuk memenuhi tugas dari guru atau dosen. Pihak guru/ dosen memberikan tugas makalah tanggapan ini biasanya untuk melihat reaksi siswa/ mahasiswa terhadap suatu bacaan atau hasil belajarnya dalam kurun waktu tertentu.

Makalah tanggapan biasanya pendek dan sederhana, jadi penulisanya tidak begitu sulit. Kalau saya, saya hanya minta mahasiswa saya menanggapi buku atau materi kuliah yang beberapa waktu sebelumnya telah mereka ikuti.

Jadi lebih tepatnya mirip seperti laporan hasil membaca atau laporan hasil belajar kepada dosen.

Baiklah, berikut ini saya akan paparkan sekelumit skematika penulisan makalah tanggapan dan secuil contoh dari makalah mahasiswa saya.

Sistematika Penulisan Makalah Tanggapan

1. Membuat Judul Makalah. Saya rasa ini adalah bagian yang paling mudah dalam membuat makalah. Buatlah judul yang pendek dan menarik untuk mewakili tema yang kita angkat dan untuk mengundang minat baca.

2. Pendahuluan Makalah. Pendahuluan berisi pemaparan masalah dan rumusan masalah. Ia juga berisi tujuan membuat makalah.

Masalah yang diangkat hendaklah spesifik alias mengkrucut. Sebab semakin mengkrucut semakain bagus membantu kita untuk mendalami suatu masalah. Sebenarnya pembahasan tema yang luas juga tidak apa hanya saja ilmu yang kita dapat tidak mendalam, kita hanya akan dapat kulit luarnya saja. Tidak ada salahnya sih, hanya tergantung tujuan kita membuat makalah.

Bila kita ingin mengetahui garis besar atau kulit luar suatu masalah, hendaklah kita mengangkat tema yang umum. Contoh tema: Asuransi Syariah Dalam Islam; Solusi Pemanasan Global; Problematika Membuat Skripsi di Kalangan Mahasiswa. Pembahasan untuk tema seperti ini juga bersifat umum, jadi agak mudah pembuatannya dan mudah referensinya.

Dan bila kita ingin menguasai suatu tema dengan mendalam, hendaklah kita mengangkat tema yang mengkrucut, spesifik. Misalnya kita ingin mengetahui tentang asuransi Islam lebih mendalam (seperti pada contoh dibawah), maka kita tulis makalah tentang pendapat ulama terhadap masalah ini dan perbedaan pendapat di kalangan mereka. Ini butuh banyak refensi.

3. Pembahasan. Pembahasan berisi penjabaran atau penguraian masalah. Kita jabarkan poin-poin maslah yang kita angkat satu per satu sampai tuntas (nanti lihat contoh dibawah).

4. Kesimpulan. Kesimpulan berisi simpulan dari isi makalah. Dan ini juga poin yang paling mudah dalam membuat makalah.

Demikian sistematika makalah tanggapan. Agar postingan cara membuat makalah ini mudah dipahami, saya tulis pendek dalam dua bagian. Sambungannya pada artikel berikut: contoh membuat makalah hasil kerja mahasiswa saya.

HADIAH untuk Anda: Ebook GRATIS 12 Kesalahan FATAL Penulis Pemula

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in Makalah and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara Membuat Makalah

  1. itraining says:

    Terimaksih buat informasinya

  2. Agustinus says:

    Wah..Bu..terimakasih banyak .. . Ini sering jadi rancu saat pemberi tugas hanya sekedar bilang ” Bikin makalah, bikin makalah” Sedangkan makalah itu ada beberapa macam.
    sangat membantu. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*