Teori Menulis Apa Yang Tepat Untuk Pemula?

Salah satu jawaban pamungkas yang saya berikan untuk penulis pemula ketika mereka menanyakan tentang teori menulis adalah: Jangan pikirkan teori dulu.

Lho, kok begitu?

Ya, seperti itulah! Menulis itu sama dengan berenang, yang penting nyebur dulu ke kolam. Masalah teori, itu belakangan. Intinya, kita harus praktek yang banyak dan sering dulu. Bila sudah praktek dan ternyata gagal, baru tanya teorinya.

Bila  sebelum menulis anda pernah mendengar atau membaca teori menulis, janganlah merasa terkungkung atau terkurung dengan teori yang pernah anda dengar dan baca itu. Kesampingkan teori itu, langsung praktek nulis.

Bila anda mengingat terus teori itu, anda akan merasa terpenjara dan tidak bebas untuk menulis, akhirnya tidak jadi nulis, deh. Anda perlu ingat, untuk menulis kita harus lepas dari kungkungan. Tuangkan dulu isi benak anda ke dalam banyak halaman, bila mentok, barulah anda tanyakan atau baca teorinya.

Teori menulis yang banyak dituliskan di banyak buku, atau yang dianjurkan dalam setiap pelatihan dan seminar menulis, baru akan anda rasakan manfaatnya hanya jika:

  • Anda sudah mulai menulis sepuluh, dua puluh lembar halaman.
  • Anda sudah mulai menulis lima puluh sampai ratusan halaman.
  • Anda sudah pernah menulis sebuah buku. Ingat: menuliskan sebuah buku, bukan menerbitkan sebuah buku.

Ketika anda sudah menulis yang banyak, maka anda akan menemukan banyak teori yang ajib bin ajaib nan mendetail dalam menulis. Namun bila anda tidak pernah menulis apapun, maka teori-teori itu tidak akan pernah berarti sedikitpun. Bila anda tidak pernah belajar menulis buku atau menulis artikel dengan rutin, maka teori menulis itu hanya akan menjadi sampah yang menumpuk di otak anda dan hanya akan mengotori bukannya mencerdaskan anda.

Intinya adalah menulis yang banyak dulu, baru lihat teori. Berlatih dulu yang banyak, baru baca teori. Dan perbaiki tulisan anda dengan teori itu. Lakukanlah dengan konsisten dan keyakinan bahwa anda bisa menjadi mahir menulis ketika anda rajin dan konsisten. Ini adalah pesan yang bagus untuk penulis pemula.

Setelah anda melakukan hal itu, setelah anda menemukan kelincahan dalam menulis. Setelah merasakan hambatan menulis semakin berkurang, maka anda akan menjumpai tulisan anda yang tidak pernah kunjung diterbitkan itu akhirnya terbit juga.

Untuk sampai kesana, anda harus menulis yang banyak dulu. Tulislah yang banyak tentang apa saja. Tidak harus sekaligus banyak. Nyicil saja. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Itu adalah pepatah kuno yang cocok untuk zaman apapun.

Bila itu sudah anda lakukan, barulah anda mulai merasakan perkembangan otot-otot jari tangan anda. Otot mata, urat saraf di kepala anda akan mulai merasakan kebiasaan baru ini.

Bila anda melakukan kebiasaan baru itu dalam waktu lama, maka anda akan merasakan manfaat yang besar dari menulis. Dan untuk sampai kepada tingkat yang lebih mahir lagi dalam menulis. Anda harus berusaha lebih banyak lagi dan untuk itu anda harus bersabar mempraktekkannnya.

———————————————————-

Article’s Title: Teori Menulis Apa Yang Tepat Untuk Pemula?

Pengelola Kursus Menulis Online

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in teori menulis and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

79 Responses to Teori Menulis Apa Yang Tepat Untuk Pemula?

  1. tri eriyanto says:

    Yah , keberanian adalah modal yang harus diasah dan dimulai.
    Mungkin kita perlu kondisi kejepit untuk memunculkan keberanian tersebut.. keberanian untuk memulai.

    • caramenulisbuku453 says:

      betul juga. kita kadang butuh kondisi kejepit untuk mulai menulis. misalnya kejepit nggak punya duit… akhirnya harus menulis untuk dapat duit…. yah… itu kadang2

  2. erik says:

    mba sy mnta bimbingan nya untuk bisa menuls buku yang baik dan benar ya :)

    • caramenulisbuku453 says:

      oke. silakan gabung

  3. august says:

    ajari saya menulis buku agar anak bangsa cerdas

    • caramenulisbuku453 says:

      boleh… boleh silakan pesan video tutorialnya ya…

  4. Saya kepengen kaya Mba ada dalam 2 posisi yang berat dan berbeda satu yakni sisi sebagai ibu rumah tangga yang sibuk urus keluarga juga suami serta sisi kedua sebagai wanita karir yang sibuk dalam dunia jurnalis (tulis menulis) kira-kira apa ya kiatnya menyikapi kondisi seperti itu… berbagi pengalaman dong… Mba yu…. hatur nuhun tina perhatosanna

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… memang banyak yang bilang saya ini orang sibuk. Tapi sebenarnya saya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Peran saya sebagai ibu rumah tangga, dosen, dan penulis adalah kegiatan yang pas banget untuk perempuan. Ketiganya tidak menyita banyak waktu saya, saya bisa menjalaninya dengan santai. Kalo saya ditanya kiat sukses menjalani peran dalam hidup, maka jawaban saya ini: Keseimbangan. Jangan ambil banyak amanah bila merasa tidak mampu. Semakin banyak amanah semakin berat pula tanggung jawabnya di akhirat. Kecuali anda punya tim kerja yang solid, ga apa2 ngambil banyak amanah karena akan ada banyak orang yang mau kerja untuk anda.

  5. hermanus says:

    saya kepingin menjadikan menulis sebagai sumber penghasilan, bagaimana saya bisa mewujudkannya, salam

    • caramenulisbuku453 says:

      Penghasilan itu tergantung kerja. Bila kita sudah menulis banyak karya, insyaAllah penghasilan (uang) datang sendiri :)

  6. anggini pratiwi says:

    dari dulu sy pengen banget jd penulis namun akhir-akhir ini sy merasa jenuh dan bosan dngn apa yang sy tulis dan akhirnya sy memutuskn untuk tdk melanjutkn tulisan sy lg. minta pendapatnya dong Mba

    • caramenulisbuku453 says:

      Biasanya, kalau seseorang yang niat menulisnya sudah sangat kuat, trus dia memilih untuk berhenti, maka itu keputusan yang bagus. Silakan berhenti sejenak tapi jangan lama-lama. Terkadang kita juga perlu pindah fokus, mencari pekerjaan lain, sembari menunggu inspirasi menulis muncul lagi. Ini sesuai dengan hidup mengajarkan kita, bahwa kita tidak bisa hanya terlalu fokus pada satu pekerjaan, sebab kita memiliki banyak peran yang harus dilakoni.

      Tapi ingat! berhentinya kita itu bukan berhenti total. Kita berhenti hanya untuk mengambil nafas dan mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan pendakian kita menuju cita menjadi penulis hebat:)

  7. al-ayubi adonara says:

    terimakasi atas sarannya,,,,

  8. Putri says:

    Sangat memotivasi 😀

  9. fiktorpobatu says:

    saya baru dalam dunia tulis menulis dan postnya sangat bermanfaat bagi saya yang pemula. tank’s

  10. makasih mbk buat sarannya…. tulisannya sangat memotivasi dan menginspirasi saya sebagai penulis pemula…..
    salam hangat~~

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga udah berkunjung. Tetap semangat Elvi

  11. bagas says:

    mbak aqu suka baca buku “novel, artikel, cerpen, de el el” apa aqu bisa jadi penulis??!??

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Bagas. Iya, anda sudah punya modal awal untuk menulis, yaitu membaca. Keduanya saudara kembar. Hanya tinggal latihan yang banyak dan sering. Plus rajin2 juga ikut pelatihan menulis.

  12. Thanks bgt mba.. izin copas artikel2nya boleh ? jazaakillah yah hehe..

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga udah berkunjung Aqil. Boleh aja kopas asala linknya jangan dihapus oke :)

  13. rayana jaka says:

    Saya suka dengan postingan ini, saya ijin bertanya, saya ini sering mendapatkan ide-ide cerita untuk di tulis namun ketika saya menulis di tengah-tengahnya saya mulai kehilangan ide-ide tentang tulisan saya itu karena saya bingung tentang penggunaan kata. Kemudian bagaimana yang harus saya lakukan?

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… saya rasa semua penulis pemula pernah mengalami hal yang sama, saya juga dulu pernah begitu, sering mandeg sampai ditengah. Ini tanda bagus untuk anda. Artinya anda tengah berusaha berjuang. Para pejuang pemula memang sering kehilangan arah, mereka butuh panduan senior. Seperti yang saya sering sarankan: Carilah mentor/ pembimbing menulis :)

  14. Ayu Asmah says:

    Dari dulu saya pingin banget menulis yang nantinya buku itu bisa bermanfaat bagi guru-guru PAUD, tapi saya masih bingung juga untuk memulainya. Saya berniat menulis buku berdasarkan hasil penelitian yang pernah saya lakukan. Mohon saran dan masukannya

    • caramenulisbuku453 says:

      Ucapan kita sesuai isi kepala kita
      Tulisan kita juga tergantung isi kepala kita
      Bacalah tentang tema anda, yang banyak :)

  15. yunitha malondo says:

    mbaa,saya pengen juga jadi penuliss..
    tapi saya orang nya pemalu saya udah punya tulisan tapi baru sedikit , saya malu mba untuk di publikasikan :(

  16. Wahyu Nrury says:

    Makasih banyak mba atas motivasinya, dengan membaca artikel2nya mbak jadi semangat lagi nih buat nulis, intinya saya berlatih aja dulu deh. Kali aja saya bisa ikuti jejaknya mba… hehehe

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih juga Wahyu udah mau mampir. Blog anda juga bagus, full manfaat :)

  17. septi aprila says:

    mbk saya pengen bangt jdi penulis buku yang baik, dan bsa mnghasilkan uang,.. ajrin donk mbak

    • caramenulisbuku453 says:

      Hmm… Dengan berat hati saya sarankan, Septi harus ikut kursus program kursus menulis saya hehehe.. :)

  18. Rush says:

    practice make perfect,
    satu-satunya jalan untuk menjadi penulis yang baik adalah dengan banyak berlatih. Terlalu banyak teori juga hanya akan membuat kita jago teori jika tidak dibarengi dengan praktek.

    • caramenulisbuku453 says:

      Saya setuju 100% dg anda Rush :)

  19. Saya belum pernah menulis banyak – banyak, paling cuma nulis cerpen aja. Ingin mencoba membuat novel tapi suka bingung se, terlalu panjang..

    • caramenulisbuku453 says:

      Terima kasih telah berkunjung. Blog mamah juga bagus. Menulis novel butuh ketekunan dan kesabaran tinggi :)

  20. saif says:

    Sya pesan vdeo ttrialx mbk,,,

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke baik Saif, silakan ikuti petunjuk di halaman cara pemesanan :)

  21. irham marhamah says:

    assalamualaikum,, salam kenal…. saya juga ingin bisa menulis mba, tapi di usia 17 tahun apa ngga terlambat ya? kira – kira saya bisa nggak ya? kalau boleh tahu di usia seperti ini tulisan mba apa saja yang sudah masuk media?.

    • caramenulisbuku453 says:

      Anda belum terlambat Irham. Saya sendiri baru berkarya setelah menikah. Tidak ada kata terlambat, bahkan ketika anda hendak mati sekalipun, anda harus berkarya :)

  22. Irham Marhamah says:

    Assalamualaikum, salam kenal.
    Wah terimakasih mba memotivasi sekali, kalau boleh tahu mba di usia 17 tahun sudah memiliki tulisan yang dimuat media?

    • caramenulisbuku453 says:

      Waalaikum salam. Saya baru berkarya setelah selesai kuliah :)

  23. nurul says:

    mb…saya punya saudara laki-laki umur 28tahun…abang saya dulu g sekolah…sekarang abang saya pengen belajar menulis, membaca & berhitung…bagaimana cara tepat untuk mengajar abang saya supaya mudah mengerti…terimakasih

    • caramenulisbuku453 says:

      Oh saran saya masuk sekolah Paket A saja. Cara ngajarnya pakai teknik seperti ngajar anak kecil aja. Dikenalkan abjad dulu :)

  24. Risky Ilham says:

    Terima kasih sarannya, semoga ini menjadi awal perjalanan saya untuk meneruskan potensi saya di bidang menulis.

    • caramenulisbuku453 says:

      Sama2 Risky. Semoga anda menjadi penulis hebat :)

  25. abdoell says:

    Setelah saya baca artikel-artikel yang ada di webs anda,menimbulkan minat untuk belajar menulis yang baik dan benar,apalagi bisa menghasilkan uang! tolong petunjuknya dong. makasih

    • caramenulisbuku453 says:

      3 petunjuk untuk Abdoel:
      1. Tulislah bidang yang anda minati
      2. Pelajari cara menulis artikel yang baik
      3. Bertahanlah (jangan berhenti sebelum berhasil)

      • M.Miftah.A says:

        haha, saya juga sedang belajar menulis, terima kasih atas tips & trik mujarabnya bunda agusmita,sangat bermanfaat, oh iya mungkin saya pengunjung blog bunda yang paling rajin, hehe

        • caramenulisbuku453 says:

          Owh terima kasih telah berkunjung Miftah :)

  26. Saifannur says:

    Saya sudah mulai menulis, tapi kendalanya kadang semangat menulis droup. Bagaimana ya agar selalu bersemangat menulis?

    • caramenulisbuku453 says:

      Semangat menulis sangat dipengaruhi dua hal ini: motivasi dari teman dan dari bacaan. Bila ingin semangat menulis, carilah teman yang mendukung. Cari juga bacaan yang sesuai dengan minat kita. Teman tidak harus teman di dunia nyata, di dunia maya juga banyak. Salah satu cara berteman di dunia maya adalah mengikuti perkembangan tulisan seorang bloger yang isi blognya sesuai dengan minat kita. Berteman dengan seorang bloger yang tulisannya merupakan minat kita adalah cara paling cepat untuk memenuhi dua kunci sukses menulis: teman dan bacaan :)

  27. Nirmala yuadu says:

    Hai, Mbak

    Saya, nirmala salam kenal. Dulu saya suka sekali membuat cerpen namun tidak pernah mempublikasikan ke umum hanya konsumsi pribadi aja, tapi lama kelamaan hobi membaca dan menulis saya terhenti karena ada sesuatu dan lain hal, tapi sejak 3 tahun lalu hati kecil saya seperti nyuruh saya untuk menulis, “menulis lah sebanyak yang kamu bisa” tapi saya terkdang masih ragu, gimana sya bisa menulis seperti dulu lagi,,
    apa yang musti sya lakin mbk,
    mbk punya saran sedkit?

    thank’s

    • caramenulisbuku453 says:

      Ada beberapa saran dari saya untuk Nirmala:
      1. Bergabung dengan komunitas menulis untuk membangunkan motivasi
      2. Mengikuti perlombaan nuli agar Nirmala “terpaksa” menulis

      Dua itu saja sarannnya. Itu efektif kalau dilakoni dengan sungguh. Semoga bisa membantu

  28. agungsanto says:

    terimakasih, sangat manfaat. Saya ingin segera mulai menulis

  29. Adi Beh says:

    mbak kira-kira penerbit mana yang mau menerima naskah penulis pemula ya?

  30. aushofil karimah says:

    saya sempat beberapa kali menulis, sudah dapet 8 lembar, namun macet ditengah jalan,terus muncul ide yang baru . akhirnya saya putuskan untuk tidak melanjutkan tulisan pertama dan mulai mengerjakan ide yang baru. dan begitu seterusnya.
    solusinya bagaimana ya?

  31. Izzul says:

    Ada hasil tulisan sy berupa naskah /cerita. Masih tersimpan di plesdis saya.kemana harus saya tunjukan naskah tersebut ? . Thx

  32. daniel says:

    Saya rutin menulis artikel di blog, hanya saja kelemahan saya adalah mengembangkan ide yh banyak. Baru nulis 5 halaman dah mentok, trus terbengkalai…

    Saya memang lemah dlm menulis yg panjang, apa solusinya mbak?

    • caramenulisbuku453 says:

      Cara mengembangkan ide salah satuny dengan bertanya pada diri sendiri di saat menulis. Ketika kita menulis satu kalimat atau pernyataan, misalnya begini, “Kita harus makan makanan yang lendah lemak hewani bila ingin sukses diet”, untuk melanjutkan kalimat ini, anda tanya dalam hati, “Mengapa? apa manfaatnya” setelah itu anda tulis dan lanjutkan kalimatnya berdasarkan pengetahuan anda. Untuk melanjutkan kalimatnya lagi anda bisa tanya, “Apa ruginya?” Setelah itu anda tulis lagi ruginya makan lemak hewani bagi kesehatan. Begitulah seterusnya, tanya terus diri anda tentang kelanjutan tulisan anda.

      Bagaimana bila kita tidak bisa menjawab pertanyaan itu? Misalnya ketika kita nulis manfaat makan makanan rendah lemak hewani adalah … bla, bla, bla. Tapi di saat kita tanya apa ruginya kita jadi mentok karena tidak tahu jawabannya. Maka satu-satu solusinya adalah MEMBACA, bertanyalah kepada buku, buka situs orang, diskusikan sama ahli kesehatan, dll. Demikian jawaban singkat dr saya :)

  33. alhamdulillah mba’ saya juga memiliki keinginan kuat untuk bisa menjadi seorang menulis yang baik, dan sampai saat ini saya masih terus melatih kemampuan menulis saya, tapi waktu untuk menulis yang saya miliki tidak banyak, apakah harus saya luangkan lagi waktu untuk bisa menambah jam latihan menulis saya ya mba’?

  34. Fadil says:

    Assalamu alaikum Mbak! Waktu kuliah dulu saya pernah menulis sebuah novel tentang kegiatan KKN saya. Kebetulan waktu itu ada tugas akhir mata kuliah dimana saya harus membuat karya tulis tentang apa saja. Kemudian saya coba untuk mengangkat tema tentang kegiatan KKN saya. Alhamdulilah dengan berjalannya waktu akhirnya novel itu berhasil saya tulis. Walaupun sesudah itu saya belum pernah membacanya lagi. Tapi saya yakin tulisan itu sangat bermanfaat sekali buat menumbuhkan bakat menulis saya kelak. Itu terjadi sekitar 7 tahun yang lalu. Lalu sekarang saya coba untuk membacanya lagi. Saya sangat senang sekali, karena menurut saya tulisan itu lumayan bagus. Itu menurut saya loh! Gak tahu menurut orang lain.

    Tapi yang menjadi masalah buat saya sekarang adalah saya merasa ragu karena saya sudah terlalu lama tidak pernah menulis lagi. Apakah dengan usia saya yang sudah 34 tahun masih mungkin untuk mahir menulis lagi? Bukan maksud saya bahwa saya sudah bisa menulis. Tapi menurut saya dulu saya memang merasa suka sekali menulis. Baik itu novel maupun buku pegangan.

    • caramenulisbuku453 says:

      Pak Fadil masih bisa menjadi penulis hebat. Seperti pepatah barat mengatakan: Live begins at fifty, hidup mulai saat umur 40 tahun :)

  35. Fadil says:

    Ass. mba’ terimakasih telah banyak menulis sehingga saya terinspirasi untuk bisa seperti mba’, bisa menulis, bisa ngasih ilmu sama orang lain. Pokoknya, top deh mba’.

  36. nema yusuf says:

    Assalamu’alaikum, Mbak! Salam Kenal! Saya tertarik untuk menulis tetapi tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

    • caramenulisbuku453 says:

      Keyakinan itu lahir dari persiapan. Seperti hendak menyelam, kita harus bawa tabung oksigen dan perlengkapan lainnya. Tanpa persiapan itu, kita tidak akan pernah berani menyelam di kedalaman. Begitu juga dengan menlis, bila kita siapkan segala syarat untuk pandai menulis, keyakinan akan lahir. syarat untuk PD menulis adalah dg memBIASAkan diri untuk menulis atau SERING latihan menulis. Sama juga bila kita diminta pidato sambutan saat acara tertentu, bila kita sudah biasa dan sudah pernah menyampaikan sambutan kita akan siap. Dan akan tidak PD bila kita tidak pernah menyimpan naskah pidato sambutan dalam kepala kita :)

      Disamping itu, kita juga harus punya teman atau komunitas yg selalu menyemangati kita utk terus berlatih.

  37. Masrida says:

    Bantu membuat sebuah buku dong

    • caramenulisbuku453 says:

      Oke, silakan ikut kursus menulis buku oline. Klik penawarannya di sisi kanan blog ini. Buku anda saya bantu terbit:)

  38. Rudianto says:

    Assalamu’alaikum…
    Mbak, apakah menulis juga membutuhkan waktu yang tepat,, ?
    Mohon pencerahannya mbak…!

    • caramenulisbuku453 says:

      Tergantung level kemampuan menulis kita. Bila pemula, butuh waktu nyari inspirasi. Dan kalau kita udah pro, kapan saja bisa nulis. Bila Rudi menanyakan pertanyaan di atas, berarti Rudi masih pemula. Cara naik level ke PRO adalah dengan banyak berlatih seperti atlet, kita harus rutin menulis PLUS berguru agar keahlian kita ada yang ngarahin dan bantu tingkatkan levelnya ke yg lebih tinggi.

  39. Ilham Junaidi says:

    Saya masih terlalu fakum dalam menulis masih dala hal coba-coba. bagaiman ya mbak solusinya dan saya harus memulai dari mana ya ??

  40. sayyid says:

    assalamualaikum wr wb..
    saya ingin sekali menulis tp selalu ragu bisa bantu supaya bisa menulis dengan baik dan benar

  41. elink says:

    Assalamualaikum . mbak sya baru penulis pemula gmna ish tips dan caranya aga bsa jd sprti mbak?

    • caramenulisbuku453 says:

      Syarat menjadi penulis hebat: 1) milikilah blog, 2) menulislah di blog secara rutin, 3) ajak saya berteman, 4) saya akan pantau tulisan anda :)

  42. arrlan coren says:

    Saya sudah 4 tahun masih merasa pemula ni gan, terimakasih gan tipsnya..cSemoga saya bisa naik level

  43. kurapikasoka says:

    mbak saya sudah buat blog, sudah menulis beberapa artikel, dan terus mencari insprasi unuk terus menulis sambil berbagi…beberapa artikel mbak termasuk yang menginspari, terima kasih mbak. jika bersedia, silakan saran buat blog saya, mbak..
    salam penulis pemula

  44. lala says:

    tips-nya bagus banget..berhasil membangkitkan kembali cita2 saya sejak SD ut bs menulis sebuah buku,masalahnya skrg usia sy sdh 38th dan menulis buku hanya smp sebatas cita2..masih bisakah terwujud smtr ide sdh terkumpul di kepala

    • caramenulisbuku453 says:

      Bisa asal anda mulai lagi sekarang :) selama ada kemauan disitu ada jalan :)

  45. tulisan artukel mbak Agusmita cukup padat. semoga ini bermanfaat bagi rekan-rekan blogger dan bisa menjadikannya lebih semangat lagi dalam menulis. terima kasih, salam sulses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*